Resensi Buku Kehamilan Yang Menakjubkan

5:54 PM 0 Comments A+ a-


   

Dimuat di Tribun Kaltim, Minggu 1 April 2012

Judul Buku : KEHAMILAN YANG MENAKJUBKAN
Jumlah Hal : 216 lembar
penerbit : Leutika Prio 
Tahun : Desember 2011
Editor : Sari Azis 
Penulis : Tri Wahyuni Rahmat, dkk

Kehamilan pengalaman paling menakjubkan bagi para wanita. Kondisi di mana kekuatan mental dan iman mereka diuji selama sembilan bulan. Berbagai hal mungkin terjadi saat itu, yang terkadang memilukan namun kebanyakan membahagiakan. 

Hal itu yang kemudian di gagas oleh Tri Wahyuni Rahmat dan Sari Azis dalam sebuah buku berjudul "Kehamilan Yang Menakjubkan". Buku ini  mengupas pengalaman nyata para bibu saat menjalani kehamilan. Dilengkapi pula oleh penuturan beberapa orang suami ketika menghadapi isteri yang sedang hamil. 
Beragam kisah mengharukan dan membuat bibir tersungging membentuk senyum geli tersaji di sini. Ada yang mengisahkan dengan kesenduan, ada pula dengan lucu. 

Buku ini berisi 36 kisah inspiratif tentang kehamilan, yang ditulis oleh para penulis yang sudah punya nama di blantika nasional.  Para penulis buku ini  berdomisili  di berbagai kota  di Indonesia, maupun luar negeri. Antara lain Tri Wahyuni Rahmat (Bontang), Sari Azis (Samarinda), Atik Herwening (Brazil), Astri Paramita (Surabaya), Rosita Dani (Sidoarjo), Nurul Septiani (Jepang), Dewi Rieke (Bandung), Amien Wangsitalaja (Jogjakarta), El Kinanti (Kupang), Sunaryo Broto (Bontang), dll.

Kisah-kisah dibuku ini memang sangat inspiratif, sebut saja kisah Atik yang sekarang berdomisili di Brazil. Saat hamil ia di vonis menderita
infeksi TORCH ( Toxoplasma, Rubella, CMV, Herpes ).   Sesuatu yang sangat mengerikan menghantui kehamilannya. Banyak hal  yang dirasakannya,  namun dengan dukungan suami dan keluarga, ia berhasil melewatinya. 

Lain halnya yang terjadi dengan Tri Wahyuni Rahmat.  Kehamilan yang tidak terduga membuatnya nyaris tidak siap menerimanya.  Namun berkat dukungan suami dan oramg terdekatnya, ia akhirnya menerimanya dengan senang hati. Bahkan terinspirasi untuk membuat buku ini. Kisah lainnya yang tak kalah menarik adalah Dewi Rieke, yang menjalani umroh saat sedang hamil muda.  Dan Linda, yang setiap mengalami kehamilan selalu mendapat kesempatan keluar negeri. Serta kisah kehamilan Nurul yang harus menghimpun kekuatan saat  terjebak gempa dan tsunami di Jepang.

Fase ngidam dalam kehamilan ternyata tidak hanya mutlak dirasakan oleh istri , tetapi ternyata hal itu bisa pula di rasakan  suami. Seperti yang terjadi oleh Rahmat Arya yang merasakan ngidam dan mual-mual, bertepatan ketika istrinya hamil.   Kisah Asep dalam Wedang Jahe dan Segelas Ramuan Cacing memang menarik dan lucu. Saat sang istri hamil mengalami suhu badan panas tinggi, ia terpaksa memberikan ramuan cacing resep dari saudaranya. Atau kisah Rafif Amir yang kerap kaget melihat perubahan sang istri ketika hamil, saat fase ngidam hingga mual bila berdekatan dengan dirinya.

Buku ini sangat bagus dibaca dan dimiliki bagi pasangan suami istri yang sedang menanti kehadiran anak ataupun yang sudah memiliki anak. Karena banyak nilai-nilai moral dan pelajaran  yang bisa dipetik dari buku ini.