Resensi Buku Balita Bertanya Anda Menjawab : Ketika Anak Bertanya dengan Kritis

8:37 PM 1 Comments A+ a-

resensi buku Balita Bertanya Anda Menjawab di Tabloid My Mommy

 Beberapa waktu lalu saya sempat menulis Resensi salah satu buku dari teman saya Pritha Khalida.  Buku ini berjudul Balita Bertanya, Anda Menjawab.  Sebuah buku yang bisa di jadikan rekomendasi bagi para orang tua untuk menjawab pertanyaan anak-anak.  

Oh ya... ada pula teman yang bertanya, bagaimana cara mengirimkan tulisan ataupun resensi ke tabloid my mommy.  Silahkan saja klik di sini ya.. Cara Mengirimkan tulisan dan Resensi Ke Tabloid My Mommy  .  Tabloid My Mommy juga menerima tulisan mengenai surat bunda, My birthday, surat ayah, dll.  Ketentuannya lengkap di sana. :)


-------------------------------------------


Ketika Anak Bertanya dengan Kritis


Judul : Balita Bertanya, Anda Menjawab
Penulis : Pritha Khalida dan Sianiwati Sunarto Hidayat
Penerbit : Panda Media
Halaman : 210
Tahun : 2014

Memiliki anak merupakan anugrah yang luar biasa dari Allah. Apalagi bila si anak tumbuh dengan sehat dan cerdas. Salah satu bentuk kecerdasan anak yaitu dengan bertanya banyak hal yang ingin di ketahui kepada orangtua.

Awalnya anak akan bertanya hal-hal yang masih bersifat sederhana, dan biasanya orang tua bisa menjawabnya dengan mudah. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan bertanya anak semakin pesat dan menjadi kritis. Tidak jarang orang tua menjadi kewalahan dan bingung menjawabnya.

Buku Balita Bertanya, Anda Menjawab ditulis secara duet oleh Pritha Khalida dan Sianiwati Sunarto Hidayat. Kedua penulis berbasic pendidikan psikologi. Pritha sendiri merupakan penulis produkif yang telah meghasilkan banyak karya. Sedangkan Sianiwati saat ini menjadi staff pengajar fakultas psikologi. Ia kerap diundang memberikan ceramah dan penyuluhan terkait psikologi. Buku ini sengaja ditulis keduanya untuk membantu orang tua menghadapi pertanyaan yang biasa di ajukan sang anak.

Ada sebanyak tujuh bab di dalam buku Balita Bertanya, Anda Menjawab. Dimana masing - masing bab menjelaskan pertanyaan apa sja yang ditanyakan anak serta bagaimana memberikan solusi jawaban yang tepat sesuai usia anak. Keseluruhan bab tersebut berisi 60 pertanyaan kritis anak. Dimana tiap bab di bagi kembali sesuai tema yang biasa ditanyakan anak. Bab-bab tersebut yaitu Balita dan Anak , Balita dan Alam Sekitar, Balita dan tubuhnya, Balita dan Seks, Balita dan Orang tua, dan Celoteh Balita Lainnya.

Penulis pun memberikan 3 tips sederhana untuk mengadapi pertanyaan sulit dari anak. Tips pertama yaitu tetap tenang, yaitu berusaha mencerna latar belakang anak bertanya. Kedua, memberikan jawaban sejujur mungkin dengan bahasa yang lebih sederhana sesuai dengan daya tangkap anak. Ketiga, seadainya memang pertanyaan tersebut membingungkan, tidak ada salahnya ditangguhkan dulu menjawabnya sembari mencoba mencari jawaban yang tepat nantinya.

Dengan memberikan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan si anak, tentunya akan meningkatkan kecerdasan si anak sendiri. Selain itu dapat membangun komunikasi yang sehat dan efektif kepada anak. Jadi tidak perlu bingung lagi mencari jawaban pertanyaan anak, karena dari isi buku ini bisa di jadikan rekomendasi bagus untuk di baca



Tabloid My Mommy yang memuat tulisan resensi saya

1 komentar:

Write komentar
7:14 PM delete

Mba Yuniiiii terharu sekali rasanyaaa... Terimakasih ya :) Muuach!

Reply
avatar