Renungan : Arti Sebuah Kehidupan

5:53 PM 0 Comments A+ a-


Pernah suatu ketika, saya  bertanya dalam hati. Mengapa Allah memberikan kejutan besar dengan menghadirkan kanker dalam tubuh saya? Apakah tidak cukup dengan kejutan-kejutan besar lain yang sudah saya lalui, hingga  di tambah  kejutan lain berupa kanker ini? Dan entah berbagai pertanyaan lain yang berayun-ayun di kepala saya.

Namun, seiring perjalanan waktu, ternyata  dari kejutan-kejutan besar yang di berikan Allah, termasuk di dalamnya Kanker, saya menemukan berbagai hikmah di dalamnya.  Saya bukan hanya belajar dan terus belajar mengenai makna kehidupan sesungguhnya, bahwa hidup bukan hanya tentang siapa kita dan apa yang kita inginkan. Tetapi hidup lebih dari itu.

Saya terus belajar mengenai essensi kehidupan ini. Bahwa manusia juga terikat dalam hubungan dengan Pencipta serta hubungan dengan sesama manusia. Dimana saya menjadi lebih yakin dan percaya, bahwa Allah memang sudah mengatur sebaik-baiknya hidup saya sesuai skenario Nya.  Saya hanya tinggal berusaha menjalani dan terus mendekatkan diri padaNya.

Percaya atau tidak, kehadiran kanker menjadi selalu pengingat  kepada saya, agar selalu mengingat Allah dalam setiap langkah dan nafas kehidupan saya. Sesederhana dan sesimple itu, tetapi ternyata saya membutuhkan lebih banyak keberanian dan kekuatan untuk menemukan essensi istimewa tersebut.

Disisi lain, kondisi ini membuat saya lebih mengerti bagaimana menjalin hubungan antar sesama manusia. Ini bukan hanya sekedar terus  menjalin hubungan yang baik, komunikasi dan menjaga silaturahmi saja. Tetapi bagaimana pula kita bisa terus memberikan kebaikan-kebaikan serta berbagi manfaat bagi orang lain. Tidak peduli seberapa kacaunya Kanker mengusik tubuh saya, tetapi itu tidak akan mengubah keinginan saya untuk terus berkoneksi dan berbagi kepada sesama.

Saya juga menemukan banyak kebahagiaan-kebahagian yang tentu saja tidak pernah saya sangka.  Saya menemukan banyak cinta dan kasih yang tulus dari keluarga,sahabat, teman-teman dan bahkan dari orang-orang yang baru saya kenal.  Allah seakan menunjukkan kepada saya, bahwa ada banyak orang yang begitu menyayangi dan mendukung saya. Tinggal bagaimana saya menjalaninya dan selalu bersyukur dengan segala keadaan yang ada.

Terima kasih untuk semuanya...