Menyelami Asyiknya Kehidupan Anak-anak

10:00 AM 5 Comments A+ a-


Judul              : Nyebur ke Dunia Anak
Penulis            : Liza Permasih & Endah Kurniadarmi
Penerbit          : PT. Kaba Media Internusa
Tebal               : 198 Halaman
Tahun              : 2015

Memiliki anak-anak merupakan anugerah yang luar biasa dari Tuhan kepada para orang tua. Keberadaan anak-anak bukan hanya sebagai penerus keturunan, tetapi juga memberikan warna yang lebih berarti dalam kehidupan orang tua.
Sungguh kebahagiaan bagi kita bisa mendampingi dan merawat anak-anak, melihat mereka tumbuh dengan cinta dan kasih sayang kita. Namun, tidak bisa di pungkiri kalau dunia anak merupakan dunia yang penuh kejutan dan menarik untuk di selami.
Buku Nyebur Ke Dunia Anak merupakan buku yang di tulis oleh Liza Permasih dan Endah Kurniadari, mengupas tuntas bagaimana masa-masa seru mengasyikan mendidik anak usia sekolah dasar 6-12 tahun. Pengantar buku ini di tulis khusus oleh Tika Bisono, M. PsiT, Psi, seorang psikolog terkenal yang memang memiliki kepedulian tinggi dalam tumbuh kembang anak.
Buku setebal 198 halaman yang di terbitkan PT. Kaba Media Internusa ini, berisi mengenai kisah pengalaman sehari-hari dengan mengangkat hal-hal yang biasa terjadi bersama anak. berbeda-beda. Dimana setiap tema kisah pengalaman akan pula di ulas dari sudut pandang psikologi.
Harapannya orang tua dapat termotivasi untuk lebih mengetahui dan memahami perilaku anak sebenarnya. Dengan begitu, kita sebagai orang tua akan bisa bersikap dan bertindak lebih bijaksana dalam menghadapi perilaku anak.
Ada banyak tema menarik mengenai tumbuh kembang anak, yang di balut dalam kisah sehari-hari dalam buku ini. Dalam 'Ketika Bani Bertanya" bercerita keinginan tahuan Bani mengenai banyak hal. Bani selalu mengajukan berbagai pertanyaan kepada ibunya. Apa yang di alami Bani juga bisa terjadi pada anak-anak usia sekolah seusia Bani. 
Dimana terjadi perkembangan intelektual yang membuat mereka sangat semangat untuk sering bertanya. Sebagai orang tua, ada kalanya kita merasa bingung atau kewalahan menghadapi berbagai pertanyaan tersebut. Namun sebaiknya, tetap di sikapi dengan bijak dan berusaha membantu mencarikan jawaban pertanyaan anak.
Cerita lain mengenai selamat datang di dunia game, dimana bercerita bagaimana anak-anak menikmati bermain sebagai proses tumbuh kembangnya. Seperti yang di jelaskan penulis, dunia anak merupakan dunia penuh imajinasi, kompetisi namun tetap dalam persahabatan yang indah. Anak akan mengalami berfikir konkrit operasional. Sehingga sebagai orang tua, kita harus lebih berhati-hati bercerita kepada anak. Kita perlu memperhatikan tata nilai, teladan, nilai spritual yang disampaikan kepada anak.
Selain itu, penulis juga menjabarkan bagaimana perkembangan diri anak usia sekolah. Pada usia 0-7 tahun adalah masa imprint atau proses belajar anak dengan mengekor atau membebek. Anak akan cenderung meniru kelakuan ayah ibunya tanpa mengerti benar atau salahnya.
Sedangkan di usia 7-14 tahun sering di sebut memodel. Dimana anak sudah lebih memperhatikan apa yang ingin dimodel dan mengapa ia memodel hal itu. Dalam kedua rentang usia tersebut, sebagai orang tua, kita harus bisa lebih peka dan bijak dalam membimbing dan mengarahkan anak-anak agar bisa menjalani tumbuh kembang dengan baik.
Buku ini memang sangat di rekomendasikan untuk di baca semua orang, khususnya para orang tua maupun para guru yang sehari-hari berhadapan dengan anak-anak. Kisah-kisah di buku ini di kemas secara menarik dan mudah di pahami. Membaca buku ini tidak hanya menyentuh hati pembaca, tetapi juga memberikan wawasan pengetahuan lebih dalam untuk bisa menyelami dunia anak



Keterangan :
Resensi ini di muat di Tribun Kaltim, 10 April 2016

5 komentar

Write komentar
10:23 AM delete

Trimz sharenya Mba Tri jd nambah daftar buku yg mesti masuk rak hehhe :)

Reply
avatar
3:19 PM delete

Iya mba. Bukunya bagus banget untuk para orang tua.

Reply
avatar
Liza Arjanto
AUTHOR
9:43 PM delete

Trims Mbak Yuni.... resensinya keren...

Reply
avatar
Liza Arjanto
AUTHOR
9:43 PM delete

Trims Mbak Yuni.... resensinya keren...

Reply
avatar
3:22 PM delete

Terima kasih kembali mba Liza. Bukunya bagus

Reply
avatar