Metastase Kanker pada Tulang : Waspadai Sakit Pinggang yang Terus Menerus

7:03 PM 34 Comments A+ a-



Kali ini saya akan menulis hal yang lebih serius dari biasanya, tentu saja terkait asalah kanker. Saat di diagnosa penyakit kanker tyroid beberapa waktu lalu, posisi kanker saya sudah berada di stadium lanjut. Tentu saja ini seperti bom atom yang menghujam kehidupan saya ( bahasanya agak saya dramatisir dikit ya . )
Kanker saya sudah bermetastase atau menyebar ke tulang belakang, yang menyebabkan ada pengeroposan di bagian tulang belakang. Sebenarnya gejala metastase itu sudah sering saya rasakan sejak lama, yaitu rasa nyeri teramat sangat di daerah pinggang. Namun berhubung saya saat itu benar-benar SANGAT TIDAK TAHU ada kanker dalam tubuh saya yang sedang beraksi, hingga saya hanya berfikir sakit pinggang tersebut sebagai syaraf kejepit atau kurang minum air.
Padahal kalau dulu saya lebih mengerti tentang hal ini, tentu saja sakit pinggang tersebut tidak akan bertambah parah Tapi sudahlah, semua toh telah terjadi. Akhirnya saya pun harus belajar menerima kondisi tersebut dan tentu saja berusaha untuk mengobatinya, dengan harapan sakit pinggang tersebut bisa jauh lebih berkurang ataupun syukur-syukur bisa hilang.
Untuk mengetahui ada masalah pada tulang belakang, sebenarnya bisa dipertegas dengan pemeriksaan medis. Antara lain dengan pemeriksaan CT Scan pada tulang belakang ataupun langsung mengunakan Bone scan yang bisa melihat sejauh mana penyebaran kanker pada tulang dalam tubuh.
Berhubung di tempat tinggal saya, Kaltim, hanya tersedia CT Scan, salah satunya tempat saya berobat yaitu RS Umum AWS Syahranie, maka dokter tulang waktu itu merujuk saya langsung untuk CT Scan ke bagian radiologi. Saya berharap, di masa yang akan datang pemprov Kaltim dapat menyediakan peralatan yang lebih canggih khususnya untuk pasien kanker. Amin.. . Dari hasil CT Scan tersebut sudah dapat terlihat bagaimana kondisi tulang belakang saya yang tidak cantik lagi
Sebenarnya ada beberapa jenis kanker yang biasanya bermetastase ke tulang bila berada di stadium lanjut. Yaitu kanker tiroid (seperti yang saya derita), kanker payudara, kanker paru, kanker hati, kanker usus, kanker prostate, dan beberapa kanker lainnya. Biasanya yang sering terjadi pada metastase tulang yaitu pada tulang belakang, tulang pinggang, paha, tulang rusuk, tulang tengkorak, tulang pelvis. Pada kasus saya, terjadi pada tulang belakang.
Metastase pada tulang yang disebabkan oleh kanker tiroid yang saya derita, tidak sama dengan kanker yang timbulnya dari tulang itu sendiri. Hal ini disebabkan sel kanker yang terlepas dari kanker utama (tiroid) dan masuk ke dalam aliran darah. Sel kanker ini lalu tinggal ditulang dan mulai membelah diri.
Gejala Metastase pada tulang
Sebenarnya metastase pada tulang kerap di tunjukkan dengan gejala-gejala tertentu. Namun kadang, karena ketidaktahuan kita, sering kita mengganggap gejala tersebut sebagai gejala syaraf kejepit seperti yang dulu saya lakukan . Saat itu saya langsung berlangganan dengan ahli urut syaraf kejepit. Alih-alih pengen sembuh, ternyata rasa sakit bertambah jadi dan kian menyiksa.
Sebenarnya gejalanya bukan hanya rasa nyeri yang luar biasa. Pada kasus-kasus tertentu, nyeri tulang tersebut semakit sakit hingga pasien akan sulit berjalan (seperti yang saya rasakan). Ada pula yang merasa lemas atau mati rasa pada bagian yang syarafnya terkena kanker. Disamping itu bisa menimbulkan masalah pada buang air kecil .
Apabila memang terjadi tekanan akibat metastase pada syaraf tulang belakang, biasanya menimbulkan mati rasa, sakit dan kaki yang melemah serta berberapa daerah, mual, haus, Konstipasi, Kelelahan, Merasa bingung, tidak tenang. Sedangkan apabila ada kelebihan kalsium yang dikeluarkan dari tulang yang terkena metastase, maka mungkin mengakibatkan kurang nafsu makan, mual, lelah.
Pengobatan pada metastase tulang
Apabila pasien kanker sudah merasakan gejala-gejala seperti diatas, ada baiknya sesegera mungkin berkonsultasi kepada dokter. Karena bila di biarkan, maka kondisi pasien akan semakin parah dan tentu saja sangat menyiksa.
Biasanya pasien yang mengalami metastase tulang akan diterapi obat jenis khusus yang merupakan golongan bisphosphonate, antara lain Bondronate. Saya sendiri di berikan terapi obat Bondronate oleh dokter. Dosis pemberian obat ini dilakukan 1 bulan sekali atau hitungan 4 minggu sekali. Karena obat ini sangat keras, maka pemberiannya di berikan melalui saluran infus. Untuk jangka waktu pemberian bondronate ini pun bermacam-macam, tergantung dari sejauh mana metastase kanker pada tulang tersebut. Tetapi menurut dokter saya, biasanya minimal 8 kali. Saat ini saya sudah menggunakan bendronate sebanyak 3 kali.
Bendronate ini berguna untuk menahan agar tulang tidak mengalami kerusakan lebih parah akibat metastase kanker tersebut.Disamping itu mengurangi rasa sakit, menjaga tulang tetap kuat dan kalsium dalam darah berada dalam kondisi normal.

Harga Bondronate ini lumayan mahal, bahkan sangat mahal menurut saya hehehe. Satu kali bondronate seharga 3,8 juta, dan itu belum termasuk biaya infus, perawatan nginap di rumah sakit. Sebenarnya untuk pemakaian bondronate, pasien tidak akan mengalami efek yang berarti. Biasanya hanya demam, meriang, pusing dan terkadang pada saat awal-awal, tulang menjadi ngilu-ngilu walaupun hanya sebentar. Namun biasanya dokter meminta saya untuk mengambil nginap di rumah sakit semalam pada saat pemberian suntikan bondronate. Hal ini untuk mengantisipasi efek pemberian bondronate.
Syukur alhamdulillah, saat ini kondisi tubuh saya, khususnya di bagian tulang belakang sudah mengalami peningkatan. Walaupun terkadang masih terasa ngilu dan pegel, terutama bila capek, tetapi hal itu tidak terlalu mengganggu. Kalau pun sakitnya sudah mulai usil menganggu aktifitas, saya sudah menyiapkan obat Kettese dan Ultracet sebagai penahan nyeri dan pereda rasa sakit hasil resep dari dokter hehehe..
Oh ya sedikit cerita mengenai saat saya mengalami sakit yang luar biasa di tulang belakang. Sebenarnya ini memori yang tidak pahit dan ingin saya buang ke laut hehehe.. Tapi berhubung ini bagian dari pengalaman yang ingin saya bagikan agar pembaca bisa mengantisipasi gejala-gejala tersebut.
Sebenarnya sakit pinggang itu berlangsung sejak lama, tepatnya tahun 2011 setelah kelahiran anak saya yang bungsu. Namun karena waktu itu asumsi sakit syaraf kejepit, jadilah saya pasien tetap urut syaraf kejepit.
Sebenarnya bila sakit tersebut hanya sakit syaraf kejepit, insya allah bisa sembuh bila ditanganin ahli syaraf kejepit. Terbukti begitu banyak pasien yang sembuh karenannya. Namun karena kasus saya ini adalah metastase tulang belakang yang berasal dari tulang yang keropos dan mengakibatkan syaraf-syarafnya kejepit. Tentu akan beda masalahnya.

Saya tidak bisa cerita lagi bagaimana sakit yang ditimbulkan dengan kondisi tersebut. Bergerak saja, akan muncul seperti setrum di daerah paha dan kaki. Rasanya? Wah, sakit luar biasa. Bahkan untuk bangun tidur, ataupun ingin menggeletakkan tubuh untuk tidur, saya perlu waktu cukup lama untuk melakukannya. Begitu pula untuk duduk dan berdiri. Mengapa? Ya, karena sakit yang luar biasa . Ajaibnya lagi, pada posisi terbaring, bagian paha dan kaki saya bisa berdenyut dan menghasilkan sensasi luar biasa. Biasanya kalau sudah begitu, tidur pun akan sulit dan pikiran menjadi bingung serta gelisah. Obat penahan nyeri pun saat itu tidak membantu banyak.
Tapi bersyukurlah saya bisa melewati fase-fase itu. Semua Berkat dukungan bantuan orang tua, suami, anak, saudara , keluarga dan teman-teman. Walaupun saat ini terkadang rasa nyeri itu muncul, tetapi tidak separah beberapa waktu yang lalu. Setidaknya saya sudah bisa tidur cukup waktu dan melakukan berbagai aktifitas lainnya

34 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
10:22 AM delete

Tetap semangat. Ibu saya juga stadium lanjut. Kasian juga melihat org yg terkena kanker. Smoga kedepannya akan ada obat kanker utk semua org

Reply
avatar
deasy burhan
AUTHOR
6:45 AM delete

Salam kenal mba...sy baru diketahui metastase ke tulang..hati...

Reply
avatar
2:02 PM delete

Terima kasih sudah berkenan .membaca tulisan ini. Semoga ibunda juga selalu kuat dan bsemangat menghadapi .kankernya . Amin

Reply
avatar
2:04 PM delete

Salam .kenal juga mba . Mba dah metastase ke tulang juga ? Memang tidak nyaman ya mba rasanya . Mudah mudahan bisa segera lenyap kanker kanker ini dalam tubuh kita . Pelukkkk

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
11:22 PM delete

Persis cerita mama saya kanker tyroid dan sudah metastase ke tulang belakang, sekarang dari pinggang ke kaki sudah tidak ada rasa. Tetep berjuang terus..

Reply
avatar
mia permata
AUTHOR
6:08 PM delete

Salam kenal mba.. mama saya juga didiagnosa metastase tulang belakang, sakitnya luar biasa. Apakah dulu mbak kanker primernya (tiroidnya) masih ada atau sudah berpindah ke tulang ?

Reply
avatar
2:08 AM delete

Terima.kasih at as doa dan semangatnya...

Salam.saya juga untuk ibunda :)

Reply
avatar
2:12 AM delete

Salam kenal mba Mia..

Memang kalo metase tulang belakang rasa sakitnya luar biasa Krn saya sendiri merasakannya.

Saat ini kanker tiroidnya sudah menyebar ketulang belakang. Namun kanker primernya terakhir saya operasi lagi di leher desember 2014 tadi.

Mama.mba sekarang melakukan pengobatan apa utk metasenya? Kalau saya slain radiasi nuklir juga Kemo tulang setiap bulan. Alhamdulillah rasa sakitnya sudah jauh berkurang.

Reply
avatar
7:39 PM delete

Dear Mba Tri,

Salam kenal, saat ini mana saya kena kaneker yang sudah bermestatasis ke tulang belakang.. sakitnya sama seperti yang mba Tri rasakan.. dan saat ini menjalani kemoterapi serta diberikam obat untuk tulang sejenis bondronate.. Mau tanya kira kira mulai berkurang rasa sakit semenjak terapi keberapa ya Mba?

Thank you,
Lany

Reply
avatar
1:29 PM delete

Dear mba Lany Krisnawaty,

Salam kenal juga :)
Mba pakai obat apa selain bondronate? Zometa ya? Atau apa? Tapi prinsipmya obat obat itu kandungannya sama kok untuk mengobati metase simtulang belakang :)

Wah, kalau ditanya tentang berkurang rasa sakit, biasanya tergantung seberapa sakit nyerinya mba. Kalau kasus saya dulu, memang telat pengobatan dan nyeri sekali, jadi butuh terapi lumayan dan tambahan obat pain killer. Tapi tiap kali pasca di beri obat tulang itu makin berkurang nyerinya. alhamdulillah sekarang sudah semakin membaik.

Tetapi beda juga ama teman saya yg metase tulang belakng. Waktu diberi obat untuk tulang itu, dua kali aja udah lebih enakan dia :)

Reply
avatar
1:07 AM delete

Dear Mba Tri,

Oooo gitu yah.. saya jg kurang tau nama obatnya apa lebih tepatnya lupa.. nanti coba saya tanyakan ke dokternya lg.. tapi sejenis bondronate..

Skrg mama sudah kemo ke 2 memang sakitnya sudah jauh berkurang jadi saat 1 kali pinggang kiri sakit walau tidak digerakkan... skrg sudah ga sakit, tapi kaki kanannya yang sakit jika digerakkan.. jadi agak susah berjalan..

Kira2 boleh tanya mba Tri selain pengobatan kemo ada minum herbal atau ada jaga pantang makanan apa ga mba? Kalau ada boleh dunks dikasi tips2..

Thank you sebelumnya..

Warm regards,
Lk

Reply
avatar
1:08 AM delete

Sorry hehhee lupa say thank you udah di-reply cepet :p

Reply
avatar
1:41 PM delete

Dear mba Lany..

Maaf slow respon ^_^
Syukurlah kalo mama mba sudah mulai ada perubahan. Memang kadang abis pakai bondronate, biasanya sakit agak berkurang, namun ada pula bagian yg malah agak nyeri. Biasanya itu krn efek bondronatenya bekerja. Nanti akan semakin membaik kok mba. Soalnya saya juga begitu hehehe

kalo saya pribadi memang mengatur pola makan dan pola hidup mba. Kalo pola makan, saya memang banyak konsumsi buah dan sayur sayuran. Nah kalo pola hidup, saya lebih mengatur waktu istirahat cukup, sebisa mungkin menghindari stress berlebihan, lebih mendekatan diri ke allah, dll. Ya, lakukan banyak hal hal positif bagi diri sendiri.

Untuk masalah herbal, biasanya saya ngga lgs begitu saja pakai herbal mba. Saya tetap kombinasikan dengan medis. Itu pun biasanya saya tanya dulu ama teman teman yang sudah pernah pakai atau tanya ke pihak medis. Biar pengobatannya seiring sejalan ^_^

Oh ya mba, kalo saya slow respon, bisa lgs email aja ya. Kalo email, biasanya saya lebih cepat balas .makasih ya mba sudah berkunjung

Reply
avatar
1:41 PM delete

Dear mba Lany..

Maaf slow respon ^_^
Syukurlah kalo mama mba sudah mulai ada perubahan. Memang kadang abis pakai bondronate, biasanya sakit agak berkurang, namun ada pula bagian yg malah agak nyeri. Biasanya itu krn efek bondronatenya bekerja. Nanti akan semakin membaik kok mba. Soalnya saya juga begitu hehehe

kalo saya pribadi memang mengatur pola makan dan pola hidup mba. Kalo pola makan, saya memang banyak konsumsi buah dan sayur sayuran. Nah kalo pola hidup, saya lebih mengatur waktu istirahat cukup, sebisa mungkin menghindari stress berlebihan, lebih mendekatan diri ke allah, dll. Ya, lakukan banyak hal hal positif bagi diri sendiri.

Untuk masalah herbal, biasanya saya ngga lgs begitu saja pakai herbal mba. Saya tetap kombinasikan dengan medis. Itu pun biasanya saya tanya dulu ama teman teman yang sudah pernah pakai atau tanya ke pihak medis. Biar pengobatannya seiring sejalan ^_^

Oh ya mba, kalo saya slow respon, bisa lgs email aja ya. Kalo email, biasanya saya lebih cepat balas .makasih ya mba sudah berkunjung

Reply
avatar
1:41 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Anonymous
AUTHOR
4:55 PM delete

Assalamualaikum mba Tri..

Saat ini bpk saya menderita kanker paru stadium lanjut dan didiagnosa sdh mengalami penyebaran ke syaraf dan tulang belakang,bahkan dr kaki ke perutnya sudah mengalami kelumpuhan/mati rasa..
Sampai saat ini dokter blm memberikan penanganan lbh lanjut..
Klo obat bondronate itu sendiri,bentuknya seperti apa yaa mba?diminum ato disuntikkan lwt infus?

Terimakasih infonya mba..

Reply
avatar
yuni zuhri
AUTHOR
5:58 PM delete

Wassalamualaikum wrwb..
terima.kasih sudah berkenan membaca posingan ini. Obat bondronte berbentuk cairan pak. Jadi nanti pemberiannya lewat infus.Biasanya obat ini memang untuk penguat tulang. Bagi pasien kanker yang sudah bermetase tulang belakang, memang di perlukan.

Ada baiknya bapak konsultasikan ke dokter bapak mengenai obat ini. Apa memang dibutuhkan ataukah tidak untuk orang tua bapak.

semoga lekas kuat dan sehat lagi ya pak orang tua nya. Amin

Reply
avatar
8:43 AM delete

Malam Mba Tri,

Saat ini mama sy menderita kanker paru stadium lanjut yg sudah menyebar ke tulang. Rasa sakit luar biasa di bagian kaki kiri dan pinggul. Kami sekeluarga sudah konsul ke beberapa dktr, tapi dari dktr2 tsb berkata mama sy masi lemah kondisinya, ga bisa dikemo dlu. Mama saat ini konsumsi herbal + memperbaiki pola makan, tidak makan daging2an, gula dan minyak. Sy mau nanya adakah efek samping yg Mba rasakan dari obat bondrote ini? Apa Mba Tri ada pantangan makan pd saat divonis kanker stadium lanjut? Terima kasih sebelumnya Mba

Reply
avatar
yuni zuhri
AUTHOR
7:19 AM delete

Hallo Rikco..
salam kenal..

Biasanya dokter ada pertimbangan dulu melakukan kemo pada pasien khususnya untuk melihat kondisi fisik pasien. Sebaiknya memang pulihkan kondisi ibu dulu. Kalo bodnornate sebenarnya ngga ada efek samping. Biasanyabhanya tambah pegel, nyeri atau demam. Tapi akan berkurang seiring waktu.

Reply
avatar
ryanprima
AUTHOR
5:01 PM delete

Ayah sy jg menderita kanker tyroid dan metastasis ke tulang belakang.kira kira utk pemberian bondtonate kita hrs ke dokter spesialis syaraf atau sp ortophefic ya mbak?

Reply
avatar
yuni zuhri
AUTHOR
4:56 PM delete

Halo pak Ryan.. saya sudah balas emailnya ya..
Utnuk pemakaian bondorate memang harus petunjuk dokter pak. Kebetulan yang memberikannya dokter onkologi saya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3:57 PM delete

Halo mba salam kenal, mama saya terkena tumor ganas tyroid sdh di operasi mei kmrn. Smp skrg msh pengobatan & setelah di citiscan ternyata tumornya msh tumbuh & butuh tindakan lanjutan dengan penyinaran. Mama saya minum bbrp obat dr dokter salah satunya thyrax, mama juga mnm acemax yg saya beli sendiri di apotik. Yg mau saya tanyakan apakah tumor ganas tyroid yg mama saya derita saat ini bisa menyebabkan pengapuran tulang. Krn setelah mama saya di operasi barulah kita tahu bhw mama mengidap pengapuran tulang, di pinggang sering sekali mengalami sakit. Kaki kirinya jg susah sekali di gunakan untuk berjalan karna sering sakit. Apakah pengapuran yg mama saya derita akibat dari tumor ganas tyroidnya. Mksh mba sebelumnya

Reply
avatar
yuni zuhri
AUTHOR
6:42 PM delete

Halo.. salam kenal juga.
Terima kasih sudah berkenan membaca blog saya.bagaimana kondisi mama saat ini?
Untuk masalah pengapuran, sebenarnya ada banyak hal yang bisa jadi penyebab. Bisa karena faktor usia juga, atau memang kekurangan kalsium serta alasan lainnya. Utk memastikannya bisa konsultasi dengan dokter . Termasuk bagaimana pengobatan pengapuran selanjutnya.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
5:37 PM delete

Dear bu Tri.
Saya sangat terpacu semangatnya begitu membaca artikel ini. Ini yg kesekian kali nya saya membaca artikel ini.

Sekarang saya terbaring di rs (sudah 3minggu) yang kedua kali nya. Saya mengidap kanker nasofaring dan sekarang sudah metastase ketulang belakang (sudah masuk bulan ke 3).

Bagian perut sampe ke kaki saya nengalami kelumpuhan. Akan tetapi bukan lumpuh layu karena yg saya rasakan adalah kesemutan disamping itu ada nyeri pada tulang blkng saya terus menerus yg menyebabkan tidak bisa duduk.

Saya sangat ingin mencoba obat bondronate tersebut. Akan tetapi apakah harus beli dan konsumsi sendiri atau konsultasikan kedokter terlebih dahulu. Karena selama perjalanan ini saya tidak pernah di berikan obat sejenis tersebut.

Wasalam.

Reply
avatar
yuni zuhri
AUTHOR
4:48 PM delete

Terima kasih ya pak sudah membaca blog saya. Oh ya.. saya sudah balas email dari bapak ya.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
11:24 PM delete

Selamat siang,,
mau sekedar share terutama untuk perempuan, ibu ibu khususnya

Ibu saya terdiagnosis kanker payudarat tahun 2012, sehingga payudara sebelah kiri diangkat, dan mengikuti program kemo therapy menyebabkan beliau amat tersiksa,,saya tidak tega untuk menceritakannya jadi saya skip aja yaaa...
3 tahun kemudian mungkin sekitar awal tahun, ibu saya mengeluh sakit disekitar dada,, tepatnya di benjolan tulang dadalurus di bawah dagu (saya gak tau nama medisnya apa)... kadang memerah bahkan kadang bengkak dan kadang mati rasa,, diobatin pake obat gosok panas,,obat gosok dingin,, saya dan keluarga berfikir itu mungkin bekas peregangan otot karena pengangkatan payudara yg sedang recovery, dan dugaan itu dibenarkan oleh 4 dokter yang kami datangi (dokter klinik, dokter specialis radiologi, penyakit dalam, sama dokter umum) tapi obat2 yang diberikan gak mempan ttp sakit,, sampai mama nangis, keluargapun bingung penyakit apa....sampai mama akhirnya curhat ke tetangga rumah yg dokter akan penyaki mamah..dokter itu menyarankan untuk rotgen (padahal sebelumnya sudah rotgen ke ahli radiologi tidak terdeteksi apa2) akhirnya mama rotgen lagi dan ternyata terdeteksi penyebaran ke tulang, tapi mama tidak diberitahu o/ keluarga.... akhirnya sampailah kita pada satu dokter yg baik dan menyemangati dan menenagkan mama saat diberitahu penyebaran tulang... disarankan untuk bone scan... kami tinggal di bandung bone scan hanya ada di RSHS dan itu hrs antri 3 bln biayanya 1.75 jt... akhirnya kami ke jkt disana lumayan byk RS yang ada Bone Scan,,akhirnya kami ke RSPP biayanya sekitar 1,8 jt... terdeteksi mama sudah banyak penyebaran tulang di 2 bln kemaren setelah selama 8 bln tanda tanya penyakit apa ini... dokterpun hanya menyebutnya otot yg tegang..... sekarang mama lg proses untuk Infus Tulang dan ganti obadgn dosis tinggi di jumlah jumlah sekitar 6 jt / bln selama 2 tahun (ya allah semoga ada rezekinya,,aamiin) sedang proses diusahakan pake BPJS.... mudah2an mama bisa sembuh lagi,, mohon doa dan dukunganya untuk ibu saya semoga disembuhkan, dikuatkan oleh sang maha penyembuh allah swt..aamiin,,aamiin aamiin.... pesan saya untuk para wanita,, jgn hanya pergi ke 1,2 dokter cari banyak referensi,, jgn lupa untuk hidup sehat, dan cek mamae 3 bln sekali.... semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat.... terimakasih... assalamualaikum wr.wb

Reply
avatar
Liza Arjanto
AUTHOR
8:55 PM delete

Selamat berjuang... dan terus berjuang. Yakinlah, tak ada yang sia-sia.

Reply
avatar
yuni zuhri
AUTHOR
2:32 PM delete

Wassalamualaikum wr.wb

Terima kasih sudah membaca blog saya. Terina kasih untuk sharringnya juga. Semoga pembaca bisa mengambil hikmah , khususnya bagi kaum perempuan untuk bisa terus memeriksakan secara dini

Reply
avatar
yuni zuhri
AUTHOR
2:32 PM delete

Terima kasih mba Liza.. pelukkk

Reply
avatar
Kunto Wahyono
AUTHOR
3:02 AM delete

Ibu saya sekarang jg kayak mengalami seperti itu dari kanker payudara kayak bermetastase ke tulang sekarang ibu saya sama sekali ga bisa apa" sekarang ibu saya sedang di rawat di rsud bekasi seharus saya bawa ke rs dharmais saya sekarang lagi bingung harus berbuat apa pjngin pindah ke rs dharmais ga segampang itu minta keluar ke rsud di tambah lagi sekarang hari minggu pasti nunggu besok senin , sory jadi curhat

Reply
avatar
8:40 AM delete

Terima kasih atas infonya mb.Sangat berguna sekali. Suami sy menderita sakit cancer nasofating hampir 2 thn. 4 Bulan trkhir muncul teroid pd leher kanan & kiri. 1 bln terakhir ini keluhannya sakit pinggang,dan hampir mengeluh tiap hari. Sehingga kita pijat & bekam. Kirain salah posisi tidur..apakah faktor metastasis ya mb

Reply
avatar
LIZA
AUTHOR
3:33 AM delete

Mb... terimakasih berbagi ceritanya..
Sangat2 bermanfaat bagi saya...

Reply
avatar
LIZA
AUTHOR
3:37 AM delete

Sama mas.. kk saya jgn kena kanker.. awalnya payudara... tp skrg kena k tulang L8 dan S.. dan tulang paha patah.. kita sama2 bedoa.. apapun kehendak Tuhan... pasti yg tebaik... yang pentig kita sudah berusaha semaxsimal mungkin..
Salam buat ibu nya... semoga diberikan kesembuhan...Amin..

Reply
avatar
Stempel Gadis
AUTHOR
8:34 AM delete

Assalamu'alaykum bun. Mungkin saya telat baca dan baru berkesempatan membaca di kondisi saya yang sekarang baru2 ini mengalami sakit pinggang yang luar biasa. Padahal tidak habis angkat2 yang berat atau melakukan hal yang menyebabkan pinggang terasa kaku. Ini suh sudah mau 3 mingguan dan sudah merasa sakit di paha sampai kaki. Bunda sendiri berapa lama mengalami rasa sakit di tulang belakang awalnya?

Reply
avatar