Sessi Hipnoterapi bersama Endro S. Effendi CHt.CT

10:56 AM 4 Comments A+ a-

Pada awalnya,  saya kurang paham mengenai hipnoterapi. Di bayangan saya hipnoterapi seperti yang sering saya tonton di berbagai tayangan di televisi.  Dimana seseorang yang akan di hipno akan dibuat tertidur, kemudian akan di gali pemikiran terdalamnya oleh sang terapis. 

Ternyata..
Tidak semua bayangan saya mengenai hipnoterapi itu benar adanya. Mungkin saya terlalu banyak menerima informasi sepihak mengenai hipnoterapi itu sendiri. 

Hingga suatu hari, bapak saya bercerita mengenai hipnoterapi.  Bapak bahkan menyarankan saya untuk melakukan hipnoterapi.  Mana tahu dengan hipnoterapi dapat membuat saya lebih tenang dan tambah semangat. Hehehhe.. Jujur saja, saya jadi tersenyum mendengar saran bapak. 
Tentu saja saya tidak langsung serta merta menerima saran bapak.  Saya mulai kembali mencari berbagai informasi mengenai pengalaman hipnoterapi dari teman-teman dan bahkan searching di internet.   Ternyata hipnoterapi bisa membantu menangani berbagai keluhan kita lho.

Mba Anna, perawat home care yang sering ke rumah, termasuk salah seorang yang saya kepoin buat menggali informasi seputar hipnoterapi. Mba Anna bahkan bercerita berbagai pengalamannya pribadi dan teman temannya yang sudah pernah di hipno.   Wah, ternyata tidak seseram dan serumit yang saya perkirakan.

Untungnya om google sangat baik sekali menyajikan berbagai informasi mengenai hipnotetapi, sekaligus menjawab penasaran saya mengenai hipnoterapi. Salah satunya membawa saya ke website Bapak Adi W. Gunawan.

Berikut sedikit penjelasan menurut beliu yang saya lihat website Adi W. Gunawan.
8Menurut Adi W. Gunawan, Hipnoterapi itu sendiri terdiri atas dua kata, hipnosis dan terapi. Hipnoterapi adalah terapi, dengan menggunakan teknik atau metode apa saja, yang dilakukan dengan bantuan atau di dalam kondisi hipnosis. Kondisi hipnosis sesungguhnya adalah kondisi kesadaran khusus (altered state of consciousness) di mana pikiran berada dalam kondisi yang sangat reseptif sehingga dapat dilakukan perubahan atau modifikasi berbagai program pikiran dengan cepat, mudah, dan bersifat permanen.

Hipnoterapi ini bisa terjadi atas persetujuan klien. Jadi kalau kita selaku pasien setuju,  maka sang hipnoterapis akan membimbing kita dalam melakukan hipnoterapi. Nah, kalau dari awal kita tidak setuju untuk di hipnoterapi, maka tentunya akan sulit untuk mencapai tujuan hipnoterapi sesuai yang inginkan.


Berkenalan dengan Hipnoterapis Bapak Endro S. Effendi CHt.CT

Kedua sahabat saya yang sama-sama penulis,  Sari Azis dan Inni Indarpuri memang selalu kompak memberikan informasi yang saya butuhkan.  Mereka sangat mendukung berbagai cara positif yang saya lakukan seiring proses pengobatan kanker saya. 

Ketika saya bercerita mengenai keinginan di hipnoterapi, mba Sari langsung merespon positif. Mba Sari lalu bercerita kalau ia mendapat rekomendasi bagus untuk ahli hipnoterapis di Samarinda. Saat itulah mba Sari menyebutkan nama Bapak Endro S. Effendi.  Tidak cuman itu, mba Sari juga memberikan nama Fanpage FB Endro S. Effendi serta website beliau di http://www.endrosefendi.com

Rupanya, mba Inni Indarpuri pun mengenal pak Endro. Bahkan mba Inni membantu saya menghubungkan dengan pak Endro untuk membuat janji mengadakan hipnoterapi. Wah, saya sungguh beruntung memiliki para sahabat yang begitu care dan perhatian terhadap saya.

Singkat cerita, setelah meminta ijin suami, saya pun mengadakan janji hipnoterapi dengan pak Endro via telpon. Sesuai kesepakatan, beliau datang ke rumah saya untuk melakukan hipnoterapi.  Mba Sari dan mba Inni pun turut datang kerumah saya  pada hari itu. Bahkan, kedua orang tua dan saudara-saudara saya yang kebetulan bersilaturahmi ke rumah juga ingin lebih tahu bagaimana hipnoterapi yang saya lakukan. 

Hingga akhirnya, mama saya pun ikut menjadi pasien hipnoterapi setelah sessi hipnoterapi saya. Hehehe..  Pokoknya hari itu saya merasa banyak sekali supporter yang mendukung dan menyemangati  hahaha..

Lalu Bagaimana cara kerja hipnoterapi?

Nah, tibalah saat paling di tunggu dalam melakukan hipnoterapi.  Sebelum sessi hipnoterapi, saya berkesempatan mengobrol terlebih dahulu dengan pak Endro.  Sembari mengobrol, pak Endro pun meminta saya mengisi formulir yang sudah di siapkan beliau. Form ini tidak hanya berisi data pribadi seperti nama, alamat, nama suami, nama anak, dll. Tetapi ada juga beberapa pertanyaan yang lebih dalam, salah satu terkait perasaan emosi yang saya rasakan saat itu.

Pak Endro pun menanyakan kembali kepada saya, apa tujuan atau keinginan saya dalam hipnoterapi ini. Jujur, saya katakan agar bisa lebih tenang, kuat dan semangat dalam menjalani hidup khususnya berhadapan dengan kanker.  Saya ingin sekali bisa semakin mengeluarkan rasa kekuatan dan semangat dalam diri saya.

Dari perbincangan tersebut, pak Endro menjelaskan dalam sessi hipnoterapi nanti akan lebih memfokuskan dengan tujuan atau keinginan dari si klien. Jadi hipnoterapi yang dilakukan tidak akan bias ke mana-mana. Penjelasan ini sekaligus menjawab rasa kuatir dan penasaran saya. 
Awalnya saya pikir, kalau hipnoterapi itu bisa membuka semua masalah dan rahasia yang ada pada diri klien. 

 Ternyata prinsip kerjanya tidak seperti. Semuanya  di lakukan harus  dengan persetujuan si klien. Jadi kalau awalnya si klien hanya meminta fokus pada masalah A misalnya, maka sang terapis pun akan menbantu fokus pada masalah A.  Terapis akan menghargai keinginan dari si Klien.

Sebelum di lakukan sessi hipnoterapi, pak Endro pun menjelaskan secara panjang lebar mengenai hipnoterapi serta bagaimana nanti proses hipnoterapi akan berlangsung. Beliau mengunakan modul khusus yang berisi berbagai penjelasan mengenai hipnoterapi. 

Dari sini saya juga mendapatkan satu pelajaran penting. Bahwa sebelum melakukan hipnoterapi, tidak langsung main hipno seperti yang pernah saya tonton di televisi hehehe..   Tetapi tetap harus di jelaskan prosedurnya terlebih dahulu kepada si klien.

 Agar memang si klien benar benar paham dan yakin dengan proses hipnoterapi yang akan di lakukan.  Seandainya si klien dari awal tidak yakin dan tidak mau menerima, maka kemungkinan proses hipnoterapi tidak berjalan sesuai harapan.
Setelah melewati serangkaian penjelasan dan prosedur, kami pun memulai proses sessi hipnoterapi.  Dalam proses ini, pak Endro selalu hipnoterapis, membimbing saya masuk ke alam bawah sadar.

Kalau mengupas sedikit, menurut Adi W. Gunawan dalam website nya, dalam  Hipnoterapis, dengan persetujuan klien, akan membimbing klien turun dari gelombang otak dominan beta (pikiran sadar), 12 - 25 Hz, ke gelombang pikiran bawah sadar yang sangat rileks yaitu alfa (8 – 12 Hz), theta (4 – 8 Hz), dan delta (0,5 – 4 Hz). Saat berada di frekuensi ini pikiran klien menjadi sangat reseptif dalam menerima berbagai sugesti atau pesan mental untuk perubahan.

Saat di bimbing pak Endro, saya perlahan-lahan masuk kondisi pikiran yang sangat reseptif. Dimana saya bisa mengakses memori (theta), dan emosi (delta) yang selama ini menjadi sumber masalah saya tanpa gangguan dan intervensi dari pikiran sadar (beta).

Yang menarik dalam sessi ini, saya akhirnya bisa menemukan salah satu sumber nyeri saya yang berasal dari trauma masa lalu. Tentu saja hal ini di gali terapis dengan metode dan teknik khusus.

Yang jelas, dalam proses hipnoterapis tersebut, perasaan dan pikira  saya di bawa dalam kondisi lebih tenang dan nyaman, sehingga terasa lebih mudah. Setelah di temukan sumber masalah, saya kemudian di bimbingan mas Endro untuk merekontruksi memori masa lalu kemudian melepaskan berbagai emosi yang selama ini mengganggu. 

Selama hampir 2 jam saya melakukan sessi hipnoterapi. Walaupun saya sendiri merasa melakukannya hanya sekitar setengah atau satu jam saja heheheh.. Maklum saja, dalam kondisi hipnoterapi, mana mungkinlah saya mengingat waktu sendiri hihihi..

Setelah melakukan sessi hipnoterapi, saya merasakan perasaan dan pikiran saya menjadi lebih tenang dan lega. Saya merasakan berbagai beban di kepala saya jauh lebih berkurang.  Namun begitu, pak Endro selaku terapis menyarankan berbagai cara agar saya tetap bisa menjaga kondisi setelah proses hipnoterapi. Antara lain dengan berusaha tetap selalu menjaga pikiran dalam lingkaran positif.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hypnoterapi pak Endro? Bisa langsung hubungi beliau di telpon/ WA 085282667000

4 komentar

Write komentar
Li Partic
AUTHOR
5:37 AM delete

Terus sumber masalahnya apa mbak? #ups #kepo :D

Reply
avatar
1:20 AM delete

Hahaha.. sumber masalahnya karena trauma masa lalu juga hehe

Reply
avatar
7:22 PM delete

Article yang bagus,
Jika anda tertarik dengan tahapan terapi hipnoterapi bisa di lihat di Web kami <a href="http://www.hipnoterapiexpert.id>hipnoterapiexpert.id</a>

Reply
avatar
7:23 PM delete

Article yang bermanfaat,
Jika anda tertarik dengan solusi pengobatan untuk kecemasan berlebih bisa di lihat di Web kami <a href="http://www.hipnoterapiexpert.id>hipnoterapiexpert.id</a>

Reply
avatar