Resensi Cerpen Kursi Goyang Ayah Karya Novia Syahidah Rais

9:38 PM 4 Comments A+ a-

sumber : klik di sini

Identitas cerpen
Judul Cerpen        : Kursi Goyang Ayah
Nama Pengarang  : Novia Syahidah Rais
Sumber Cerpen    : http://tintaperak.com/kursi-goyang-ayah/


Pendahuluan
Novia Syahidah Rais merupakan seorang penulis produktif, blogger dan founder dari Komunitas Blogger Muslimah.  Memulai menulis di media pada tahun 2002.  Putri Kejawan merupakan cerita bersambung yang di muat di media majalah remaja islami.  Bakat menulisnya semakin terasah setelah bergabung dalam sebuah komunitas penulisan.

Novia  sering menulis di media cetak seperti majalah dan koran. Selain itu ia beberapa kali memenangi perlombaan dan resensi. Saat ini Novia sudah melahirkan 9 buku solo dan sekitar 20 buku kolaborasi bersama penulis lainnya.Selain menulis buku dan di media, Novia juga rajin menorehkan tulisan di blog pribadinya yaitu www.tintaperak.com


Isi
Dara merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Semenjak ibu Dara meninggal dan ketiga kakaknya menikah,  Dara hanya tinggal bersama ayah serta Nunung pembantu mereka. Suatu hari, ayah Dara ingin sekali memiliki kursi goyang. Awalnya Dara berusaha membujuk ayahnya untuk menunda keinginan membeli kursi goyang. Hal ini mengingat harga kursi goyang tidaklah murah, sedangkan kehidupan dan biaya kuliah Dara sendiri banyak bantu oleh kakak-kakaknya.

Namun sang ayah bersikeras untuk memiliki kursi goyang tersebut. Dara berfikir mungkin keinginan ayah memiliki kursi roda karena kesepian di rumah akibat Dara banyak kesibukan di luar rumah. Atau bisa jadi karena ingin menarik perhatian anak-anaknya. 

15 Ibu Hebat 2015 Versi The Asian Parent

3:29 AM 2 Comments A+ a-

Sumber : id.theasianparent.com

Sungguh kebahagiaan bagi saya  sekaligus terkejut, saat membaca The Asian Parent Indonesia  mengenai Liputan Khusus Hari Ibu.  Artikel yang berjudul 15 Ibu Hebat 2015 di publish di
http://id.theasianparent.com .

Ada 15 nama ibu yang menginspirasi  masuk dalam liputan khusus tersebut. Alhamdulillah, nama saya masuk di dalamnya bersama 14 para ibu hebat dan luar biasa lainnya. Ada beberapa nama yang saya kenal yaitu mba Indari Mastuti, mba Nurhayati Pujiastuti.dan mba Grace Melia.  Mereka semua memang pempuan tangguh dan menginspirasi.

Terima kasih The Asian Parent dan juga kepada mba Liza P. Arjanto yang sudah menuliskan kisah saya berjuang berhadapan kanker beberapa waktu lalu.

Selamat Hari Ibu Semua...

Hari Ibu yang Penuh Makna

10:30 PM 0 Comments A+ a-

"Selamat Hari Ibu"

Siang ini sepulang dari rumah sakit, saya dapat sebuah surat dari Raisyah. Di amplop surat tertulis Buat Mama Tersayang. Raisyah menyerahkannya sambil mengecup pipi saya.

Begitu suratnya saya buka, terbaca ucapan Selamat Hari Ibu yang di tulis Raisyah dengan kreasinya sendiri. Dan yang paling mengharukan, di bawahnya ucapan tersebut di tulis "Tengkuy Mama" . Begitu saya tanya sama Raisyah, arti tulisan itu Terima kasih mama.... Terima kasih Raisyah sayang...

Oh ya.. tadi pagi kakak Arya dan Lupi juga memberikan ucapan selamat hari ibu dan mengecup kening saya... Indahnya menjadi seorang Ibu.

Selamat Hari Ibu, para Ibu Hebat di Indonesia

Makna Cantik Bagi Seorang Survivor

4:13 PM 10 Comments A+ a-


Dulu sewaktu kecil...
Saya mengagumi tokoh princess dalam film anak-anak.  Sebut saja Cinderella, Putri Salju, Putri Aurora hingga Putri Yasmin.  Di pikiran seorang anak kecil seperti saya, kecantikan seorang perempuan di lihat dari wajah cantik, tubuh yang ramping, kulit yang putih, rambut yang hitam tergerai.

Bahkan saya kerap berandai-andai, kelak ketika dewasa, bisa seperti para tokoh princess tersebut.  Selain cantik, mereka pun akhirnya menikah dengan pangeran tampan dan hidup bahagia. Hehehe..

Tapi..
Ternyata semua tidak seperti yang saya khayalkan.  Saya tumbuh sebagai anak perempuan yang tomboy dan jauh dari kata cantik.  Wajah saya biasa-biasa saja, dan tubuh saya tidak seindah dan seramping para princess. Kulit saya berwarna sawo matang,  tidak putih seperti layaknya para princess. Rambut? Jelas bukan hitam panjang tergerai indah, tetapi selalu di potong pendek dengan model biasa saja.

Seperti anak perempuan pada umumnya, saya waktu itu sempat iri dengan teman-teman saya yang memiliki wajah cantik. Tidak hanya membuat saya terkagum-kagum melihat wajah cantik mereka,  yang jelas mereka mempunyai daya tarik tersendiri.  Rasanya kalau berjalan bersama mereka, saya suka kikuk sendiri. Berasa seperti antara langit dan bumi hehehhe..

Tapi untungnya,
Saya selalu di kelilingi oleh lingkungan keluarga dan teman-teman yang baik.   Berada di tengah-tengah mereka, membuat saya tidak lagi memandang kecantikan dari segi fisik semata.  Saya belajar banyak bahwa kecantikan seseorang perempuan bukan hanya fisik.
Saya beruntung berada dalam keluarga dan teman
Yang selalu mendukung dan menyupport saya

Teruntuk Putriku, Raisyah

6:46 PM 15 Comments A+ a-

Assalamualaikum..

Anakku Raisyah..
Pasti sekarang Raisyah sedang bertanya-tanya dalam hati saat membaca surat Mama ini. Mengapa surat ini mama tuliskan untuk Raisyah seorang.

Baiklah...,
Mama akan memberitahukan beberapa alasannya kepada Raisyah. Pertama, mama ingin membalas surat-surat cantik Raisyah untuk mama. Raisyah kan sering banget membuat kejutan kepada mama dengan surat-surat yang Raisyah buat.  Walaupun hanya secarik kertas dengan kata-kata sederhana, tetapi hal itu akan selalu menjadi kejutan indah dan membekas di sanubari mama.

Raisyah ingat kan, suatu ketika Raisyah menulis surat untuk mama, yang isinya "Raisyah sayang mama"...  Surat itu masih mama simpan sampai sekarang lho. Mama simpan rapi bersama  surat-surat Raisyah yang lain.  Atau waktu mendekati hari lebaran Idul Fitri lalu, saat Raisyah mengirimkan surat di dalam sebuah amplop cantik. Begitu mama buka, isinya "Selamat lebaran, mama".

Mama benar -benar senang sekali dengan surat-surat Raisyah. Jadi sekarang, tiba saatnya mama membalas surat Raisyah. Sengaja mama menulisnya di blog mama, agar kelak surat ini bisa di baca Raisyah sampai kapan pun.  Para pembaca blog mama juga bisa membacanya, sehingga mereka tahu betapa sayangnya mama sama Raisyah.

Oh ya, mama sampai lupa memberikan alasan kedua mengapa mama menulis surat ini. Alasannya karena mama ingin bercerita banyak mengenai berbagai kenangan yang telah kita jalani. Selain itu mama ingin bercerita  rencana-rencana indah yang pernah kita saling bicarakan bersama.

Raisyah..
Mama ingin bilang,  betapa mama selalu mencintai dan bangga kepada Raisyah. Raisyah adalah anak perempuan mama yang cantik, mandiri, dan selalu ringan tangan membantu mama dan siapa pun. 

Maafkan mama ya, selama ini mama ngga bisa mengajak Raisyah jalan bersama lagi atau mengantar jemput Raisyah ke sekolah seperti dulu. Semua ini karena kondisi fisik mama yang tidak memungkinkan. 

Sakit kanker yang ada dalam tubuh mama membuat mama harus lebih bersabar dan mengurangi banyak aktifitas untuk lebih beristirahat. Tapi seperti janji mama kepada Raisyah, Arya dan Lupi.  Kanker ini hanya bisa membuat mama untuk banyak istirahat saja di rumah. 

Namun kita masih bisa melakukan banyak hal dari tempat tidur mama.  Kita bisa belajar bersama, mengaji bersama, sholat bersama, makan bersama, bernyanyi bersama, menonton bersama, serta banyak hal yang indah lainnya.  Mama selalu bilang kan.. anggap aja mama lagi baring aja di tempat tidur karena butuh istirahat saja. Tapi kita masih bisa melakukan banyak hal.


Kita sama-sama mencoba topi kupluk baru hadiah dari sahabat mama. Waktu itu, mama, Raisyah dan Lupi mengenakan topi kupluk dengan gaya yang keren, trus Arya yang mengambil foto kita dengan hp mama. Wah, mama selalu inget itu.

Ketika Harus Kemoterapi

10:56 PM 14 Comments A+ a-

Kemoterapi..
Banyak orang yang sering enggan berkenalan lebih lanjut  dengan salah satu terapi pengobatan kanker ini. Sebenarnya ini tidak bisa di pungkiri, mengingat banyaknya  informasi yang di dapat mengenani kemoterapi. Baik informasi yang benar ataupun informasi yang setengah benar hehehe.. 

Apalagi dengan beredarnya film ataupun tayangan televisi yang menggambarkan kondisi pasien kanker yang di kemoterapi.  Rata-rata pasti bisa di bilang menyedihkan. Selain rambut botak (heheh.. aku banget), seakan akan pasien kanker menjalani kemoterapi itu mengalami masa masa tidak menyenangkan.  Apakah seperti itu? Tidak juga... buktinya sehabis kemoterapi, saya masih baca buku kesukaan saya, nonton film korea, main ama anak anak, dll.  Eh, nanti saya cerita di bagian lainnya.


Ketika Memutuskan Kemoterapi

Mungkin pembaca blog saya sudah tahu banget dengan penyakit yang saya derita, yaitu kanker tiroid stadium lanjut yang sudah metastase atau menyebar.  Untuk mengetahui cerita tentang kanker saya, bisa  baca dengan klik di Pengalamanku dengan Kanker .

Nah, ternyata ada yang protes nanya juga ke saya. Kenapa saya lebih sering menyebut kalau saya stadium lanjut, bukan stadium 4 atau stadium akhir?  Padahal jelas jelas kanker saya sudah menyebar.  Saya biasanya ngeles.. bilang kalo nyebut stadium lanjut itu berasa lebih soft atau keren hihihih.. Dibandingkan saya menyebut stadium 4 atau stadium akhir, pasti banyak yang heboh dan langsung memasang wajah sedih :)

Oh ya, saya tuh malah inget pernah ketemu sesama stadium lanjut seperti saya. Ternyata mengasyikan ketemu bersama mereka. Kami sama sama sepakat,  kalo masalah stadium itu jangan di anggap beban. Toh yang menentukan hidup mati itu Allah lho..  Jadi, salah satu cara untuk menyikapi kalau kita sudah stadium lanjut, yaitu dengan merasa keren aja hahahahaa  (lupakan saja... mari lanjut lagi)

Selamat Jalan, Temanku Yossi

2:14 PM 0 Comments A+ a-

Innalillahi wa innalilahi rojiun

Telah berpulang ke rahmatullah, teman kita Yosi Ana Wibowo (alumni SMP Negeri 1 Samarinda). Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik disisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan di berikan kesabaran dan ketabahan. Aminn..

Saya masih ingat terakhir ketemu langsung dengan Yosi beberapa waktu lalu. Waktu itu kami bertemu di ruangan kemoterapi saat sama sama menjalani kemo di RS Umum A . Wahab Syahranie. Kami sempat saling menguatkan dan mendoakan satu sama lain.

Selamat jalan Yosi... 

Notes :
Foto ini di ambil pada tahun lalu, saat kami para alumni SMP 1 menjenguk Yosi di rumah sakit.


Buku 3 Tabungan Cerdas Anak

3:27 PM 1 Comments A+ a-

Pagi ini menerima paket buku berjudul 3 Tabungan Cerdas Anak yang ditulis mba Nuning Widowati CFP.

Saya kenal mba Nuning saat bersama sama menjadi finalis Kartini Next Generation 2015 yang di selenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Saat ini mba Nuning juga menjadi educator financial planning for kids. Di buku ini pun mba Nuning membahas bagaimana kiat bijak mengelola uang sejak kecil. 3 tabungan cerdas anak yaitu sedekah, tabungan dan jajan.

Saya langsung tertarik membuat tabungan sedekah untuk anak-anak di rumah. Membiasakan mereka belajar sedekah dari kecil tentunya akan menjadi hal yang baik dan mengajarkan mereka berbagi untuk orang lain.

Saya lalu menggunakan 3 botol kemasan bekas dan kemudian memberikan nama anak saya pada masing-masing botol.

Dan..
Ternyata, setelah saya jelaskan ke anak-anak mengenai ketiga tabungan tersebut, mereka langsung semangat mengisinya. Bahkan mereka berjanji menyisikan uang jajannya untuk mengisi tabungan sedekah 

Terima kasih bukunya mba Nuning....

PITA TOSCA kampanye #checkyourneck

5:17 AM 0 Comments A+ a-

Dear teman-teman,

Komunitas peduli kesehatan tiroid PITA TOSCA saat ini sedang menginisasi satu kampanye publik bertajuk‪#‎checkyourneck‬. Kampanye ini adalah satu bentuk komitmen PITA TOSCA untuk mempromosikan pentingnya deteksi dini gangguan tiroid, bagi siapa saja. Gangguan tiroid yang ditemukan pada tahap awal, akan jauh lebih mudah ditangani dibandingkan gangguan tiroid yang ditemukan pada tahap lanjut (contoh : kanker tiroid).

Penyakit tiroid adalah penyakit endokrin dengan jumlah penderita terbesar kedua di Indonesia, setelah penyakit diabetes. Diperkirakan 1.7 juta penduduk Indonesia, didiagnosis dengan gangguan tiroid. Namun hanya 1% yang memperoleh pengobatan dengan tepat. (sumber : Merck Serono)

Melalui pesan ini, PITA TOSCA mengajak teman-teman untuk ambil bagian dalam kampanye #checkyourneck, melalui pembelian t-shirt PITA TOSCA. Dengan 75ribu rupiah (belum termasuk ongkos kirim), kamu sudah ikut menyuarakan kepedulian terhadap kesehatan tiroid. Seluruh keuntungan dari hasil penjualan t-shirt ini akan digunakan untuk mempromosikan pentingnya deteksi dini gangguan tiroid di Indonesia.

Untuk pemesanan, dapat menghubungi Astriani Aryaningtyas di no
mor 085232255222. Atau LINE id @astrianidwi

Desain dan ukuran t-shirt dapat dilihat pada gambar. Kami tunggu pemesanannya hingga tanggal 20 Desember 2015 !

Check Your Neck,
PITA TOSCA
Web : pitatosca.org
FB : PITA TOSCA
Twitter dan Instagram : @pitatosca

PITA TOSCA Share To Care # 1

12:50 AM 0 Comments A+ a-

Halo teman-teman..
Alhamdulillah acara PITA TOSCA dengan thema Share to Care #1 : Kenali Tiroidmu ! Yang di adakan hari Sabtu, 24 Oktober 2015 beberapa waktu lalu berlangsung sukses.

Acara yang bertempat di meeting Room - Menara Cardig Jl. Halim Perdana Kusuma Cawang, Jakarta Timur , menghadirkan Pembicara : dr. Dwi Hari Susilo, SpB (K) Onk - Konsultasi Bedah Onkologi RS Onkologi Surabaya dan pembicara Dr. Sundari.

Pye Bro, Oleh-oleh Khas Depok

3:17 PM 2 Comments A+ a-

Saat pertama liat promo kue Pye Bro di FB mba Rissa Aulian, saya langsung tertarik dan penasaran. Selain dari bentuk Pye Bro yang menarik, kemasannya juga cantik. Pye Bro merupakan oleh-oleh khas Kota Depok.
Walau begitu, sempat terbersit di benak saya. Bagaimana ya kalau saya pesan kue Pye Bro untuk dikirimkan ke tempat saya di Kaltim? Apakah nanti aman dan tidak hancur? Apakah nanti rasanya berbeda setelah saya terima? Serta berbagai ragam pertanyaan di kepala saya.
Saya pun coba liat berbagai testimoni pelanggan pye bro di fb mba Rissa. Eh, ternyata bisa lho di kirim ke luar daerah. Saya lalu inbox mba Rissa untuk memesan Pye Bro.
Akhirnya...
Pye Bro datang juga...
Begitu saya buka, eh.. ternyata kemasan kuenya tetap utuh cantik lho. Udah gitu.. rasanya enak bangetttt.. Apalagi saya memesan Pye Bro dengan aneka rasa...ada rasa original, keju, almond,.dll.. Benar-benar menggugah selera.
Makasih ya Pye Bro...

Bagi yang ingin pesan  Pye Bro, bisa langsung kontak ke FB mba Rissa Aulian di https://www.facebook.com/Aulia.Izzatiii   atau bisa WA ke 08881801543