Resensi Nanang Tangguh & Galuh Intan : Ketangguhan Meraih Mimpi dan Cinta

9:29 PM 3 Comments A+ a-


Judul  : Nanang Tangguh & Galuh Intan
Penulis : Es Pernyata
Penerbit : Kalika Utama Publishing
Tebal : 239 Halaman
Tahun : 2016


Tidak banyak novel yang mengangkat tema inspirasi dan cinta dengan latar belakang daerah Kalimantan Timur.  Buku Novel Nanang Tangguh & Galuh Intan merupakan salah satu novel dengan latar belakang daerah ini.

Novel Nanang Tangguh & Galuh Intan yang ditulis Es Pernyata dan di terbitkan oleh Penerbit Kalika Utama Publishing ini, memang  berbeda dari novel lainnya.  Awalnya saya berfikir novel ini seperti novel lainnya, tentang bagaimana si Nanang, tokoh utama berusaha merebut hati Galuh Intan, gadis pujaan hati.   Tetapi setelah membacanya, kita akan mendapatkan banyak hikmah dan pelajaran berharga di dalam novel ini.

Di kisahkan di awal cerita, bagaimana seorang pemuda bernama Nanang Tangguh, yang harus berjuang untuk hidup di usia sangat muda. Kedua orang tuanya pergi merantau dan tidak memberikan kabar, meninggalkan Nanang dan Miranti, adiknya yang masih kecil.  Demi menyambung hidup, Nanang bekerja sebagai kuli bangunan pada mandor Mursan di Samarinda. Sedangkan  Ranti terpaksa di titipkan sementara di panti asuhan.



Kecantikan dan kebaikan Intan Galuh, putri kesayangan mandor Mursan mampu menaklukan hati Nanang. Namun sayangnya, mandor Mursan malah memberhentikan kerja Nanang karena di anggap tidak profesional bekerja. Nanang memilih bekerja sebagai penambang galian intan di Cempaka Kalsel. Ia pun semakin menguatkan hati untuk mengais rejeki mendapatkan hati Intan. Hanya sayangnya tempat pertambangan tersebut mengalami musibah dan membuat Nanang kembali kehilangan pekerjaan.

Nanang memutuskan kembali ke kota Samarinda untuk memulai usaha sendiri.  Nanang  beberapa kali memulai usaha berbeda, dari calo mobil, pedagang sembako hingga pedagang tenda.  Jatuh bangun usaha hingga di khianati teman sendiri sudah pernah dialami, sehingga Nanang mendapatkan banyak pengalaman berharga. Hal membuat Nanang semakin tangguh dalam hidup dan usaha.

Nanang akhirnya memulai usaha es krim dengan memproduksi dan memasarkan sendiri. Ternyata hal itu membawa keuntungan usaha baginya. Nanang semakin bahagia  dengan berkumpulnya Ranti bersamanya.  Ia semakin giat berusaha mencari nafkah. Nanang bahkan kembali melanjutkan pendidikan yang dulu sempat tertunda hingga ke jenjang pendidikan tinggi.

Perjalanan hidup mengantarkan Nanang bertemu Zulaiha, gadis yang tulus mencintai Nanang.  Namun disisi lain, takdir kembali mempertemukan Nanang dengan Galuh Intan, sang pujaan hati. Apalagi Nanang akhirnya turut membantu Galuh menangani usaha propertinya hingga maju. Walaupun begitu, cinta Nanang begitu besar kepada Galuh. Zulaiha sendiri begitu menghormati Nanang dan Galuh yang banyak berjasa dalam hidupnya.

Nanang  berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan betapa besar cintanya pada Galuh. Termasuk menerima kondisi Galuh yang ternyata tervonis tumor otak.  Nanang membuktikan bahwa cinta sejati akan menerima kelebihan dan kekurangan dari pasangannya. Ia membuktikan dengan terus mendampingi Galuh dalam bahagia maupun sulit.

Novel Nanang Tangguh & Galuh Intan ini banyak mengajarkan nilai positif dan hikmah di setiap ceritanya.  Pembaca akan di buat tersenyum, tertawa, bahkan terharu saat membaca novel ini.  Es Pernyata selaku penulis mampu menciptakan jalan cerita yang mengalir dan menyisipkan nilai di dalamnya. Sosok Nanang mengajarkan kita bagaimana  terus berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkan mimpi. 


Keterangan :

Resensi ini di muat di Tribun Kaltim, 8 Mei 2016


3 komentar

Write komentar
Hamidan
AUTHOR
5:36 AM delete

Novel yang menginspirasi. Jadi ingin membacanya.

Reply
avatar
10:24 PM delete

Terima kasih ya. Bukunya bagus banget

Reply
avatar
Seri Wahyuni
AUTHOR
6:40 AM delete

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya SERI WAHYUNI, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren Inti Tunggal.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada H.ERLANGGA atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>BUKA DANA GAIP H.ERLANGGA KLIK DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin.Atau Hub No : 085- 298- 609-998. H.ERLANGGA.

Reply
avatar