Ketika Anak Muda Kaltim Menunjukkan Prestasi

5:18 AM 0 Comments A+ a-



Oleh : Tri Wahyuni Zuhri
(Penulis & Trainner)

Beberapa waktu lalu, tepatnya hari Sabtu, 14 Desember 2013, saya bersama teman-teman penulis, Sari Azis, Amien Wangsitalaja, Fitriani,  berkesempatan menghadiri undangan launching buku dari seorang sahabat, Inni Indarpuri.
Buku yang dilauncing merupakan buku yang berisi 12 profil generasi Muda Kalimantan Timur yang sukses dalam bidangnya masing-masing. Buku tersebut berjudul : Anak Muda Kaltim, Rebut Peluang Jangan Jadi Penonton ! Buku yang merupakan prakarsa dari Biro Sosial Sekretariat Provinsi Kaltim dan ditulis oleh Inni Indarpuri, Eko S, berserta tim.
Acara tersebut sangat menarik bagi  para peserta yang terdiri dari berbagai elemen, baik pengusaha, pekerja, mahasiswa, aktivis, penulis, dan sebagainya. Karena selain launching buku, acara dilanjutkan dengan sessi diskusi panel dengan menampilkan nara sumber yang handal dalam bidangnya.
Acara dibuka oleh Bapak Muhammad Suhaedy mewakili Kepala Biro Sosial Provinsi Kaltim yang berhalangan hadir. Sebelum membuka acara, Bapak Suhaedy sempat bercerita kisah kehidupannya di masa lalu hingga bisa sukses seperti saat ini.   Acara selanjutnya diisi sessi diskusi panel dengan menghadirkan nara sumber Assisten III Provinsi Kaltim, Drs. Bere Ali dan Pengusaha sukses Kaltim Ahsim Hamami. Yang dipandu oleh Eko S, selaku moderator.
Drs. Bere Ali menyambut antusias kehadiran buku yang berisi profil generasi muda Kaltim yang sukses dalam bidangnya masing-masing. Semua itu tidak lepas dari semangat dan kerja keras generasi muda yang tidak pernah pantang menyerah. Beliau pun berkesempatan bercerita tentang perjuangan beliau sejak muda hingga memegang jabatan penting sebagai Assisten III Provinsi Kaltim. Ternyata perjuangan hidup beliau yang tidak mudah, tidak lantas membuat beliau patah arang. Semua dijalani dengan semangat dan rasa syukur. Hingga tidak heran kesuksesan pun dapat beliau raih saat ini.
Nara sumber yang kedua yaitu, Ahsim Hamami, seorang pengusaha sukses yang fokus pada bidang pertanian dan perikanan di Kaltim. Nama beliau pun sudah dikenal secara nasional karena berbagai prestasi yang telah diraihnya. Berawal dari kehidupan beliau yang cukup sulit saat masih kecil, ternyata membuatnya ingin menjadi seorang yang sukses dan berhasil. Setelah melewati fase jatuh bangun dalam berbisnis, beliau tetap berusaha untuk intropeksi diri dan belajar dalam meningkatkan usahanya. Buah dari kerja keras dan ketekunannya, beliau beberapa kali di anugrahi penghargaan tingkat nasional dan daerah. Bahkan beliau kerap diundang menjadi pembicara dalam acara seminar, pelatihan bahkan motivasi terkait dunia usaha, baik tingkat daerah dan nasional. Kepada para peserta yang hadir, kedua nara sumber memberikan motivasi untuk bekerja keras dengan penuh semangat dan terus belajar. Tentu saja sesi diskusi panel itu menambah semangat peserta untuk terus mengikuti acara hingga akhir acara.

Inni Indarpuri dan Eko S.  tim penulis buku 

Kembali mengulas buku "Anak Muda Kaltim, Rebut Peluang, Jangan Jadi Penonton! " berisi 12 profil generasi muda Kaltim. Sebut saja, M. Umry Hasfirdauzy yang akrab dipanggil Firly. Selama beberapa tahun belakangan ini, Firly mengelola PT. Kangaroo Lintas Nusantara, sebuah perusahaan yang bergerak dalam jasa transportasi. Saat ini ia telah berhasil memperkerjakan 150 karyawan dan meraih omset yang besar setiap bulannya. Semuanya diraih dengan tidak mudah, ia pun pernah berapa kali mengalami kegagalan. Selain menjalani bisnis transportasi, Firly pun berhasil mengelola beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang yang berbeda.
Adalah Rony Cahyadi, pengusaha sukses jual beli mobil yang kini merambah Bisnis Developer Perumahan. Showroom Presiden Motor yang berdiri megah di kawasan Jl. Dr. Sutomo merupakan milik Rony. Terinspirasi dari jiwa usaha sang ayah, Rony pun terus mengembangkan bisnisnya hingga saat ini. Bahkan sejak menginjak usia SMA, Rony sudah mulai berkenalan dengan dunia usaha. Ia pun terus belajar dan mengasah kemampuan dalam bidang usaha. Terbukti sekarang usaha Rony semakin maju dan ia pun mulai merambah usaha baru.
Ellie Hasan, seorang perempuan cantik dengan wawasan cerdas serta kepribadian menarik. Ellie saat ini berkecimpung dalam sebuah lembaga sebagai Program Manager of the Extending Continum Care Project of Laras (Lembaga Advokasi dan Rehabilitasi Sosial). Ellie sebagai aktivis HIV-AIDS dan Narkoba merasakan hati nuraninya terpanggil untuk membantu sesama manusia. Pengalaman langsung berhadapan dengan penderita HIV AIDS dan Narkoba, membuat Ellie lebih yakin untuk turut terjun dalam aktifitas sosial yang jarang di tekuni anak muda seusianya.
Agus Susanto, berkarier awal sebagai seorang jurnalis di Kaltim Post, harian terbesar di Kaltim. Saat ini ia menjadi general manager Bontang Post. Dengan berbagai pengalaman bekerja yang digeluti, Agus berprinsip bila ingin maju, maka diperlukan disiplin waktu dan tanggung jawab.
Firly, Rony, Ellie dan Agus hanya sebagian dari 12 profil generasi muda yang dikupas dalam buku Anak muda Kaltim, Rebut Peluang Jangan Jadi Penonton ! Tentu nya banyak generasi muda Kaltim yang bisa mengambil hikmah dan inspirasi dari kisah-kisah sukses mereka. Karena kesuksesan milik siapa saja yang mau berusaha, bekerja keras dan belajar untuk maju. Semoga akan semakin banyak generasi muda Kaltim yang bisa menorehkan prestasi dan kebanggaan bagi Kaltim.

(dimuat di : Tribun Kaltim, 19 Desember 2013)