Mengenal Lebih Dekat Blogger Fauzia Subhan

12:58 PM 25 Comments A+ a-


Rasanya senang sekali saya bisa berkenalan lebih dekat dengan teman-teman blogger dan menuliskan kisah mereka di blog saya.  Selalu ada cerita dan manfaat yang saya dapatkan dari teman-teman blogger tersebut.

Nah, kali ini saya akan menuliskan mengenai salah satu sosok mom blogger yang tidak kalah kerennya.  Sosok mom blogger tersebut adalah Fauziah Subhan  atau yang akrab saya  panggil dengan mba Zia Subhan.  Saya mengenal mba Zia, selain beberapa kali mengunjungi blog beliau, juga karena kami sama-sama bergabung dalam komunitas blogger yang sama.

Selain sebagai blogger, mba Zia juga seorang guru private. Tentu saja berbagai aktifitas tersebut tidak melupakan tugas utama mba Zia sebagai ibu rumah tangga dari ibunda dari Vito, putranya. Dalam blog mba Zia, saya membaca tulisan mba Zia mengenai putranya tersebut. Saya langsung bisa membayangkan bagaimana kehadiran Vito membuat kebahagiaan dan kekuatan tersendiri bagi mba Zia.  Apalagi melihat foto-foto kebersamaan dengan Vito di berbagai akun sosmed mba Zia.

Dalam bagian about Me di blognya, mba Zia menjelaskan kalau ia sangat menyukai dunia penulisan. Baik sebagai penulis lepas, blogger, maupun citizen journalist. Ada banyak hal yang bisa ia dapatkan dengan menulis. Dan yang lebih menarik lagi, selain suka mendengarkan musik, ia juga bisa memainkan beberapa alat musik seperti gitar, piano dan biola. Benar-benar multi talenta banget ya.

Oh ya, kita lanjut bicarain mengenai blog mba Zia ya. Ada banyak hal yang membuat saya tertarik mengenal lebih dekat dengan mba Zia. Salah satunya karena mba Zia punya blog khusus berbahasa Inggris yaitu www.zeelhouette.com. Terus terang saja, saya agak jarang menemukan blogger Indonesia yang menuliskan isi blognya dengan bahasa Inggris. Mba Zia merupakan  salah satunya. 

Tentu saja, menulis dengan bahasa Inggris di blog bukanlah perkara yang mudah. Selain harus memperhatikan bagaimana tata bahasa inggris yang benar, penulis juga harus bisa membuat tulisan di blognya tetap enak di baca. Dan mba Zia bisa melakukannya dengan baik, sehingga menjadikan blognya juga menarik untuk di baca.


Selain itu juga, ternyata mba Zia juga mempunyai blog dalam bahasa Indonesia juga. Alamat blognya yaitu  www.ruangbacadantulis.com . Nah, disini lagi letak kekaguman saya dengan mba Zia. Saya benar-benar salut dengan cara mba Zia konsisten mengisi kedua blognya, yang mana kedua blog tersebut selain berbeda bahasa, juga memiliki kelebihan masing-masing. 

Saya  langsung membayangkan diri saya yang kadang masih sering belum konsisten mengurus blog sendiri. Sepertinya saya harus lebih banyak belajar dari mba Zia nih, tentang bagaimana bisa terus konsisten menulis di blog. Termasuk bagaimana cara menulis dalam bahasa inggris hingga enak di baca dan di pahami.

Saya sempat bertanya pada mba Ziah bagaimana cara agar tetap konsisten menulis blog. Mba Ziah mengatakan bahwa selama ini ia menulis  minimal 1 atau 2 pos di kedua blognya.  Selain itu juga aktifitas ngeblog  dijadikan kegiatan positif untuk mengisi waktu. 

Ia terus berupaya tetap konsisten menulis di blog zeelhouette.com dengan bahasa Inggris supaya ilmu yang di dapatkan  selama ini tidak menguap begitu saja. Sedangkan untuk blog ruangbacadantulis.com  pun ini jadi pemicu untuk tetap menulis dan berbagi. Berbagai alasan inilah yang membuat mba Zia menjadi semangat dan konsisten dalam mengisi blognya.

Apabila mengamati dari blog mba Zia, ada beberapa label tulisan yang bisa saya dapatkan disini. Mba Zia termasuk blogger yang juga rajin mengklasifikasikan berbagai tulisan  dalam label kategori. Tentu saja ini memudahkan bagi pembaca untuk mencari tulisan yang sesuai dengan kategori yang mereka inginkan.

Ada berbagai label kategori yang bisa di  temukan di blog mba Zia yaitu Parenting dan perkembangan anak, dunia pendidikan, teknologi, kesehatan, kecantikan, musik, puisi, cerpen, traveling, opini,  dan review. Saya juga jadi tahu kalau mba Zia kerap di undang atau mengikuti  seminar ataupun mengulas berbagai review produk maupun review  kegiatan dari blog ini. Misalnya saja saat mba Zia diundang menghadiri dalam acara  yang di adakan oleh satu brand terkenal.

Di blog ini juga mba Zia sering berbagi pengalaman pribadi ataupun pemikirannya kepada pembaca.  Saya juga terkesan dengan berbagai opini yang saya baca di blog mba Zia. Rupanya mba Zia juga memiliki berbagai argumen dan pemikiran pribadi terkait topik yang di angkat. Ini juga menjadi salah satu point khas dari blog mba Zia.

Nah, yang menarik lagi, ternyata mba Zia juga pencinta puisi dan cerpen,  sama seperti saya. Saya menemukan tulisan-tulisan cerpen dan puisi karya mba Zia di blog ini. Sungguh sebuah kejutan lagi bagi saya. Apalagi mba Zia juga sudah menghasilkan karya antologi puisi , dan hal ini membuktikan kalau memang mba Zia kecintaan yang besar dalam bidang sastra.

Baiklah, sekarang saya akan menampilkan hasil wawancara langsung saya dengan mba Zia melalui chatting. Sengaja saya menanyakan pertanyaan-pertanyaan point penting, yang memang membuat saya  penasaran untuk mengetahui jawabannya langsung dari mba Zia.

Kalau boleh tahu, kapan mba Zia mulai menekuni aktifitas blogging, dan apa yang melatar belakangi untuk terjun ke dunia blogging?

Saya mulai mengenal dunia blog sebetulnya sudah hampir 10 tahun yang lalu, tepatnya dari 2006. Awalnya blog saya zia-blog.blogspot.com, posting masih seputar curhat, puisi, atau tulisan iseng.
Kebetulan suami bergerak di bidang IT dan cyber, mendaftarkan blog saya menjadi private domain. Dari situ saya muali belajar tentang dunia blog dan saya pun akhirnya bergabung dengan berbagai komunitas blogger 2 kebelakang ini.

Apakah ada alasan khusus hingga mba membuat blog www.zeelhouette.com dalam bahasa Inggris?

Saya menggunakan nama zeelhouette.com untuk blog saya. Nama ini diambil dari panggilan pendek saya zee dan gabungan dengan kata shilouette (bayangan) filosopinya bisa dimaknai bahwa blog ini adalah salah satu refleksi diri dan kehidupan saya sendiri, maka terciptalah zeelhouette.
Mengapa blog zeelhouette dalah bahasa Inggris? Karena kebetulan saya mengambil kuliah dengan jurusan Bahasa Inggris, blog bisa menjadi salah satu media saya belajar dan mengembangkan keterampilan menulis terutama dalam bahasa Inggris.

Bisa di jelaskanperbedaan yang signifikan dari isi blog  www.zeelhouette.com dan www.ruangbacadantulis.com, selain dari sisi bahasa yang di gunakan tentunya?

Pada 2014 saya pun membuat blog khusus dalam bahasa Indonesia yaitu www.ruangbacadantulis.com, karena saya banyak bergabung dengan komunitas blogger Indonesia. Sebetulanya tidak ada perbedaan yang signifikan selain dari penyajian bahasanya, materi blog post antara ke dua blog saya sama-sama meliputi seputar parenting, pendidikan, dan gaya hidup.

Apa harapan mba Zia terhadap aktivitas blogging yang dilakukan saat ini?

Semoga dari blog saya bisa membagi informasi, ilmu pengetahuan, ataupun hikmah hidup yang bisa diambil pelajarannya dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Jika kesulitan ide, biasanya mbak melakukan apa?

Jika kesulitan ide, biasanya saya lebih banyak membaca, bermusik, dan kalau mood sudah oke, ide pun biasanya datang tanpa terduga

Apa pencapaian terbesar dari aktivitas blogging mbak? 

Sedikit-sedikit saya belajar monetizing, dan alhamdulillah dari blog banyak tawaran content writing / placement, undangan blogger untuk gathering / seminar, juga bisa bertemu dan mengenal banyak blogger hebat dan professional.

Ada pesan kah untuk teman-teman blogger lainnya?

Pesan untuk teman-teman blogger, semoga bisa terus saling berbagi dan  menginspirasi satu sama lain.



Dari hasil wawancara dengan mba Zia, saya juga bisa menyimpulkan bagaimana mba Zia terjun dalam dunia menulis dan konsisten menjalankan  kedua blognya. Ada banyak manfaat yang bisa di rasakan mba Zia dalam kegiatan menulis dan blogging.   

Selain itu juga, saya  juga baru mengetahui kalau mba Zia  memiliki berbagai pengalaman serta penghargaan seperti yang tercantum di dalam blognya, sebagai berikut :

2016 Freelance Writer (Optify)
2015 Correspondent (media online)
2013 Contributor - Book of Anthology "100 Penyair Perempuan dalam Puisi" (KPPI)
2012 Freelance writer (InboundID)
2012 English Teacher (Sony Sugema College)
2011 Nominator - top 30 (from 596 participant) fiction competition Dumala Pustaka Publisher
2008 Correspondent of Media Indonesia and Galamedia
2007 Participant of Journalism Workshop with Media Indonesia
2007 Participant of 2-Days Journalism Workshop with The Jakarta Post
2005 Protocol at the Asian - African Summit 2005 and Commemoration of the Golden Jubilee of the Asian - African Conference 1955
2003 Delegation (representative) from West-java for National Arts Jamboree in Jakarta


Bagi teman - teman yang ingin mengenal lebih dekat lagi mba Fauzia Subhan, bisa langsung kontak ke :

Email: s.fauzia1987@gmail.com  siti.fauzia@zeelhouette.com
Twitter: @ziasubhan
Facebook: Fauzia Subhan
Instagram: ziasubhan
Pinterest: ziasubhan
Linkedin: S. Fauzia Subhan

25 komentar

Write komentar
Santi Dewi
AUTHOR
7:03 PM delete

mantap tulisannya mba Yuni :) Saya baru kenal sama mba Zia karena arisan link ini :)

Reply
avatar
Ipeh Alena
AUTHOR
12:44 AM delete

Saya baru kenal juga nih sama mba Zia, tertarik juga dengan blognya yang isi tulisannya bahasa inggris. Kebetulan saya juga lagi pingin belajar menulis blog dengan bahasa inggris, siapa tau jadi ketularan bisanya :)

Salam kenal mba Zia

Reply
avatar
titik suswati
AUTHOR
12:54 AM delete

Salam kenal ya mb ziah
Sy teman mb yuni juga ada di grup bloger. Cuma jarang buka grypnya karena terkendala laptop nya

Reply
avatar
titik suswati
AUTHOR
12:55 AM delete

Salam kenal ya mb ziah
Sy teman mb yuni juga ada di grup bloger. Cuma jarang buka grypnya karena terkendala laptop nya

Reply
avatar
12:56 AM delete

Mba Yuni, makasih banyak reviewnya. Duhhh jadi malu hehehe. Alhamdulillah segala puji bagi Allah.

Mba Yuni semangat terus, orang-orang seperti mba lah yang terus menginspirasi untuk tetap semangat dan terus membagi pengalaman yang bisa menguatkan.

Sehat dan tetep semangat ya mba. *peluksayang 😘😘😘

Reply
avatar
12:58 AM delete

Iya saya juga baru kenal lebih dengan blogger-blogger keren dari arisan link blogger.

Salam hangat mba santi Dewi. :*

Reply
avatar
1:01 AM delete

Makasih mba Ipeh. saya juga masih belajar terus kok. Pasti bisa juga mba. Semangattt... :)

Salam kenal ma Ipeh. :*

Reply
avatar
1:02 AM delete

Hallo mba Titik, eheheh saya juga satu komunitas dengan mba Yuni. Nah jangan-jangan kita di payung yang sama. hihihi

Kita bisa keep in touch via sosmed yg lain langsung dr hp. :)

Salam kenal juga mba Titik. :*

Reply
avatar
Liswanti
AUTHOR
3:45 PM delete

Saya baru mengenal mba Fauzia
Salam kenal ya mba

Reply
avatar
4:49 PM delete

Terima kasih ya mba santi dewi sayang. Benar mba, lewat arisan ini kita jadi semakin mengenal satu sama.lain

Reply
avatar
4:50 PM delete

Hehhehe iya mba ipeh. Saya juga kudu belajar sama mba zia untuk urusan bahasa inggris. Blog bahasa inggrisnya kereee

Reply
avatar
4:50 PM delete

Hallooi ummi titik. Makasih sudah berkunjung ya umi sayang

Reply
avatar
4:51 PM delete

Makasih ya mba zia sudah berkenan aku wawancarai juga. Makasih juga untuk semangat dan doanya

Reply
avatar
4:52 PM delete

Iya mba. Nanti di sampaikan salamnya ke mba zia. Mudah mudahan nanti dia baca lagi blog ini

Reply
avatar
Susan
AUTHOR
4:08 AM delete

Issh mantap banget bakatnya mba Zia...Nulis oke, musik oke, Bahasa Inggris keren...whiiyyy....

Aku juga terharu dengan semangat nulisnya mba Yuni..hampir selalu setor tulisan duluan.
Semoga semua pengobatan dan usaha penyembuhan mba Yuni dilancarkan ya... Amin.

Reply
avatar
12:10 AM delete

Sama-sama mba Yuni. Terima kasih kembali.

Peluk sayang... muahhhh

Reply
avatar
Irawati Hamid
AUTHOR
10:51 PM delete

baru baru tahu Mba Zia setelah membaca tulisan ini :)
salam kenal Mba Zia, dan terimakasih buat Mba Yuni yang sudah menuliskan profil Mba Zia hingga akhirnya saya bisa mengenalnya :)

Reply
avatar
8:11 AM delete

Iya mba susan.kita kudu belajar nih sama mba zia biar lancar bahasa inggrisnya .

Makasih ya mba susan untuk doanya

Reply
avatar
8:11 AM delete

Halo mba Ira. Terima kasih sudah membacanya ya mba. S

Reply
avatar
7:40 AM delete

yang nulis kecee
Yang direview pun keceee

Reply
avatar
7:19 AM delete

Hallo mba Lisna, salam kenal juga ya... :*

Reply
avatar
7:23 AM delete

Hai mba. Hmmm mba Susan juga keren bahasa Inggrisnya. Saya mah masih belajar. Hehehehe

Aamiin juga untuk doanl kesehatan untuk mba Yuni. Semangat terus ya mba Yuni Sayang :&

Reply
avatar
7:25 AM delete

Salam kenal mba Irawati. Iya mba Yuni yang pertama review tentang saya. Dengan kondisi keaehatan seperti ini mba Yuni masih semangat 45 untuk berkarya.

Tetap menginspirasi ya mbak.

Reply
avatar
7:25 AM delete

yang komen juga kece... hehehe

*Pelukkkk

Reply
avatar
12:11 AM delete


Jadi ingat belum buat review Mbak Zia, upps!
I better do it, immediately

Konsisten mengasuh 2 blog itu, luar biasa.

Reply
avatar