Storycake For Amazing Moms : Cerita Para Ibu Hebat

7:36 PM 1 Comments A+ a-


dimuat di Tribun Kaltim, 29 April 2012


Judul.              : Storycake for Amazing Moms
Penulis             : Ria Fariana, Inni Indarpuri, Haziah, dkk
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Halaman          : 233 Halaman
Tahun              : 2012

Ibu adalah sebutan untuk seorang perempuan yang begitu berarti bagi kehidupan seorang anak. Kisah-kisah indah mengenai Ibu terangkum dalam buku Story Cake For Amazing Moms. Terdapat 46 kisah inspiratif penulis mengenai  para ibu hebat yang dituliskan di buku ini. Kisah-kisah tersebut tersaji indah  dan menginspirasi,  membuat kita yang membacanya akan semakin menghargai dan menyayangi sosok ibu dengan berbagai kemuliaaannya.

Sebut saja kisah Inni Indarpuri, penulis asal Samarinda yang bercerita mengenai Bunda sejuta Anak.  Ia bercerita mengenai kisahnya  memiliki anak kandung dan  beberapa anak angkat yang tinggal di berbagai Kota. Terlebih anak-anak tersebut mengalami kondisi fisik yang sama yaitu menderita sebuah penyakit menahun. Hal itu membuat hubungan mereka semakin dekat dan akrab.   Berbagai cerita sedih atau bahagia yang Inni lalui bersama mereka. Jarak yang terbentang tidak membuat hubungan itu renggang. Tetapi semakin mempererat hubungan mereka. 

Ada pula kisah Haziah, penulis asal Samarinda yang mempunyai kantong Doraemon. Ketika  terjadi masalah pelik yang ia hadapi bersama keluarga tidak lantas membuatnya patah semangat.  Selalu ada jalan atau cara yang bisa ia lakukan untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Ia pun mengistilahkan  Kantong Doraemon untuk setiap solusi atau cara menghadapi masalahnya.

Kisah lain, kisah seorang ibu yang menolak tawaran uang untuk di tukarkan dengan bayinya. Sang ibu memilih untuk bekerja keras menghidupi keluarganya. Atau kisah seorang ibu yang  menomor satukan si bayi  dan  hak ASI ekslusif dengan membawa si bayi kemana saja.  Termasuk saat kuliah dan bekerja.

Membaca buku ini membuka pemahaman  pembaca, profesi ataupun kesibukan yang dilakoni seorang ibu,  ia selalu bisa  membagi waktu dan pikirannya untuk semua kegiatan tersebut. Walaupun hal itu tidak mudah, namun semua dilakukan para ibu dengan penuh kesabaran dan cinta untuk keluarganya. Betapa mulianya kisah-kisah mengenai ibu yang terangkum indah dalam buku ini. 

Pengumuman Lomba Seputar Pertanyaan Anak

7:21 AM 0 Comments A+ a-

sumber  :  https://www.facebook.com/notes/iir-harun/pengumuman-lomba-seputar-pertanyaan-anak/10150715449616656

Oleh  : Iir Harun


setelah menunggu lama inilah para pemenangnya

3 orang yang mendapat uang tunai masing2 @100 ribu yaitu
1. adek seperti shaun the shep oleh dwi dira rahmawati
2. rabbani pun bertanya tentang masa depan oleh liza p arjanto
3. bagaimana sel telur bertemu dengan sperma oleh sasmi ummu jundi
 bagi yg terpilih mohon inbox no rekeningnya

adapun 3 pemenang hiburan yang masing2 mendapat bingkisan menarik yaitu
1. yang jadi Allah itu siapa sih oleh rachmi rosanti arifianto
2. aulia bertanya tentang mati oleh jazimah almuhyi
3. kenapa dek gi gak boleh jadi kuda oleh nabila anwar
 bagi yang terpilih mohon inbox alamat kirim hadiahnya

dan judul lain yang lolos untuk dibukukan adalah

Tentang Agama

Bapak Pergi ke Mana, Bu
Kalau Mati Kita Bawa Apa Ma?
Allah Ada Giginya Juga Ya?
Si Buah Hati Takut Allah
Rabbani Pun Bertanya Tentang Masa Yang Akan Datang
Aku Ga Mau Mayatku Hancur !!!
 Lantip Bertanya"Dimana Surga"
Saat Aghif Bertanya Tentang Hari Kiamat
Aulia Bertanya Tentang Mati
Loh Kok Onta Sih
Ketika Putri Kecilku Bertanya Tentang Allah
Hantu Itu Apa?
Ketika Cici Bertanya Tentang Asmaul Husna
Libur Sholat
Ma. Kenapa Allah Nakal? 
Ma. Yang Jadi Allah Itu Siapa Sih?
Kalau Mati Kita Bawa Apa Ma?
Neraka Itu Apa?
Tentang Makanan
Kenapa Enggak Jadi Koki Ma?
Ketika Muharik Bertanya
Ma Kapan Bikin Pizza?
Mama  Abang Boleh Makan Permen ?
Boleh Makan Manusia ?
Tentang Sex
Pertanyaan Nita
Coba Lihat, Mi
Dia Punya Burung , Aku Kok Enggak?
Bagaimana Sel Telur Bertemu Dengan Sperma
Pertanyaan Si Gadis
Ibu Punya Bapak Kok Enggak?
Fawwaz Ngapain Di Perut Bunda?
Warnanya Kok Beda?
Mama Pake Pampers Juga Yah?
Dari Mana Keluarnya Bayi?
Ummi, Ini Apa Namanya?
Tentang Binatang
Umi Juga Manusia
Kenapa Dek Gi Nggak Boleh Jadi Kuda
Ma, Siapa Yang Makan Mama Sapi
Adek Seperti Shaun The Sheep
Ikan Bobok
Apakah  Binatang di Indonesia Berbicara Dengan Bahasa Indonesia?
Pelajaran Dari Kandang Sapi
Mengapa Sarang Lebah Selalu Berbentuk Segi enam
Apakah Pesawat Bertelur?
Tentang Alam
Pohon Nasi vs McQueen
Kenzie, Bulan, dan Bumi
Banyak Tanya Banyak Hikmah
Fahri Juga Bertanya Tentang Salju
Di langit Ada Sungai Ya?

Tentang Umum
Kok Bapak Nggak Kerja Sih?
Cerai Itu Apa, Ma?


------------------------------------------------------

notes  : Alhamdulillah, di lomba ini ada pula naskahku dan beberapa sahabat yang masuk di dalamnya. :)

Resensi Buku A Cup Of Tea Menggapai Mimpi

6:00 PM 0 Comments A+ a-


dimuat di Tribun Kaltim, Minggu 22 April 2012



Kekuatan Menggapai Mimpi 

Judul                : A Cup Of Tea – Menggapai Mimpi
Penulis             : Herlina P. Dewi, Dwi Rahmawati, dkk 
Penerbit           : Stilleto 
Tahun              : Februari 2012 
Tebal               : 220 halaman

Setiap orang mempunyai mimpi dalam hidupnya, namun tidak banyak yang berusaha untuk mewujudkannya. Buku "A Cup of Tea - Menggapai Mimpi”  adalah kisah-kisah  inspiratif yang ditulis  oleh 20 penulis.   Di dalam buku ini menceritakan kisah inspiratif mengenai perjuangan menggapai mimpi. Sering kali untuk mewujudkannya, kita akan terbentur dengan berbagai persoalan, kendala, bahkan membuat kita terpuruk. Padahal semua itu merupakan proses yang harus dijalani untuk meraih mimpi kita.  

Para penulis di buku ini antara lain Herlina P (Jakarta), Dwi Rahmawati (Samarinda), Drg. Deasy Rosalina (Korea) Meilina Widyawati (Australia), Anya Rey (Amerika), dan lain-lain. Para penulis mencoba berbagi kisah mereka meraih impian agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Kendala ataupun hambatan yang dihadapi, tidak membuat mereka menyerah untuk meraih mimpi.

Dwi Rahmawati penulis asal kota Samarinda ini bercerita tentang mimpinya untuk menjalankan  bisnis sendiri. Setelah memutuskan berhenti bekerja untuk fokus mengurus keluarga, Ia pun berupaya mewujudkan mimpinya. Hingga akhirnya ia sukses merintis usaha yang diimpikan sejak dulu.

Ada pula kisah Deasy, yang awalnya hanya anak dari keluarga yang sederhana. Dengan berbagai usaha  kerja keras akhirnya bisa menggapai impiannya sebagai dokter gigi.    Disamping itu ada pula kisah perjalanan seorang penulis yang naskahnya sering di tolak penerbit, hingga akhirnya bisa menjadi penulis terkenal. Atau perjuangan seorang perempuan desa yang akhirnya menjadi ilmuan international.

Tidak ada kata terlambat ataupun menyerah untuk menggapai mimpi. Asalkan punya kemauan dan terus berusaha, maka mimpi-mimpi  akan terwujud.  Buku ini bisa menjadi penyemangat dan motivasi bagi pembaca untuk terus meraih mimpi tanpa berputus asa.

Resensi Buku For The LoveOf Mom

5:57 PM 0 Comments A+ a-


dimuat di Harian Tribun Kaltim, 15 April 2012

Judul Buku : For The Love Of Mom   
Jumlah Hal   : 292  halaman
penerbit        : Imania
Tahun            : Oktober  2011
Penulis          : Dyah Prameswari, Tri Wahyuni Rahmat, Inni Indarpuri, dkk

Ibu adalah sosok wanita dengan kasih sayang dan kesabaran yang luar biasa terhadap  anak-anaknya.  Ibu di ibaratkan sebagai sumber air yang cintanya tidak akan berhenti mengalir sepanjang hayat.  Perjuangan dan pengorbanan ibu untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya,sangatlah besar dan sulit tergantikan oleh apapun.  

For The Love Of Mom sebuah buku antologi yang berisi 40 kisah dari 37 penulis yang mengisahkan mengenai ibu dari para penulis.  Kisah-kisah tersebut akan mampu membuat Anda terharu dan terenyuh dan akan memberikan penghormatan sangat tinggi untuk seorang ibu.   

Para penulis dalam buku ini  merupakan penulis yang sudah punya nama di blantika nasional dan berdomisili tidak hanya di Indonesia , tetapi juga di luar negeri. Antara lain Dyah Prameswari (Bandung), Tri Wahyuni Rahmat (Bontang), Inni Indarpuri (Samarinda),  Lygia Nostalina (Bandung), Fita Chakra (Depok), Ary Nur Azizah (Malaysia),  Ofi Sugito (Belanda) , Wyvera (Medan), dan lain-lain.

Membaca buku ini membuat Anda teringat akan kebaikan-kebaikan yang selalu ibu Anda lakukan.  Buku ini mengungkapkan sosok ibu yang tiada duanya.  Mulai dari perjuangan ibu yang rela pergi ke negera lain hanya untuk menghidupi anak-anaknya, perjuangan ibu yang mampu menjadi sandaran Anak saat si Anak membutuhkannya.
  
Sebut saja kisah dari Tri Wahyuni Rahmat, salah satu penulis dari Bontang.  Ia menceritakan bagaimana hubungannya dengan sang ibu yang awalnya biasa-biasa saja.  Seiring perjalanan waktu dan ia mulai menjalani kehidupan berumah tangga dan menjadi seorang ibu,  ia  pun menyadari betapa besar kasih sayang sang ibu. Terlebih ketika ibunya mengalami kecelakaan yang nyaris membuatnya kehilangan sang ibu.  Ia sadar betapa besar cintanya kepada ibu yang selama ini pun mencintainya.

Kisah Inni Indrapuri, penulis dari Samarinda, yang menceritakan kisah tentang sang mama yang selalu menyayangi dan menjaganya.  Bahkan saat anaknya menderita sakit,  sang ibu pun tetap memberikan semangat dan mendampingi Inni untuk merawat anaknya dengan penuh kasih sayang.  Baginya, mama adalah perempuan terhebat di seluruh dunia.

Buku ini di tulis dengan bahasa ringan namun sanggup mengusik emosi Anda.  Buku ini pun layak di jadikan koleksi, atau menjadi hadiah kepada orang-orang terdekat, khususnya kepada Ibu, untuk menunjukkan betapa besar penghormatan kepada seorang Ibu.



Resensi Buku Kehamilan Yang Menakjubkan

5:54 PM 0 Comments A+ a-


   

Dimuat di Tribun Kaltim, Minggu 1 April 2012

Judul Buku : KEHAMILAN YANG MENAKJUBKAN
Jumlah Hal : 216 lembar
penerbit : Leutika Prio 
Tahun : Desember 2011
Editor : Sari Azis 
Penulis : Tri Wahyuni Rahmat, dkk

Kehamilan pengalaman paling menakjubkan bagi para wanita. Kondisi di mana kekuatan mental dan iman mereka diuji selama sembilan bulan. Berbagai hal mungkin terjadi saat itu, yang terkadang memilukan namun kebanyakan membahagiakan. 

Hal itu yang kemudian di gagas oleh Tri Wahyuni Rahmat dan Sari Azis dalam sebuah buku berjudul "Kehamilan Yang Menakjubkan". Buku ini  mengupas pengalaman nyata para bibu saat menjalani kehamilan. Dilengkapi pula oleh penuturan beberapa orang suami ketika menghadapi isteri yang sedang hamil. 
Beragam kisah mengharukan dan membuat bibir tersungging membentuk senyum geli tersaji di sini. Ada yang mengisahkan dengan kesenduan, ada pula dengan lucu. 

Buku ini berisi 36 kisah inspiratif tentang kehamilan, yang ditulis oleh para penulis yang sudah punya nama di blantika nasional.  Para penulis buku ini  berdomisili  di berbagai kota  di Indonesia, maupun luar negeri. Antara lain Tri Wahyuni Rahmat (Bontang), Sari Azis (Samarinda), Atik Herwening (Brazil), Astri Paramita (Surabaya), Rosita Dani (Sidoarjo), Nurul Septiani (Jepang), Dewi Rieke (Bandung), Amien Wangsitalaja (Jogjakarta), El Kinanti (Kupang), Sunaryo Broto (Bontang), dll.

Kisah-kisah dibuku ini memang sangat inspiratif, sebut saja kisah Atik yang sekarang berdomisili di Brazil. Saat hamil ia di vonis menderita
infeksi TORCH ( Toxoplasma, Rubella, CMV, Herpes ).   Sesuatu yang sangat mengerikan menghantui kehamilannya. Banyak hal  yang dirasakannya,  namun dengan dukungan suami dan keluarga, ia berhasil melewatinya. 

Lain halnya yang terjadi dengan Tri Wahyuni Rahmat.  Kehamilan yang tidak terduga membuatnya nyaris tidak siap menerimanya.  Namun berkat dukungan suami dan oramg terdekatnya, ia akhirnya menerimanya dengan senang hati. Bahkan terinspirasi untuk membuat buku ini. Kisah lainnya yang tak kalah menarik adalah Dewi Rieke, yang menjalani umroh saat sedang hamil muda.  Dan Linda, yang setiap mengalami kehamilan selalu mendapat kesempatan keluar negeri. Serta kisah kehamilan Nurul yang harus menghimpun kekuatan saat  terjebak gempa dan tsunami di Jepang.

Fase ngidam dalam kehamilan ternyata tidak hanya mutlak dirasakan oleh istri , tetapi ternyata hal itu bisa pula di rasakan  suami. Seperti yang terjadi oleh Rahmat Arya yang merasakan ngidam dan mual-mual, bertepatan ketika istrinya hamil.   Kisah Asep dalam Wedang Jahe dan Segelas Ramuan Cacing memang menarik dan lucu. Saat sang istri hamil mengalami suhu badan panas tinggi, ia terpaksa memberikan ramuan cacing resep dari saudaranya. Atau kisah Rafif Amir yang kerap kaget melihat perubahan sang istri ketika hamil, saat fase ngidam hingga mual bila berdekatan dengan dirinya.

Buku ini sangat bagus dibaca dan dimiliki bagi pasangan suami istri yang sedang menanti kehadiran anak ataupun yang sudah memiliki anak. Karena banyak nilai-nilai moral dan pelajaran  yang bisa dipetik dari buku ini.

SAYEMBARA MENULIS NOVEL DEWAN KESENIAN JAKARTA 2012

9:21 PM 0 Comments A+ a-


SAYEMBARA MENULIS NOVEL DEWAN KESENIAN JAKARTA 2012

Untuk merangsang dan meningkatkan kreativitas pengarang Indonesia dalam penulisan novel, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan Sayembara Menulis Novel. Lewat sayembara ini DKJ berharap lahirnya novel-novel terbaik, baik dari pengarang Indonesia yang sudah punya nama maupun pemula, yang memperlihatkan kebaruan dalam bentuk dan isi. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut.
Ketentuan Umum : 

• Peserta adalah warga negara Indonesia (dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau bukti identitas lainnya).
• Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.
• Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik sebagian maupun seluruhnya.
• Naskah tidak sedang diikutkan dalam sayembara serupa.
• Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik.
• Tema bebas.
• Naskah adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan (sebagian atau seluruhnya).
Ketentuan Khusus
• Panjang naskah minimal 150 halaman A4, spasi 1,5, Times New Roman ukuran 12.
• Peserta menyertakan biodata dan alamat lengkap pada lembar tersendiri, di luar naskah.
• Empat salinan naskah yang diketik dan dijilid dikirim ke:
Panitia Sayembara Menulis Novel DKJ 2012
Dewan Kesenian Jakarta
Jl. Cikini Raya 73
Jakarta 10330
• Batas akhir pengiriman naskah: 30 Agustus 2012 (cap pos atau diantar langsung).
Lain-lain
• Para Pemenang akan diumumkan dalam Malam Anugerah Sayembara Menulis Novel DKJ 2012 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada bulan Desember 2012.
• Hak Cipta dan hak penerbitan naskah peserta sepenuhnya berada pada penulis.
• Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat.
• Pajak ditanggung pemenang.
• Sayembara ini tertutup bagi anggota Dewan Kesenian Jakarta Periode 2009-2012 dan keluarga inti Dewan Juri.
• Maklumat ini juga bisa diakses di www.dkj.or.id.
• Dewan Juri terdiri dari kalangan sastrawan dan akademisi sastra.


Hadiah
Pemenang utama Rp. 20.000.000
Empat unggulan @Rp. 4.000.000
Jadwal
Publikasi Maklumat : Maret 2012
Pengumpulan karya : April—Agustus 2012
Penjurian : September—November 2012
Pengumuman pemenang : Akhir Desember 2012

Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2012

9:14 PM 0 Comments A+ a-

Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2012


Dalam rangka menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud menyelenggarakan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan. Kegiatan sayembara ini diperuntukkan bagi para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan tahun 2012 ini memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 1.000.000.000,00 untuk 57 pemenang dari 19 jenis naskah buku pengayaan.

Informasi lebih lanjut tentang sayembara dapat menghubungi:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
website : 
http://puskurbuk.net/ ,
telp.: 021-3804248 ,
e-mail: sayembara@puskurbuk.net ,
facebook: sayembarapuskurbuk, Twitter: @sayembarapuskurbuk





Pengumuman Audisi Storycake for Mompreneur

7:27 AM 0 Comments A+ a-


STORYCAKE for MOMPRENEUR


Bismillah….
Setelah melalui proses yang cukup mendebarkan, membolak-balik naskah, menimbang dan memilih… akhirnya tersaring naskah-naskah cantik dari para mompreneur.
Dalam penyaringan ini, ada rasa yang tercampur aduk. Ingin rasanya saya meoloskan semua naskah, namun hal itu tidaklah mungkin. Terkadang saya menemukan naskah yang bagus ceritanya namun kurang nikmat dibacanya. Beberapa naskah cukup nikmat dibaca namun isinya tidak sejalan dengan misi visi yang saya usung dalam  STORYCAKE for MOMPRENEUR.
Untuk beberapa naskah yang lolos, telah saya edit agar selaras dengan misi visi yang saya usung, tanpa mengurangi “isi” dari naskah. Jadi mohon kerelaan para pemilik naskah.
Selamat bagi Anda yang lolos versi saya (selaku penanggung jawab) dan agensi naskah (Indscript Creative). Semoga penerbit (GPU) pun meloloskannya.
Bagi yang belum lolos, jangan berkecil hati. Setiap peristiwa ada hikmahnya. Dan di IIDN ini akan banyak audisi menulis buku antologi yang menanti Anda.

Ari Kurnia

Adapun naskah yang lolos :  
  1. Ibu Dengan Otak Kanan    (Roza Rianita)
  2. Mama 13 Anak       (Tinneke Indrawati)
  3. Dan Hobi pun Membuka Pintu Rezeki                  (Andrea W)
  4. Berkarier di Rumah Sendiri            (Haeriah Syamsuddin)
  5. Kuliner, Bagian dari Hidupku                    (Retno Dwi)
  6. Menebar Manfaat Melalui Bisnis Event Organizer            (Tri Wahyuni Rahmat)
  7. Bekerja di Rumah Itu Bisa (LSD)
  8. Dukun Pengantin    (Nenny Makmun)
  9. Kegagalan adalah Ketika Kita Tidak Berani Mencoba      (Ida Tahmidah)
10.  Satu Kali Gagal, Seribu Kali Mencoba      (Fita Chakra)
11.  Wanita 1.000 Bisnis           (Dewi Muliyawan)
12.  Ketika Cinta Bermain Logika                    (Taranokanai)
13.  Just Do It!               (Ary Nur Azizah) 
14.  Optimisme Sebatang Jarum            (Siti Maryamah)
15.  Saat Harus Bertahan di Negeri Jiran                      (Yessi Anggraini)
16.  Bisnis, Antara Hobi dan Kebutuhan                      (Meti Herawati)
17.  Jejaring Sosial, Menjaring Massa, Mendulang Rupiah       (Deasy Rosalina)
18.   Hikmah Dibalik Bisnis                  (Ari Kurnia)
19.  Shopaholic Mengundang Pelik                   (Nuri Novita)
20.  From Nothing to Something                       (Farra Yanuar)
21.  Jungkir Balik Menjadi Tukang Kue                       (Bunda Haifa)
22.  Asyiknya Berpromosi                     (Mia Komara Yani)
23.  Keindahan Warna Rubik    (Rini Rahmawati)
24.  Kisah Seru Berbisnis di Negeri Orang                   (Wita Juwita)
25.  Mendekati Sukses  (Niken Nuswantari)
26.  Cintailah Buku Maka Uang Akan Mengikutimu   (Kiki Handriyani)
27.  Sedekah Hadirkan Bisnis yang Barokah    (Candra Nila Mukti D)
28.  Aneka Bisnis di Daerah Terpencil  (Nur Husnah)
29.  Ting!                       (Dian Nafi)
30.  Salonku Inspirasiku                        (Rani Iriani Safari)
31.  Meretas Asa, Menggapai Cita-cita (Ayunin)
32.  Bisnis Air yang Menyejukkan                    (Yurmawita Adismal)
33.  Mewujudkan Impian                      (Dian Akbas)
34.  Buah Hatiku, Inspirasiku    (Tati Amila)

Renungan Malam

2:04 PM 0 Comments A+ a-

Tiba-tiba saja malam ini di kepala saya muncul sebuah pertanyaan. Entahlah, mengapa dalam kepala saya mulai memikirkan pertanyaan tersebut.  Sebuah pertanyaan yang sederhana, namun ternyata bisa membawa efek luar biasa ketika saya memikirkannya.

Adakah hal yang bermanfaat atau berkesan yang saya lakukan hari ini? Pertanyaan ini yang berkecamuk dalam diri saya.  Selama ini saya hanya berusaha menjalani  kehidupan sehari-hari dengan rutinitas.  Dari bangun, sholat, menyiapkan sarapan dan anak sekolah, mengurus anak, mengecek pekerjaan, menjemput anak pulang, dan lain-lain. Semua kegiatan tersebut rutin saya lakukan. Bahkan saya tidak perlu mencatat di agenda untuk mengingatnya.

Namun, entahlah.. Malam ini menjadi malam yang berbeda.  Saya mulai merenungkan mengapa saya tidak mulai berbenah diri. Ya, saya akan berusaha melakukan hal-hal bermanfaat ataupun berkesan tiap harinya. Kemudian saya akan menuliskan dan mengambil hikmah dari kejadian hari itu.  Wow, tentu saja kehidupan saya nantinya akan lebih bermakna, dan pasti saya akan lebih banyak bersyukur kepada Allah.


Saya jadi teringat cerita dari seorang teman saya yang berprofesi sebagai seniman. Ia menuturkan, bahwa setiap malam  sebelum beranjak tidur, ia selalu melakukan ritual untuk intropeksi diri.  seperti apa saja yang telah ia lakukan hari ini dan hikmah apa yang bisa ia ambil.  waktu itu saya hanya tersenyum mendengarnya.  kok sepertinya ribet ya? biasanya kalau hendak tidur, hal yang saya lakukan ya.. tinggal tidur saja hehheh...


Tetapi ternyata hal yang dilakukan teman saya banyak pula di lakukan oleh orang-orang sukses lho.  biasanya ketika malam, mereka memang menyempatkan diri untuk melakukan renungan malam mengenai apa saja yang mereka lakukan padahari itu.   Ada pula mereka akan merencanakan hal-hal yang akan di lakukan keesokan harinya, bahkan bisa pula untuk rencana masa depannya.  yang menarik, ada sebagian dari mereka yang mengakui, sebuah renungan malam tidak hanya sebagai sarana intropeksi diri, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk memohon ampun kepada Allah.  




Lho..., kenapa bisa? ya Tentu saja bisa.  dalam satu hari tidak hanya hal-hal baik saja yang kita lakukan.  Bisa saja dengan sengaja dan tidak sengaja, kita melakukan hal-hal negatif yang mungkin tidak hanya merugikan diri sendiri, dan mungkin orang lain. Dengan melakukan renungan atau intropeksi malam harinya, kita akan menjadi teringat dengan apa yang kita lakukan hari itu.  seandainya memang ada kesalahan yang kita lakukan, tentu saja kita bisa secepatnya istifar dan memohon ampun kepada Allah. 


Tidak ada salahnya mencoba hal baru yang positif kan...?


Ayo.. semangat






dini hari, 04.00 Wita





AUDISI BUKU ANTOLOGI “SERIBU WAJAH KUPU-KUPU”

8:41 AM 0 Comments A+ a-

saya ada copas audisi buku Antologi "Seribu Wajah Kupu-kupu" dari mbak Lygia, silahkan di cek ya...

AUDISI BUKU ANTOLOGI “SERIBU WAJAH KUPU-KUPU”

Oleh : Lygia Pecanduhujan

Tentu kita telah mengetahui dan mendengar tentang penyakit LUPUS. Penyakit lupus adalah penyakit kronis yang merusak sistem kekebalan tubuh (imunitas) dan dapat memengaruhi berbagai macam jaringan, kulit, persendian, jantung, darah, ginjal, dan otak. Setiap tahunnya, penyakit yang lebih banyak menyerang kaum wanita ini semakin merajalela.

Dalam rangka memperingati Hari Lupus Sedunia yang jatuh tepat pada tanggal 10 Mei 2012 mendatang, kami akan menerbitkan buku antologi yang berisi kisah-kisah para ODAPUS (Orang Dengan Penyakit Lupus), Sahabat Odapus, dan para pemerhati penyakit Lupus. Buku ini akan kami persembahkan kepada seluruh penderita penyakit lupus dimanapun berada.

Oleh karena itu, kami mengajak seluruh teman-teman untuk mengikuti proyek menulis buku antologi ini yang sebagian besar royaltinya akan kami sumbangkan untuk para penderita lupus yang tidak mampu melalui Yayasan Lupus Indonesia (YLI).

Punya kisah tak terlupakan ketika didiagnosis menderita lupus ? punya pengalaman luar biasa ketika harus menjalani kehidupan ditemani penyakit ini ? bagaimana cara anda bertahan dan selalu bersemangat menghadapi kehidupan meski mengidap penyakit lupus ? Bagaimana perasaan anda ketika orang yang anda cintai didiagnosis dengan penyakit ini ? Atau anda seorang dokter yang menangani pasien penyakit lupus ? berbagilah bersama kami, sebarkan cerita anda yang menginspirasi untuk menjadi penyemangat bari para Odapus dan sahabat Odapus.

 Bagi seluruh teman dan sahabat yang ingin berpartisipasi dalam proyek ini, silahkan ikuti persyaratan sebagai berikut :

SYARAT UMUM :
1.      Usia Bebas, Laki-laki dan perempuan.
2.      Tulisan harus berisi kisah nyata pribadi, maupun orang-orang terdekat dan harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jika nanti naskah lolos seleksi, maka Anda harus menyerahkan surat pernyataan keaslian naskah.
3.      Jika Anda menuliskan kisah hidup orang lain, maka di akhir cerita, tuliskan nama lengkap si tokoh nyata tersebut. 
4.      Tulisan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun (termasuk di dunia maya).
5.      Tuliskan kisah anda yang tak terlupakan, paling menginspirasi dan dapat diambil hikmahnya serta menjadi penyemangat hidup bagi para Odapus dan sahabat Odapus dimanapun mereka berada.

SYARAT KHUSUS :
1.      Naskah berupa tulisan nonfiksi populer (bukan makalah ilmiah), dengan kisah yang mengalir, ringan, dan mudah dicerna tapi tetap sesuai dengan EYD. Hindari pemakaian kata-kata yang menyinggung SARA, mengandung pornografi, bahasa kasar, dan bahasa alay.
2.      Panjang naskah maksimal 5  halaman kertas A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. Ketik dan simpan hanya dalam file Microsoft Word berformat (.doc).
3.      Naskah dikirim dalam bentuk attachment ke alamat e-mail: pecanduhujan@gmail.com
 dan di CC ke dyahprameswarie@yahoo.com. Ingat, naskah jangan ditulis di badan e-mail. Pada subyek, tuliskan: (ANTOLOGI SWKK) – Judul Naskah.
4.      Naskah dalam bentuk (.doc) itu harus mencantumkan judul naskah dan nama penulisnya di bagian bawah judul sebelum cerita.
5.      Sertakan nama asli, nama FB, dan biodata deskriptif sepanjang satu paragraf di akhir naskah (contoh biodata deskriptif silahkan lihat di bagian bawah catatan ini)
6.      Akan dipilih 30 naskah yang dinilai paling unik, memotivasi dan menginspirasi untuk dibukukan dalam sebuah antologi.
7.      Naskah ditunggu hingga tanggal 20 April 2012 Pukul 24.00 WIB
8.       Pengumuman kontributor yang masuk dalam antologi ini akan di-posting di fanpage Lygia Pecanduhujan  : http://www.facebook.com/pages/Lygia-Pecanduhujan-Fanpage/121905561178499  pada tanggal 25 April 2012 Pukul 24.00 WIB.
9.      Naskah yang terpilih akan diterbitkan melalui IndiePro Publishing. Kontributor tidak akan mendapatkan royalti, namun akan dipilih 5 tulisan terbaik yang akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp. 200.000,-.

Jadi, tunggu apa lagi? Tulis kisahmu yang paling menarik, lalu kirimkan sekarang juga.
(Penyusunan dan editing naskah dilakukan oleh Lygia Pecanduhujan dan Dydie Prameswarie )

(*) Jangan tunggu sampai Deadline untuk mengirimkan naskah jika ingin naskah teman2 dibaca dengan teliti.  
Please feel free to copy paste and share to everyone !

NB : buat yang tertarik bergabung dalam proyek charity ini dan mau menyumbang hadiah tambahan untuk 5 naskah terbaik, silahkan hubungi Panitia

Salam Kupu-Kupu ^^

Gheena Luvita
Lygia Pecanduhujan
Dydie Prameswarie