Lebih Dekat dengan Sari Azis - Mengenal Penulis Kaltim (bagian 1)

9:05 PM 3 Comments A+ a-




sari Azis, sang Novelis & Cerpenis Kaltim

Cantik, cerdas, ramah, dan sarat prestasi. Itulah penilaian pertama saya saat berkenalan dengan Sari Azis, seorang penulis yang juga novelis asal Samarinda.  Pertemuan kami terjadi tidak sengaja saat kami sama-sama di undang oleh Amien Wangsitalaja untuk menghadiri rapat di Kantor Balai Bahasa Provinsi  Kaltim di tahun 2005.  Sejak saat itu, hubungan saya dan  Sari semakin erat karena memiliki kesamaan hobi menulis.  Terlebih kami berdua sering terlibat berbagai kegiatan penulisan dan sastra di Kaltim, serta telah menjalankan beberapa proyek penulisan bersama.


Perempuan kelahiran Samarinda, 6 Agustus ini memang sarat dengan prestasi.   Sari Azis merupakan salah satu pionir novelis perempuan asal Kaltim yang novel perdananya diterbitkan secara nasional oleh Penerbit Gagas Media di tahun 2005.  Novel bergenre chicklit dengan judul Sstt I’m Playgirl rupanya membius pembaca novel di Indonesia sehingga di cetak ulang kembali.  Tentu saja hal itu membuat nama Sari Azis semakin populer dalam kalangan penulis, khususnya di Kaltim.   Selanjutnya di tahun 2013, ia pun mengeluarkan novel dengan judul yang sama dengan novel perdananya dan di terbitkan oleh Penerbit Araska.

Selain sebagai penulis, ia pun berprofesi sebagai editor freelance,  kontributor majalah Good Housekeeping Jakarta, anggota Dewan Perpusda Kalimantan Timur dan kerap  menjadi juri lomba pernulisan.   Alumnus Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Mulawarman sadar bahwa kecintaannya pada dunia menulis terkait dengan hobinya membaca.  Ia bahkan memulai menulis sejak duduk di bangku SD (Sekolah Dasar) yang dituangkan dalam buku diari.  Sehingga tidak salah ia telah menjadi ediotor dalam beberapa buku, antara lain  Antologi Cerpen Perempuan Kaltim yang berjudul  Badadai, dan buku Kehamilan yang Menakjubkan  yang berisi kisah-kisah inspirasi mengenai kehamilan.


Sari Bersama Beberapa Buku yang Memuat Karyanya


Selain itu, tulisan Sari pun masuk di berbagai buku yang terbit secara nasional,   antara lain Antologi cerpen remaja yang diselenggarakan Pusat Bahasa Diknas, Jakarta.  Beberapa cerpennya dimuat di majalah Femina, harian Tribun Kaltim, Kompas.com, buku Kupu-Kupu di Bantimurung Antologi Cerpen Remaja III (Yayasan Obor, Jakarta, 2003), Bola Salju di Hati Ibu Antologi Cerpen Remaja IV (Yayasan Obor, Jakarta, 2003), Sayap Baruku Seperti Bintang (Mahatari, Yogya, 2006), Samarinda Kota Tercinta (Araska, Yogya, 2007), Perca (BWC, 2010), Kalimantan dalam Prosa Indonesia (2011), Kalimantan Timur dalam Sastra Indonesia (2011).

Ada hal menarik yang saya cermati dari karya-karya Sari Azis.  Sari memiliki gaya penulisan yang berbeda dari penulis lainnya.   Ia menulis dengan cermat dan berbobot, dan kerap memasukkan pemikirannya yang berwawasan luas dalam hampir setiap tokoh dalam tulisannya. Tema yang kerap diangkat mengenai perempuan lajang dan independent. Alasanya mengangkat tema tersebut karena sering ia alami sendiri keseharian. Tentu saja karakter Sari yang begitu kuat dapat terbaca dalam karya-karyanya. 

Di beberapa karyanya bahkan ia pun mengangkat  mengangkat setting lokalitas Kaltim menjadi bahasan utama.  Seperti cerpen Badadai yang menjadi judul dari buku Antologi cerpen yang ditulisnya bersama sekitar 20 penulis perempuan asal Kaltim.   Cerpen Badadai ini sempat menjadi bahasan di kalangan dunia penulisan nasional,  karena selain mengambil judul yang unik, kisah yang diangkat pun benar-benar menampilkan setting Kalimantan Timur.

Walaupun karya-karya sudah terpublikasi secara luas di nasional, namun Sari tetap bersahaja.  Bahkan namanya di daulat sebagai salah satu Perempuan Penulis Indonesia yang dimuat dalam buku Profil Perempuan Pengarang dan Penulis Indonesia, yang di tulis oleh Kurniawan Junaedi diterbitkan Penerbit KosaKata.  Buku ini memuat nama-nama perempuan pengarang dan penulis Indonesia dari jaman dulu sampai saat sekarang.   Selain Sari Azis, ada beberapa nama penulis perempuan Kaltim yang masuk buku tersebut, diantaranya Shantined, Daian, Unis Sagena, Atiek Sulistyowati, dan Atiek Sri Rahayu. Hal ini menjadi salah satu kebanggaan bagi Kaltim, mengingat beberapa perempuan penulis asal Kaltim masuk di buku yang cukup di cari saat ini.

Saat ini Sari sedang mengerjakan proyek menulisnya, yaitu  sebuah novel, diary komedi kedua, serta proyek novel  yang dikerjakan bersama penulis Kaltim lainnya yaitu Amien Wangsitalaja, Inni Indarpuri dan Tri Wahyuni Zuhri.    Saat ini ia pun melirik usaha di bidang kuliner yang sesuai dengan hobby nya memasak. Sejak Lebaran kemarin, ia bahkan menerima banyak sekali orderan   produksi kue.  Sari mulai kembali menekuni kariernya sebagai perancang busana dan membuat bisnis  online fashion bersama  sahabat akrabnya, Lenny Syafarina.  Maka tidak salah dalam keseharian dia tampak berpenampilan modis dan bersahaja.


Cantik dan Fashionable




Dalam sebuah perbincangan hangat saya dengan Sari, ia berpendapat dunia penulisan di Indonesia sudah mulai marak saat ini.  Begitu pula kehadiran para penulis muda khususnya penulis perempuan yang  mulai melahirkan banyak karya produktif.  Sari pun berharap  akan banyak lagi penulis asal Kaltim  yang mampu menembus penerbit nasional dan karya-karya mereka disejajarkan dengan penulis nasional lainnya. Semoga...

3 komentar

Write komentar
Yuni Handono
AUTHOR
2:46 PM delete

Sangat inspiratif ceritanya mbak, semoga sosok mbak Sari Aziz bisa menginspirasi semua wanita di Indonesia untuk menulis, karena menulis bukan hanya menuangkan ide namun juga bisa sebagai wadah berbagi dan menjadikan ladang penghasilan

Reply
avatar
2:38 AM delete

Amin .. amin.. semoga akan banyak wanita Indonesia yang bisa berbagi lewat tulisan :)

Reply
avatar
Sari Azis
AUTHOR
3:42 PM delete

Tengkyu, Yuni. Aku jadi tersanjung. Akhirnya aku kembali ngeblog lagi ini. Hihihi.

Reply
avatar