7 Tempat yang Harus di Kunjungi saat ke Samarinda

3:30 AM 19 Comments A+ a-


oleh : Tri Wahyuni Zuhri
(Penulis, Trainner dan  Blogger)

Samarinda merupakan ibukota provinsi Kalimantan Timur yang memiliki keindahan keunikan tersendiri. Kota Samarinda sering di sebut dengan Kota Tepian dan keindahan Sungai Mahakamnya. Apabila Anda memang berkesempatan travelling ke Samarinda, maka ada beberapa tempat yang harus di kunjungi disini. Rasanya perjalanan travelling ke Samarinda tidak akan lengkap tanpa berkunjung ke 7 tempat ini.


1. Mesjid Islamic Center

sumber foto dari sini


Mesjid Islamic Center merupakan mesjid kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur, khususnya masyarakat Samarinda. Mesjid Islamic Center adalah  mesjid megah dan indah. Bahkan ada yang mengatakan mesjid ini merupakan mesjid salah satu terbesar selain mesjid Istiqlal di Asia Tenggara. Letak mesjid ini pun sangat strategis yaitu berhadapan dengan tepian sungai Mahakam di daerah Teluk Lerong Samarinda.

Bangunan ini memiliki 7 menara, dimana satu menara utama serta 6 menara yang berada di bagian sisi mesjid. Menara utama memiliki tinggi 99 meter, yang melambangkan nama-nama Allah atau asmaul husna. Sedangkan 6 menara tersebut melambangkan 6 rukun dalam islam. Letak 6 menara pun berbeda-beda. 4 menara dengan tinggi 70 meter berada di setiap sudut mesjid. 4edangkan 2 menara dengan tinggi 57 meter berada di bagian pintu gerbang.

Berada di Mesjid Islamic Center ini membuat hati menjadi tenang dan damai. Kita tidak hanya terpesona dengan kemegahan dan keindahan Mesjid ini, tetapi bisa terus mendekatkan diri kepada Allah. Kita pun dapat menikmati keindahan sungai mahakam yang berada di depan Mesjid. Tidak jarang di jumpai masyarakat Samarinda maupun luar kota yang turut menikmati keindahan mesjid ini. Saat ini dalam area Mesjid Islamic telah berdiri sarana pendidikan sekolah untuk masyarakat.


2. Jembatan Mahakam

Saat akan memasuki kota Samarinda, tentu Anda akan melintasi sebuah Jembatan yang menghubungkan Samarinda Kota dan kecamatan Samarinda Sebrang. Ya, nama jembatan ini adalah Jembatan Mahakam. Jembatan ini memiliki panjang 400 meter, tinggi 5 meter di atas permukaan aspan serta lebar 10 meter. Jembatan Mahakam di resmikan oleh Presiden Soeharto di tahun 1987. Apabila ingin menikmati perjalanan kaki di sepanjang Jembatan Mahakam ini, Anda dapat berjalan di lajur pejalan kaki yang terletak di sisi jembatan.

sumber foto dari sini


Saat melintasi jembatan Mahakam ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan sungai Mahakam saja yang terbentang panjang melintasi di bawah jembatan. Selain itu, keindahan kota Samarinda bisa terlihat jelas dari atas jembatan tersebut. Karena semakin padatnya kendaraan yang melalui jembatan Mahakam ini, maka pemerintah Kaltim telah membangun Jembatan Mahakam II sebagai jembatan alternatif penghubung transportasi. Hingga saat ini, Jembatan Mahakam merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur.


3. Citra Niaga

Bagi masyarakat Kalimantan Timur, tentu tidak asing lagi dengan kawasan pusat perdagangan Citra Niaga yang terletak di jantung kota Samarinda. Citra Niaga dibangun pada tanggal 27 Agustus 1987 dan pernah memperoleh penghargaan internasional Aga Khan Award for Achitecture (AKAA) pada tahun 1989.
hemm berkunjung ke Kalimantan Timur terasa kurang rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk singah sejenak ke Pasar Etnik & Modern Citra Niaga.

Walaupun keberadaan Citra Niaga sekarang hampir tersisih karena kehadiran berbagai pusat perbelanjaan mall di Samarinda, namun Citra Niaga tetap menjadi salah satu ciri khas Kota Samarinda yang terus ada. Di kawasan ini, Anda akan banyak menemukan berbagai pertokoan maupun warung aneka masakan kuliner. Disamping itu, Citra Niaga disebut sebagai salah satu pusat oleh-oleh khas Kaltim, karena terdapat banyak toko yang menjual kerajinan tangan khas Kaltim. Antara lain menjual aneka kerajinan manik-manik, anyaman khas kaltim, kain dan sarung serta kopiah Samarinda, dan lain sebagainya.


4. Desa Pampang

Ingin berkunjung dan melihat tempat objek wisata Suku Dayak? Anda tinggal datang ke Desa budaya Pampang yang terletak di Sungai Siring, Kota Samarinda.

sumber foto dari sin

Desa Pampang di resmikan sebagai Desa Budaya pada bulan Juni 1991 oleh Gubernur Kaltim kala itu yang di jabat oleh Bapak HM Ardans. Desa Pampang selain memiliki kegiatan positif juga mampu menjadi kebanggaan wisata unggulan Kaltim yang mampu menarik perhatian masyarakat lokal hingga mancanegara.

Desa Pampang memiliki acara yang di selenggarakan setiap tahun yaitu Pelas Tahun, sebagai wujud peringatan ulang tahun Desa Pampang. Desa Pampang menghadirkan keindahan dan eksotisme budaya serta adat istiadat masyarakat Dayak. Maka tidak salah apabila Turis dan para pengunjung yang datang akan terpesona melihat Desa Pampang tersebut.


5. Kampung Nasi Kuning


Mengunjungi salah satu kawasan tempat yang menyajikan kuliner nasi kuning merupakan salah daya tarik Samarinda. Pemerintah Kota Samarinda sengaja memasang Tulisan Kampung Nasi Kuning dan terpampang kokoh dan terletak di Jalan Lambung Mangkurat.

Sepanjangan sisi jalan Lambung Mangkurat Samarinda, kita dapat menemukan banyaknya penjual nasi kuning yang berjualan baik di pagi hari maupun malam hari. Bagaimana citarasanya? Jangan ditanya. Maknyuss.. Kita bisa memilih tambahan lauk seperti ikan haruan, ayam, telur yang di masak bumbu habang (merah), untuk pelengkap nasi kuning tersebut. Harga yang ditawarkan pun tidak memberatkan kantong tentunya. Sembari menikmati lezatnya kuliner nasi kuning, kita pun dapat melihat keindahan kota Samarinda.

Kuliner kampung nasi kuning ini tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Samarinda saja. Bahkan pengunjung dari luar daerah kerap mengunjungi kawasan kuliner ini. Rasanya travelling di Samarinda tidak akan lengkap tanpa mengunjungi area kuliner kampung nasi kuning ini.


6. Tepian Mahakam

Ingin menikmati suasana keindahan sungai Mahakam di Samarinda? Tidak perlu jauh-jauh, cukup datang ke Tepian Mahakam yang terletak di pinggiran sungai Mahakam. Anda bisa menikmati keindahan sungai mahakam bersama keluarga atau orang-orang tercinta sembari duduk di tepi sungai Mahakam.

Rupanya pemerintah Kaltim cukup jeli melihat area Tepian Mahakam ini sebagai tempat yang mengasyikan bagi masyarakat yang ingin menikmati keindahan sungai Mahakam. Apalagi beberapa kantor pemerintahan seperti Kantor Gubernur Provinsi Kaltim beserta rumah dinas Gubernur terletak berhadapan dengan Tepian Mahakam.

Sehingga semakin waktu ke waktu, area di pinggiran tepian Mahakam ini dilakukan perbaikan sehingga tampak lebih asri dan enak di pandang. Bahkan terdapat taman-taman yang terawat dengan rapi, dimana pengunjung dapat menikmati keindahan Samarinda sambil menyelusuri taman atau sekedar duduk di bangku-bangku yang tersedia. Pada moment peringatan hari nasional tertentu, biasanya pemerintah daerah mengadakan acara terbuka di tepian Mahakam. Tentu saja tepian mahakam menjadi tempat yang di rindukan bagi setiap pengunjung yang pernah datang kesana.

7. Pusat Oleh-Oleh Samarinda

Bingung mencari oleh-oleh khas Samarinda?
Tidak usah kuatir, ada beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan. Antara lain Area Perbelanjaan Citra Niaga, Pertokoan Oleh-oleh Khas Samarinda di Teluk Lerong, UKM Center Pusat Oleh-Oleh Khas Samarinda di Jl. Gatot Subroto, dan lain sebagainya.

Oleh-oleh khas Samarinda ada beraneka ragam, antara lain kerajinan tangan dan produk makanan. Kerajinan berupa barang yang terbuat manik-manik, seperti tas, sarung bantal kursi tamu, kotak pensil, gantungan kunci, tempat tisu, dan lain sebagainya. Ada pula kerajinan dari anyaman rotan seperti tikar rotan, tas, alas sejadah, dan lain-lain. Begitu pula dengan kain dan sarung khas Samarinda yang terkenal dengan keindahannya. Disamping itu ada pula kerajinan yang berupa rumah-rumahan khas Kaltim, alat mandau, patung ukir dan lain-lain.

Untuk produk makanan, tentu saja yang paling terkenal yaitu amplang yang berbahan dasar ikan. Ada pula produk abon yang berbahan dasar ikan haruan. Begitu pula dengan kerupuk ikan serta aneka cemilan khas Samarinda.  

Di area pertokoan oleh-oleh khas Samarinda bisa kita temukan di sepanjangan jalan Teluk Lerong Samarinda. Ada banyak pertokoan yang berjejer di pinggir jalan tersebut. Uniknya, pertokoan tersebut berhadapan dengan tepian sungai Mahakam. Sehingga sembari membeli oleh-oleh, kita pun dapat menikmati keindahan tepian sungai Mahakam.

Selain itu, kita dapat berkunjung di UKM Center Pusat Oleh-Oleh Khas Samarinda di Jl. Gatot Subroto. Di UKM ini terdapat berbagai macam oleh-oleh khas Samarinda. Tidak hanya berupa kerajinan tangan, tetapi juga aneka cemilan seperti amplang, kerupuk. Begitu pula pakaian dan produk sandang khas Samarinda.


Sebenarnya ada banyak tempat menarik di Samarinda yang bisa kunjungi selain tempat-tempat diatas. Masih penasaran? Ayo, siapkan koper dan kemudian travelling langsung ke Kota Samarinda - Kalimantan Timur :)

19 komentar

Write komentar
yudi
AUTHOR
6:42 PM delete

Wah.. sampai sekarang saya belum pernah ke Pampang.... :D

Reply
avatar
10:45 PM delete

Saya juga baru sekali ke desa pampang. Heheh . Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Reply
avatar
Ika Koentjoro
AUTHOR
12:59 AM delete

Pengen ke islamic center sama desa pampang. kayaknya seru tuh

Reply
avatar
rahmi
AUTHOR
11:32 AM delete

keren2 banget maak, suatu saat saya akan ke sana *optimis*

Reply
avatar
Rosita Dani
AUTHOR
4:28 PM delete

Belum pernah ke sana mak, tempatnya bagus2 ya :-)

Reply
avatar
HM Zwan
AUTHOR
6:47 PM delete

okeh,catettt...semoga bisa sampai samarinda ^^
salam kenal mak

Reply
avatar
Shinta Ries
AUTHOR
2:28 AM delete

adekku pernah hilang di citra niaga qiqiqi tapi itu 15 tahun lalu yang citra niaganya masih bagus dan bersih ^^

Reply
avatar
1:55 PM delete

Semoga bisa ke Samarinda, amiiin...

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
9:36 PM delete

ternyata destinasi di luar jawa juga tidak kalah indah untuk dikunjungi, jadi berharap suatu waktu dapat kesana

Reply
avatar
4:11 PM delete

Mampir ya di eastkalimantancenter.blogspot.com pusat #oleholehkaltim #oleholehsamarinda #onestopshopping Jl. Antasari Samarinda.. Recommended

Reply
avatar
5:43 AM delete

ayo mak ika.. kapan kapan kemari. nanti aku ajak jalan jalan yak :)

Reply
avatar
5:44 AM delete

aminnn... aku turut mendoakan ya mak. optimis mak pasti bisa ke samarinda :)

Reply
avatar
5:45 AM delete

ayo mba rosita datang ke kaltim. saya doakan ada kesempatan kesini ya. aminn

Reply
avatar
5:46 AM delete

salam kenal juga :) semoga bisa mengunjungi tempat tempat itu kalo ke samarinda ya.. aminn

Reply
avatar
5:48 AM delete

hihihi.. 15 tahun lalu memang masih jadi idola citra niaga mak. srkarang dah banyak mall. tapi citra niaga tetap dianggap tempat khas samarinda sih yaa...

ya ampun, adikmu pernah hilang disana mak? aku juga pernah kehilangan adik sepupuku pas kesana. untungnya ketemu. hihihi

Reply
avatar
5:49 AM delete

aminnn.. semoga memang ada kesempatan kemari ya mak

Reply
avatar
5:51 AM delete

sebenarnya banyak hal di daerah kaltim yg bagus tempatnya mak.tidak kalah ama di jawa. hanya saja memang btuh proses waktu untuk bisa terpromosikan secara luas :) mudah mdahan mak bisa langsung liat kemari ya...

Reply
avatar
5:53 AM delete

wah.. makasih informasijya ya msk

Reply
avatar
7:38 PM delete

9 Executive Spa Samarinda adalah cara terbaik untuk melepaskan diri dari STRESS! Stay awake ... Happy Relaxation and Enjoy With Us lets Now. highly recommended in a town!!! www.nine-spa.com

Reply
avatar