Pertemuan Perdana Komunitas Support Kanker Kaltim

7:22 PM 0 Comments A+ a-


Alhamdulillah, hari Jumat, 5 Agustus 2016 , saya berkesempatan untuk berkumpul bersama para suvivor kanker, keluarga survivor dan teman teman relawan Yayasan Sadari. Kami berkumpul bersana di ruang instalasi radioterapi RS Umum A. Wahab Syahranie.

Acara ini juga di hadir oleh dokter Samuel Kelvin, kepala Radioterapi RS umum AWS yang sekaligus membuka dan mengisi acara.  Tujuan di adakan pertemuan ini, selain untuk pembentukan komunitas support kanker di Kaltim, sekaligus membahas  kerjasama dan koordinasi di bidang kanker.  Termasuk di dalamnya bagaimana edukasi kanker, penjelasan pengobatan kanker, paliatif kanker, dan lain sebagainya.

Ada banyak hal menarik dan bermanfaat yang di sampaikan dokter Samuel untuk di perhatikan. Antara lain bagaimana daya dukung keluarga dan orang -orag terdekat kepada pasien kanker. Pasien kanker dalam hal ini tidak hanya menghadapi bagaimana menjalani pengobatan kanker saja, tetapi juga terkait masalah psikis dalam dirinya. 

Karena itu,sangat pentig sekali bagaimana peranan keluarga dan orang terdekat kepada pasien kanker.
Hal lain yang cukup menarik perhatian saya, ada cerita mengenai sebuah kasus pasien kanker. Pasien tersebut menganggap kanker itu hadir dalam dirinya sebagai  kesempatan hidup kedua. 

Dimana pasien menganggap kanker hadir untuk peningat dirinya.  Dia terus berjuang melawan kanker dan  memilih melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dan berguna. Ya, ia merasa di beri kesempatan hidup kedua dan mengisinya dengan lebih berarti dan bermanfaat.

Di dunia ini, ada banyak ragam orang yang menyikapi kehadiran kanker dalam hidupnya secara berbeda. Kalau saya pribadi, lebih menyikapinya sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada saya.

Dengan kanker dalam tubuh saya dan membuat saya harus betah lebih banyak berbaring, ternyata memberikan banyak hikmah dalam diri saya. Di sisa hidup yang di berikan Allah kepada saya, setidaknya saya merasa Allah memberikan kesempatan kedua untuk terus belajar menjadi pribadi yang lebih  baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Demikian pula yang mungkin di rasakan oleh teman teman survivor lainnya. Kami tidak hanya berusaha saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Tetapi kami juga berusaha berbagi dan memcoba melakukan berbagai hal yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

Mohon doanya ya teman teman, agar komunitas support kanker Kaltim yang terbentuk ini, bisa menjadi komunitas bermanfaat bagi para survivor, keluarga survivor serta bagi masyarakat. Amin