Vonis Kanker Pertamaku

11:44 AM 0 Comments A+ a-

saya masih ingat saat pertama kali di vonis kanker tiroid stadium lanjut yang sudah bermetase ke tulang belakang. Hari itu merupakan hari bersejarah dalam hidup saya  Ya, hari itu saya resmi menjadi pasien kanker tiroid. Hal yang tidak pernah terbayangkan dalam hidup saya

Berawal dari sakit pinggang terus menerus yang saya rasakan. Awalnya saya pikir hanya salah posisi atau syaraf kejepit. Bolak balik berobat bahkan mencoba berbagai pijit dan obat. Tapi hasilnya tidak berubah, malah saya merasakan sakit pinggang bertambah parah. (Cerita ini pun saya singgung di buku Kanker Bukan Akhir Dunia)

Akhirnya mama memaksa saya konsultasi ke dokter tulang. Ya, dokter bedah tulang itu bernama Dr. Yasser Ridwan. Setelah berkonsultasi dan mencoba berbagai gerakan sederhana sesuai instruksi, seperti jongkok, berjinjit, rukuk, dan semua saya lakukan sambil meringis menahan nyeri hehehe.. Dokter Yasser meminta saya untuk CT Scan tulang belakang.

Hasil CT Scan sangat mengejutkan, beberapa lumbal tulang belakang saya rusak, bahkan ada pula yang hilang. Dari situlah dokter meminta saya untuk pemeriksaan lanjutan. Saya juga menyampaikan ke beliau kalau saya memiliki benjolam kecil di leher yang baru-baru muncul.

Mulailah berbagai pemeriksaan dilakukan, dari cek darah, romtagen paru hingga biopsi benjolan di leher. Hasil biopsi lebih mengejutkan. Saya tervonis kanker tiroid. Ya, ternyata tulang belakang yang tidak cantik lagi itu, disebabkan oleh metase atau penyebaran kanker tiroid.

Dokter Yasser lalu merujuk saya ke dokter onkolgi untuk tindakan pengobatam selanjutnya. Namun begitu, beliau tetap menangani pengobatan tulang saya sebelum beliau melanjutkan sekolah kedokteran lagi.

Kemarin, saat kontrol ke rumah sakit, bertemu kembali dengan Dokter Yasser. Saya pun secara khusus memberikan buku Kanker Bukan Akhir Dunia kepada beliau, sebagai tanda terima kasih saya atas kebaikan beliau. Semoga Allah membalas kebaikan beliau yang telah membantu saya dan pasien lainnya. Amin..

notes : wajah saya kuyu banget ya hihihu..efek flu beraat. Kalah keren dengan dokter Yasser yang fresh hihihi