Belajar Arti Hidup dan Bahagia bersama Susanti Dewi

6:32 AM 5 Comments A+ a-


Kali ini, saya akan mengulas sosok seorang perempuan cantik yang penuh aktifitas dan energic.  Susanti Dewi, atau biasa saya panggil mba Santi, begitu nama perempuan tersebut. Saya mengenal mba Santi, karena kami berada dalam komunitas blogger yang sama, yang juga menyelenggarakan arisan kelompok link.

Kebersamaan kami tersebut, membuat saya beberapa kali membaca tulisan-tulisan mba santi di blog cantiknya yaitu www.santidewi.com .  Saya sungguh terkesan ketika mengunjungi blog mba Santi. Blog dengan tag line Happy life, Happy Family ,  serta tampilan yang hangat dan cerita. Secara tidak langsung, saya bisa membayangkan si empunya blog sebagai sosok yang ramah dan hangat.

Dan memang ternyata benar dugaan saya.  Sikap ramah dan hangat mba Santi tersebut,  tidak hanya bisa saya tangkap dengan obrolan di chatt WA group. Tetapi juga bisa tergambar dari berbagai foto-foto di blog maupun medsos mba Santi, yang kerap menggambarkan kehangatan dan kebahagiaan.  Rasanya memang sesuai dengan tagline blog mba Santi sendiri, yang mengusung "Happy Life, Happy Family" :)

Saya sendiri baru tahu, kalau selain sebagai ibu  dan blogger, ternyata mba Santi juga seorang karyawati BUMN yang ada di kota Serang-Banten. Lahir dan besar di Serang.  Mba Santi juga telah   memiliki  kedua buah hati, bernama Farras Fadhil Muhana dan Fayda Fatharani Muhayya.  Di blog maupun medsos mba Santi, sering saya dapati tulisan dan foto foto kebersamaan mba Santi bersama dua buah hatinya.

Tentu saja tidak mudah membagi waktu dengan berbagai aktifitas yang harus di lakonin mba Santi. Tapi di tulisan saya ini,  nanti mba Santi akan membagi kiat-kiatnya membagi waktu. Mba Santi sendiri mulai mengenal blog tahun 2012, dengan nama blog www.susantidewiok.blogspot.com.  Dan di awal tahun 2015, beralih ke www.santidewi.com. Pada blog www.santidewi.com, mba Santi lebih banyak bercerita mengenai pengasuhannya pada anak-anak (parenting), tentang cerita dari buah hati,  pendidikan, kesehatan, jalan-jalan, review, kuliner dan resep, dan lain-lain.

Oh ya, di blog ini, saya juga bisa menemukan menu-menu blog mengenai profil mba Santi, kontak, disclosure, hingga daftar isi. Pada bagian daftar isi inilah yang membuat saya tertarik, dan mungkin ini juga yang menjadi salah satu keunikan blog mba Santi yang jarang saya temukan di blog lain.

Selain itu pula, ternyata mba Santi telah meraih prestasi dari kegiatan ngeblog yang ia lakoni. Antara lain Pemenang hiburan lomba blog tentang jamu tahun 2014 yang diadakan oleh Biofarmaka IPB. Pemenang pertama lomba blog tentang jamu tahun 2015 yang diadakan oleh Biofarmaka IPB. 
Tentunya semakin penasaran kan,  dengan mba Santi Dewi. Yuk, mari kita mengenal mba Santi Dewi lebih jauh dari wawancara hangat saya dengan mba Santi.
------------------------

1. Bisa  kapan mba menekuni aktifitas blogging, dan apa yang melatar belakangi untuk terjun ke dunia blogging?

Saya menikmati aktivitas blogging di waktu luang, misalnya istirahat di kantor atau di kala pekerjaan di kantor tidak banyak. Saya blogging di sela-sela pekerjaan saya, di rumah setelah anak-anak tidur atau setelah pekerjaan rumah sudah selesai.
Pertama kali kenal blog dulu karena saya ikut bisnis MLM,  yang mana anggotanya dianjurkan memiliki blog untuk menunjang promosi bisnis MLM ini. Tapi ternyata saya menikmati ngeblog yang akhirnya bisnis MLM nya saya tinggalkan, ngeblognya jalan terus :)

2. Selain sebagai blogger, ternyata mba adalah juga seorang istri, ibu dan bekerja di salah satu BUMN. Bisa di ceritakan bagaimana mba membagi waktu untuk berbagai aktifitas mba?

Kebetulan jarak antara sekolah anak-anak, kantor saya dan rumah ibu mertua saya berdekatan. Jadi ketika anak-anak pulang sekolah, saya titipkan di rumah Mbahnya. Sore hari ketika saya pulang kerja, baru kami pulang ke rumah. Mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyiapkan makan malam, saya sambi dengan menemani anak belajar atau mengerjakan PR. Kalau sudah selesai semua, kadang kami nonton TV bareng, atau kadang juga anak-anak mengerjakan pekerjaan lain, saya ngeblog.


3. Mba Santi sering sekali menulis tema parenting, pendidikan, dll. Ada alasan khususkah, sehingga mba memilih menuliskan tema tersebut?

Tema-tema yang ada di blog saya biasanya yang dekat dengan kehidupan saya. Tema parenting, pendidikan karena saya masih memiliki anak-anak yang duduk di Sekolah Dasar., yang mana pastinya semua ibu peduli pada parenting dan pendidikan anak-anaknya. Maka jadilah itu sebagai tema tulisan-tulisan saya. Tema jalan-jalan pun, jalan-jalan yang dilakukan saya, suami dan anak-anak.

4. Apa harapan terhadap aktivitas blogging yang dilakukan saat ini?

Harapannya, siapapun yang membaca blog saya, mendapatkan sesuatu informasi yang dibutuhkan oleh pembacanya. Sering lho, saya mendapatkan SMS, telp, WA, email yang menanyakan hal-hal tentang sesuatu yang pernah saya tulis di blog. Contohnya ketika saya nulis tentang sepatu roda, ada yang SMS saya merk sepatu roda apa yang bisa dipakai oleh pemula. Lalu saya pernah menulis tentang cerita saya ketika kuliah harus seminggu sekali pulang pergi Jakarta-Serang, ada yang mengirimkan email dan SMS, menanyakan jalur bus dari Jakarta ke Serang, atau dari Serang ke Jakarta. Lalu ketika saya menulis tentang makanan khas Banten, ada yang menelpon saya, menawarkan kerjasama berjualan otak-otak khas Banten. Dan saya pun menjawab pertanyaan mereka semampu saya. Semoga saja jawaban saya bermanfaat untuk mereka.

5. Jika kesulitan ide untuk blog, biasanya mbak melakukan apa?

Kalau kesulitan ide, biasanya saya blog walking atau baca tabloid/majalah mba, untuk mendapatkan ide menulis di blog. Pernah saya kesulitan ide ngeblog, lalu saya baca tabloid. Di tabloid itu membahas tentang pohon mangga, dan kebetulan pohon mangga di depan rumah saya susah berbuah, maka jadilah ide tulisan lalu saya posting di blog :)

6. Bisa di ceritakan bagaimana pencapaian yang pernah mba raih dari aktivitas blogging?

Kalau pencapaian, sebetulnya masih belum puas ya, karena ternyata dunia bloging ini semakin berkembang. Kalau saya dulu awal ngeblog karena memang ingin menulis saja, karena saya suka menulis. Lalu tujuannya bertambah, selain menulis tentunya harus bermanfaat karena dibaca oleh orang lain. Lalu bertambah lagi ketika dunia blog ternyata banyak lomba-lomba blog yang ditawarkan, saya pun ikut dengan harapan tentunya menang ya, tapi kalaupun tidak menang, saya menganggapnya sebagai proses saya dalam belajar menulis yang lebih baik. Ketika lomba-lomba blog masih semarak, muncullah tawaran-tawaran seperti job review, content placement dll. Jadi seiring dengan kegiatan ngeblog yang semakin berubah dan bertambah, maka pencapaian yang sudah pernah saya raih adalah pernah memenangi beberapa lomba blog walaupun jarang sekali. Mendapatkan tawaran job review, content placement,
campaign.


7. Selain ngeblog, ternyata mba juga suka menulis cerpen dan puisi ya. Dan ada karya yang sudah di bukukan. Bisa di ceritakan mengapa mba menyukainya?

Awalnya memang saya menyukai menulis puisi dan cerpen, sebelum punya blog. Tapi itu saat saya masih sekolah. Ketika kuliah dan kerja, kegemaran saya malah terhenti. Dan setelah memiliki blog, jalan saya untuk kembali menggeluti kesukaan saya terbuka kembali. Maka sayapun mulai untuk menulis puisi dan cerpen lagi. Bahkan satu novel anak sudah saya garap, dan sekarang sedang menggarap novel yang lain lagi, walaupun novel saya belum ada yang terbit. Berharap sekali saya punya novel yang bisa dibukukan. Semoga saja bisa terealisasi ya... :)



8. Ada pesan kah untuk teman-teman blogger lainnya

Menjadi seorang blogger yang mana dunia blogging sekarang ini semakin berkembang, harus banyak dan terus belajar, karena memang tuntutannya seperti itu. Saya pun masih terus belajar, walaupun ada beberapa yang memang tidak saya kuasai, tapi saya menyiasati dengan hal yang lain, Seperti infografis. Teman-teman blogger yang lain jago-jago dalam membuat infografis, sebetulnya saya juga ingin bisa, tapi ternyata saya tidak menguasai dan tidak mampu hehe..  Lalu suami saya bilang, ya sudah,  kalau memang tidak bisa infografis, kuatkan saja pada materi tulisan, jangan ngoyo.

Semoga selalu sukses terus ya mba Santi dalam Karier dan Kehidupan. Amin
---------------

Ternyata, selain suka ngeblog, mba Santi juga hobi menulis untuk media dan buku. Antara lain, tulisannya pernah di Koran Leisure Republika rubrik Buah Hati, serta telah  memiliki 5 buah buku antologi. Buku-buku itu antara lain  yaitu Blogger Bicara Parenting (Mei 2014), Jejak Langkah Penulis (Desember 2014) dan Hati Ibu Seluas Samudra (Desember 2014), Kumpulan Cerpen Bermain di Ranting Waktu (April 2016) dan Kumpulan Puisi Hujan dalam Cermin (april 2016).


Sekian dulu ulasan dan hasil wawancara saya dengan mba Santi.  Ingin lebih lanjut mengenal mba Santi, bisa langsung kontak mba Santi  di :
Blog : www.santidewi.com
Email : susantidewiok@gmail.com
Facebook  :  Susanti Dewi
Twitter : @santiadji
Instagram :  Susantidewiok

5 komentar

Write komentar
Santi Dewi
AUTHOR
8:03 AM delete

Makasih banyak mba yuni atas ulasannya, jadu terharu :) *hugh*
Sukses juga utk mba yuni ya..

Reply
avatar
yati rachmat
AUTHOR
11:05 PM delete

Wah, tinggal bunda nih yang belum setor kali, ya? Yuk ah, jngn ganggu bunda dulu,mya?m Bunda mau jalan2 ke blog mnak Santi dewi.

Reply
avatar
Santi Dewi
AUTHOR
11:23 PM delete

Tenang dan nyantai aja Bunda Yati, banyak yg belum juga kok, bukan hanya Bunda :)

Reply
avatar
6:10 PM delete

Sama sama mba. Sukses terus juga untuk mba Susan

Reply
avatar
6:12 PM delete

Iya bunda. Masih ada waktu kok bunda untuk menuliskannya

Reply
avatar