Resensi Buku Kiki si Kijang Kuning : Bersahabat dengan Teman Baru

8:22 AM 0 Comments A+ a-


Judul Buku : Kiki si Kijang Kuning
Penulis : Tri Wahyuni Zuhri
Penerbit : Andi Publishing
Halaman : 26
Tahun : 2014

Kiki, si kijang kuning merupakan anak tertua dari dua bersaudara. Keputusan kedua orang tuanya untuk pindah rumah, membuat hati Kiki sedih. Kiki harus kehilangan teman-teman di tempat tinggal lamanya.

Mimi, sang adik berusaha membujuk Kiki untuk bermain bersama teman-teman yang baru. Namun, Kiki menolaknya, karena ia merasa teman lamanya lebih baik dari pada teman baru. Padahal, Mimi sudah berteman baik dengan teman-teman baru.

Sang ibu yang melihat kesedihan Kiki berusaha menghiburnya. Ibu menjelaskan alasan kepindahan mereka ke tempat yang baru. Ayah ingin di tempat yang baru bisa terpenuhi kebutuhan hidup dan makan untuk keluarga. Mendengarkan alasan ibu, Kiki akhirnya mengerti. Ia pun bersama Mimi mulai bersahabat dengan teman-teman baru.
Kisah Kiki, si Kijang Kuning mengisahkan kehidupan sehari-hari dalam sebuah keluarga. Tri Wahyuni Zuhri selaku penulis, berusaha menunjukkan hikmah dan nilai moral yang bisa diambil dalam buku ini. Setiap anak yang baik dan patuh pada orang tua,tentunya akan di senangi oleh teman-temannya.

Kijang Kuning Kalimantan sering pula disebut Muncak Keemasan dengan nama latin Munctiacus atherodes. Kijang ini suka sekali memakan daun muda, akar tanaman, buah - buahan dan rumput. Kijang berkembang biak dengan cara melahirkan dan termasuk hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang langka.


(dimuat di Harian  Tribun Kaltim, 7 Desember 2014)