Kekuatan Hadir di Saat Kondisi Tidak Memungkinkan

10:52 PM 0 Comments A+ a-

Tiba-tiba pagi ini saya ingat pada sebuah acara sastra yang di selenggarakan di Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim beberapa tahun lalu.  Acara ini menghadirkan beberapa pembicara, salah satunya sahabat saya Tiffany Tsao yang merupakan dosen Universitas Sydney.  Tiffany memang saat itu sedang mempelajari sastra di Indonesia khususnya Sastra Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Tiffany menceritakan beberapa tokoh sastra Indonesia yang melahirkan karya-karya luar biasa mereka dalam kondisi tidak terduga. Sebut saja Pramudya Ananta yang melahirkan karya-karya sastranya dari balik jeruji.  Serta banyak pula tokoh tokoh lain yang melahirkan karya mereka dalam kondisi yang tidak memungkinkan.

Saya lalu mencoba menyelami berbagai kisah para penulis terkenal dari luar.  Sebut saja Helen Keller yang seorang disablitas namun bisa menghasilkan karya-karya luar biasa. Tidak hanya itu, Helen mampu meraih berbagai penghargaan dan namanya terkenal hingga saat ini.   Menilik jaman sekarang, bisa di sebut nama JK Rowling.  Penulis  dengan karya fenomenalnya Harry Potter yang  membuka mata dunia.

Menulis bisa dilakukan oleh siapa saja.
Menulis bisa dilakukan dimana saja.
Menulis bisa dilakukan kapan saja.

Saya sendiri memang menyukai dunia tulis menulis sejak dulu.  Namun, jujur saya akui, saat itu produktifitas dan semangat menulis saya sering kemang kempis.  Saya menulis hanya ingin mengisi waktu dan menyalurkan hobi.

Hingga suatu saat itu tiba..
Saat dimana kanker hadir datang tiba-tiba dalam  hidup saya.
Kanker bukan hanya mencuri perhatian saya.
Kanker bukan hanya mengoyak fisik dan  batin saya.
Tapi kanker juga yang membangkitkan jiwa dan semangat menulis saya semakin kuat.

Ya..
Saya percaya apa yang di katakan sobat saya, Tiffany Tsao.
Sebuah karya kadang tidak terduga dapat hadir dalam kondisi yang tidak memungkinkan sama sekali..

Yuk.. mari kita menulis lagi.