Dengan IKaltim, Membaca Lebih Mudah dan Menyenangkan

11:30 PM 2 Comments A+ a-



Ada kabar bahagia nih untuk para pencinta buku, khususnya yang tinggal di Kalimantan Timur.  Baru-baru ini Badan Perpustakaan Daerah Provinsi  Kalimantan Timur, meluncurkan aplikasi program baru yang di sebut IKALTIM.  IKaltim ini merupakan perpustakan digital Kalimantan Timur yang menyediakan banyaaaak banget koleksi buku-buku dalam bentuk digital ebook. 


Dengan IKaltim, kita bisa menikmati cara mudah dan menyenangkan membaca e book. Dan kita pun bisa mendaftar sebagai member dan bisa memilih jenis buku-buku yang kita inginkan. Mudah banget kan?


Sebagai pencinta buku, saya benar-benar antusias sekali dengan program aplikasi ini.  Saya benar-benar mengucapkan terima kasih sekaligus salut dengan Badan Perpustakaan Daerah Kaltim yang meluncurkan program ini.  Setidaknya, saya bisa membaca berbagai e book berkualitas dan terbaik yang saya inginkan secara ebook dengan lebih mudah dan nyaman.   Maklum saja, saya kan memang sedang bed rest heheheh.


Dan tentu saja, hal ini akan sangat membantu buat teman-teman yang tinggal di daerah yang jauh dari ibukota provinsi Kaltim.  Kebayang rasanya, mereka yang tinggal jauh dari perkotaan yang susah akses ke perpustakaan apalagi ke toko buku.   Padahal mereka .sangat membutuhkan buku-buku untuk menambah ilmu dan pengetahuan mereka. Atau bisa juga kegiatan membaca buku dalam keseharian mereka


Dengan kehadiran aplikasi IKaltim ini,  mereka akhirnya bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk membaca buku-buku dalam bentuk e book yang mereka inginkan.  Jendela dunia ini tentunya akan semakin terbuka lebar dengan membaca.  Bukankah buku merupakan salah satu dari sumber jendela dunia bagi para pembaca. Hehehehe.


Eh, tapi jangan kuatir ya teman-teman. Aplikasi ini juga bisa di download oleh siapa saja, tidak hanya buat yang di Kalimantan Timur saja, tetapi untuk siapa pun yang mau mempergunakan aplikasi ini di smartphonenya.

Nah, beberapa teman bertanya kepada saya, bagaimana cara untuk mempergunakan aplikasi IKaltim dan meminjam buku digital di IKaltim .  Berikut ini,  caranya :

1. Buka aplikasi Playstore

2. Kemudian carilah apliasi Perpustakaan Kaltim  IKaltim dengan mengetik IKaltim

3. Download aplikasi IKaltim


4. Setelah itu kita bisa daftar dengan email atau facebook, dengan mengklik Login di bagian kiri atas




.


5. Untuk meminjam buku di IKaltim, ada dua cara.

a.  Cara pertama, dengan mengklik cover buku yang  diinginkan yang ada di halaman beranda IKaltim


b. Cara kedua, dengan mengetik nama penulis atau judul buku yang di cari.  Misalnya saja, kita ingin mencari buku

c. Cara ketiga, dengan memilih di bagian genre buku. Kita bisa mencari genre buku yang kita inginkan di IKaltim


d. Cara keempat, dengan memilih di kategori e pustaka. Kita bisa mencari buku di e pustaka yang tersedia.

Contohnya :

-      Pilih e pustaka Indosat Ooredoo


-    Ketik di bagian atas buku yang ingin di cari. Misalnya buku saya yang berjudul Pantangan dalam Bisnis


-      Setelah muncul cover buku Pantangan dalam Bisnis,   klik PINJAM


-    Nanti akan muncul konfirmasi Peminjaman buku, kemudian klik YES


-    Akan muncul pemberitahuan SUSKES, dan buku akan tersimpan dalam rak buku


6.      Untuk membuka buku yang kita pinjam, caranya

-      klik di RAK BUKU di bagian atas.


-     Pilih buku yang ingin di baca. Misalnya cover buku Pantangan Dalam Bisnis.  Kemudian Klik cover buku Pantangan Dalam Bisnis


-       Selamat Membaca 


7.      Untuk waktu peminjaman, biasanya di batasi maksimal 3 buku yang di pinjam selama 2 hari. 




Oh ya, salah satu kelebihan juga dari aplikasi ini, kita bisa memberikan ulasan pada buku digital yang kita pinjam.  Selain itu juga, kita bisa membaca ulasan dari para pembaca lainnya terkait buku yang akan kita pilih atau yang kita baca. Teman-teman juga tidak perlu bingung, di aplikasi ini juga kita bisa mencari buku sesuai genre yang ada.  



Kalau saya sih, misalnya ingin memilih buku yang mau di pinjam, biasanya sering baca ulasan para pembaca yang sudah membaca buku tersebut.  Jadi dengan begitu, saya jadi punya gambaran mengenai buku yang akan saya pinjam tersebut. Eh, bahkan pernah lho, saya meminjam buku di IKaltim, gara-gara penasaran dengan banyaknya ulasan pembaca di buku tersebut hehehee.  Dan ternyata, buku itu memang bagus sih. Ngak nyesal memilih untuk membacanya.



Tetapi berbicara tentang koleksi buku IKaltim, saya juga menemukan kelebihan lain yang berbeda dengan perpustakaan digital lainnya.  Selain memiliki koleksi buku-buku digital dari berbagai penerbit terkemuka di Indonesia, di IKaltim ini, saya bisa menemukan buku-buku yang di tulis oleh penulis Kaltim juga lho.  Contohnya buku-buku yang ditulis oleh Bapak Gubernur Kaltim, Awang Farouk Ishak.  Saya jadi tahu buku-buku yang beliau tulis dari IKaltim ini.



Mudah banget kan teman-teman cara mempergunakan aplikasi IKaltim.  Selamat mencoba dan selamat membaca ya…..





2 komentar

Write komentar
5:47 PM delete

Kereeen bangeeet aplikasinya mba.. lengkap ya

Reply
avatar
11:22 PM delete

Iya mba.. senang rasanya di kaltim sudah ada IKALTIM

Reply
avatar