Lebih Dekat dengan Bunda Yati : Terus Menebarkan Inspirasi dan Produktif Berkarya

7:05 AM 11 Comments A+ a-


Tidak ada kata terlambat atau  terus belajar dan berkarya. Setidaknya kalimat itu yang bisa saya ungkapkan  ketika mengenal sosok Bunda Yati Rachmat atau yang akrab di panggil Bunda Yati. Kekaguman saya semakin besar pada Bunda Yati, saat saya melihat bagaimana sepak terjang beliau di bidang penulisan dan blogging.

Awalnya, saya mengenal bunda Yati melalui sosial media Facebook.  Waktu saya sering melihat tulisan-tulisan Bunda Yati yang begitu mengugah saya. Kenapa saya katakan menggugah? Karena bagi saya, tulisan Bunda Yati tidak hanya menginspirasi dan menunjukkan bagaimana pikirannya di tuangkan dalam tuliskan. Tetapi juga bagaimana semangat untuk terus menulis dan berkarya di usia yang tidak lagi muda. Apa yang Bunda Yati lakukan, membuat  saya dan juga penulis atau blogger lainnya  harus mencontoh semangat beliau.

Di usia yang tidak lagi muda yaitu 77 tahun, Bunda Yati tetap melakukan berbagai kegiatan positif diantaranya menulis dan ngeblog.  Beliau pun kerap menghadiri seminar dan workshop untuk menambah ilmu ataupun kemampuan dalam kegiatan menulis. Namun begitu, Bunda Yati tetap menjalani kehidupan pribadinya yang bahagia, sebagai  ibu dari 5 orang anak, sekaligus nenek dari 4 orang cucu.

Dalam blognya www.bundayati.com , bunda Yati mengambil MISCELLANEOUS sebagai tagline. Hal  ini sangat unik menurut saya pribadi. Bunda Yati juga aktif dalam kegiatan online antara lain sebagai Member Kumpulan Emak2 Blogger (KEB), Warung Blogger, BlogCamp, Blog of Friendship, BlogDetik, Fun Blogging, Blogger Perempuan and BP Network
 
bunda Yati bersama teman-teman blogger
sumber : blog bundayati.com
Selain itu juga, Bunda Yati kerap mengikuti berbagai kontes ataupun perlombaan, dan beberapa kali mendapatkan kemenangan. Semangat dan aktifitas Bunda Yati dalam dunia blog, mengantarkannya mendapatkan penghargaan dari Kumpulan Emak2 Blogger sebagai Blog Terpilih bulan April 2013 serta Srikandi Blogger "Lifetime Achievement 2013". 

Bunda Yati menuliskan banyak hal di dalam blog pribadinya.  Tidak hanya menuliskan curhatan isi hati dan pengalaman hidup saja, tetapi ada juga menuliskan berbagai tips dan kiat,  kisah inspirasi,  hasil liputan dari kegiatan seminar atau workshop,  kuliner, review produk, give away, dll.  Membaca blog Bunda Yati,  saya melihat sebuah blog yang di tulis dengan hati, mengalir apa adanya dan menginspirasi khas beliau.    Bahkan saya bisa mendapatkan berbagai hikmah yang bisa di petik dalam tiap tulisan  tersebut.

Salah satu tulisan Bunda Yati yang menginspirasi saya yaitu  http://www.bundayati.com/2016/01/ribuan-langkah-seorang-ibu.html yang tergambar jelas bagaimana energik dan semangat bunda dalam melakukan berbagai aktifitas sehari hari.  

Selain itu, ada pula tulisan bunda yang membuat saya mengharu biru,  http://www.bundayati.com/2015/02/ichlaskan-sebuah-kehilangan.html . Bunda menceritakan bagaimana harus mengiklaskan kehilangan seseorang yang amat berarti dalam hidupnya.  Saya melihat begitu tegar dan kuat bunda Yati  menjalani semuanya, dan memberikan hikmah tersendiri bagi pembaca.

Bunda Yati di acara Sido Muncul
sumber blog Bundayati.com
Bunda Yati memang kerap menceritakan pengalamannya ketika mengikuti berbagai kegiatan, salah satunya saat mengikuti acara bersama Sido Muncul.
http://www.bundayati.com/2016/03/galakkan-peduli-lingkungan-bersama-sido.html .  Jiwa dan semangat energic beliau tampak jelas terlihat dalam foto kegiatan tersebut.  

Saya juga sempat membaca kegiatan bunda di bidang kuliner misalnya , Bunda menceritakan kegiatan kulinernya di Saung Ibu yang terkenal dengan Tomyam Kelapanya.http://www.bundayati.com/2016/02/saung-ibu-dengan-tomyam-kelapanya.html.
Bunda Yati di Saung Ibu bersama teman teman blogger
sumber blog bundayati.com
Atau juga bunda  membagikan berbagai resep untuk pembaca, salah satunya resep No bake Cookies http://www.bundayati.com/2016/04/no-bake-cookies-ala-bunda.html  . Sungguh membuat saya penasaran sekaligus ingin mencoba aneka kuliner tersebut.


Selain menulis blog, Bunda Yati menunjukkan semangatnya untuk terus produktif berkarya dengan telah menghasilkan berbagai buku antologi. Salah satu buku yang baru-baru ini di tulisnya berjudul  "Me and My Life, Bunga Rampai Kehidupanku". Buku ini berisi kumpulan postingan pilihan dari blog Bunda Yati  sendiri.  Saya sendiri merasa semakin terinspirasi dan semangat untuk mengikuti jejak Bunda Yati untuk terus berkarya.  Tidak salah rasanya, bila saya dan banyak orang yang menganggap beliau adalah sosok Inspiratif.

buku Me and My Life
sumber blog Bundayati.com
Untuk berkenalan lebih jauh dengan bunda Yati, bisa langsung kunjungi website www.bundayati.com. Atau Email : yatirachmat@yahoo.com Facebook: www.facebook.com/yati.rachmat Twitter: @yatirachmat  .LinkedIn: id.linkedin.com/pub/yati-rachmat/20/28a/774/en


11 komentar

Write komentar
Yati Rachmat
AUTHOR
12:33 AM delete

Waaah, Yuni, postingannya bikin bunda tersanjung nih. Makasih ya. Tapi jadi mengembang juga airmata bunda ketika membaca link tentang kehilangan anak bunda itu, hiks... Semoga Yuni selalu dalam lindunganNya dan diberi keberkahan sehat wal'afiat, ya. Aamiin. lv u.

Reply
avatar
tizara
AUTHOR
4:59 PM delete

Selalu salut untuk bunda meskipun sudah tidak muda lagi semangat menulisnya luar biasa

Reply
avatar
iip
AUTHOR
10:49 PM delete

>.< terima kasih kak, jadi nambah wawasan ngeblog saya... ternyata ada bunda Yati yang punya semangat blog di umur yang luar biasa... terharu saya.. semoga selalu dilindungi yang mahakuasa yah... amin!

Reply
avatar
Santi Dewi
AUTHOR
6:59 PM delete

Bunda Yati memang inspirator semua orang, saya kagum sama beliau

Reply
avatar
11:37 PM delete

Bunda Yati memang inspirasi semua orang.
Saya juga terpacu semangat bunda untuk terus menulis

Reply
avatar
11:38 PM delete

Setuju mba.. Harus ferus semangat seperti beliau

Reply
avatar
11:39 PM delete

Tetima kasih ya @iip untuk kunjungannya.

Reply
avatar
11:40 PM delete

Iya mba Susanti Dewi, setuju banget

Reply
avatar
Susan
AUTHOR
9:27 AM delete

Wiihhh...salut sama mba Yuni, selalu duluan setor artikel dengan segala keterbatasan. Saya juga jadi terinspirasi sama mba Yuni.

Reply
avatar
7:11 PM delete

Makasih ya mba. Semua berkat teman teman di group kita. Saya jadi semangat untuk terus menulis

Reply
avatar
Zia Subhan
AUTHOR
4:31 PM delete

Semangat bunda memang luar biasa yah. Saya pun kagum dengan beliau.
Ulasannya bagus, mba Tri. :)

Salam hangat,
Zia

Reply
avatar