Edukasi Kesehatan Sejak Dini

5:52 AM 0 Comments A+ a-



Beberapa teman mungkin sering bertanya kepada saya, mengapa saya belakangan ini sering mengkampanyekan mengenai pentingnya kesehatan. Bukan hanya itu, saya kerap sekali mengingatkan untuk tetap memperhatikan kesehatan mereka walaupun kondisi sesibuk apapun.

Mengapa demikian? Salah satu alasan karena memang saya tahu, SEHAT itu adalah anugrah Allah yang tidak ternilai harganya, yang terkadang kerap kita sepelekan. Namun saat rasa SAKIT itu mulai datang, barulah kita menyadari betapa pentingnya SEHAT. Banyak hal yang bisa kita lakukan saat tubuh SEHAT dan BUGAR.

Namun tidak berarti saat SAKIT, kita tidak bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat. Tetap saja hal itu bisa dilakukan. Semua tergantung pada cara berfikir atau mindset kita dalam menghadapi SAKIT tersebut.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman yang saya kenal, maka perhatikan betul kondisi fisik dan kesehatan kita. Seandainya memang ada perubahan atau keadaan pada fisik, misalnya sakit flu batuk yang tidak kunjung sembuh, tubuh yang rentan sakit, timbulnya perubahan fisik seperti muncul benjolan atau cairan yang tidak semestinya, dll. Sebaiknya jangan disepelekan.



Cara yang terbaik adalah mencari tahu atau berkonsultasi pada orang yang tepat. Saat sekarang informasi dan teknologi sangat berkembang dengan pesat. Informasi dan konsultasi bisa dilakukan secara tatap muka dengan orang yang tepat, bisa yang berkecimpung dalam medis seperti dokter, ataupun ahli herbal.

Disamping itu kita bisa memanfaatkan jaringan teman untuk saling sharring. Siapa tahu ada teman, keluarga yang pernah mengalami kondisi yang sama seperti yang kita alami. Media informasi pun sangat membantu sekali. Kita bisa memanfaatkan mbah google, buku-buku, media majalah, koran untuk mencari informasi lebih banyak.

Namun tetap saja hal yang terpenting adalah selalu memelihara pikiran positif alias Positif thinking, bersyukur, ikhtiar, dan berdoa. Karena bagaimana pun juga, apa yang kita dapat dan rasakan hingga saat ini merupakan kehendak dan kuasa dari Allah.

So.. Tetap semangat, positif dan terus perhatikan kesehatan kita 

With love

Yuni Zuhri