Mertua Keren Itu, Mamaku

3:16 AM 0 Comments A+ a-

Yu, coba bawakan ikan bakar ini ke tempat kakakmu. Istrinya pasti suka ikan bakar ini,"kata mama suatu hari kepadaku sambil menyiapkan ikan yang di bakar di dapur rumah kami.

Di lain kesempatan lagi, mama berkata,"Jangan dulu dipotong kuenya. Nanti saja sekalian sama-sama tunggu kakakmu dan istrinya." Saat itu ulang tahun bapak, dan kami telah menyiapkan kue tart sederhana untuk di nikmati bersama.  Lagi-lagi, mama meminta menunggu kedatangan kakak dan keluarga kecilnya.

Mama bukan hanya seorang mama yang luar biasa di mataku, tetapi juga di mata para menantunya alias istri kakak kakakku.  Mama tidak pernah membedakan kasih sayang diantara mantu mantunya.  Apalagi, mama selalu memperhatikan anak dan mantunya, terlebih para cucu.

Pernah suatu ketika saat suami saya datang dari luar kota, mama langsung membuat perkedel jagung kesukaan suami. Dan hal itu terjadi berulang kali setiap saat suami datang kerumah dari lokasi tempat bekerja.

"Mama pasti sudah buat perkedel kesukaanku ya?"tanya suami dengan penuh senyum manis.  Serta merta aku tertawa mendengar pertanyaannya yang sebenarnya tidak perlu dijawab lagi.

Tapi begitu, tetap saja mama bisa berlaku tegas kepada anak dan mantunya, apalagi dengan tujuan kebaikan.  Mama adalah orang yang sportif dan terbuka.  Mama akan langsung bicara blak blakan bila ada sesuatu yang tidak pas dalam hatinya.   Baginya, lebih baik bicara langsung dari pada disimpan di hati, bisa jadi penyakit hehehehe...

Mama memang ibu sekaligus mertua yang paling keren di muka bumi ini :)

#Tulisan ini dikutkan dalam rangka memperingati hari Kartini 21 April #K3BKartinian yang di selenggarakan oleh Kumpulan Emak Emak Blogger (KEB)