Di Balik Proses Pembuatan Video Buku Kanker Bukan Akhir Dunia

12:36 PM 0 Comments A+ a-

Alhamdulillah... akhirnya serangkaian promosi terhadap buku Kanker Bukan Akhir Dunia ( terbitan PT. ELEX MEDIA), sampai juga pada pembuatan video testimoni pembaca buku.  Mungkin banyak orang menilai saya agak narsis  dengan membuat video dan di unggah di you tube.  Tapi sebagai penulis sekaligus survivor kanker yang niat turut mengedukasi kanker melalui tulisan, maka langkah mengunggah video youtube adalah hal jitu.  Termasuk juga, sebagai tanda kalau penulis pun harus bisa berpromosi dengan baik,  bukan hanya tugas penerbit :) .


Belajar Otodidak
Sebelum membuat video promosi ini, saya berfikir bagaimana cara membuatnya menjadi lebih simple.  Bahkan saya sempat bertanya kepada Mba Indari Mastuti (owner Indscript Creative, founder IIDN dan IIDB), bagaimana membuat video promosi kegiatan Indscript yang sering ia lakukan. 



Setelah itu, saya coba menyusun materi-materi promosi yang akan saya masukkan ke video. Penyusunan materi ini cukup memakan waktu lho.  Saya berusaha membuat beberapa puzzle gambar yang berisi materi promosi.  Saya pun harus mengatur agar isi materi, gambar dan musik bisa semenarik mungkin.

Untuk aplikasi yang say gunakan memakai program yang ada di komputer yaitu movie maker.  Untungnya, saya waktu dulu, suka iseng bikin video sederhana pakai program ini, jadi tidak terlalu bingung lagi.  Walaupun ada beberapa kendala dalam membuat video ini, tapi syukurnya bisa di atasi secara otodidak dan tentu saja nanya sama mba google. Heheheheh :)


Membuat Beberapa Video Promosi

Untuk membuat video promosi ini, saya memang merencanakan ada dua video.  Video pertama yaitu Trailer Buku "Kanker Bukan Akhir Dunia" yang saya buat beberapa saat sebelum buku ini terbit.  Istilah manisnya, saya ngikutin cara promosi film-film yang mau tayang.  Biasanya selalu ada trailler film beberapa saat sebelum film tersebut tayang pertama kali.

Pada video pertama ini, saya sengaja menampilkan lebih simpel, karena berisi materi tentang isi buku dan beberapa testimoni pembaca untuk membuat video ini semakin menarik.   Tentu saja, pemilihan background sound atau lagu jadi salah satu prioritas utama saya.  Kebayang kan, kalau saya salah lagu, bisa bisa penonton video saya jadi malas nonton.

Pilihan lagu sebenarnya saya sudah punya dua prioritas,  yaitu lagu Hero (Mariah Carey) atau A Thousand Years (Cristina Perry). Saya memilih lagu instrument kedua lagu itu yang diunduh dari google 4shared.com.  (thanks 4 share.com) . Ternyata saya memilih lagu A thousand years hehehe.. mungkin karena terbawa susana romantisnya lagu itu kali ya  :) 
Proses pembuatan video pertama ini cukup memakan waktu 2 hari saja, karena memang materinya fokus pada buku. Untuk ketiga testimoni pembaca, saya meminta 3 sobat saya yaitu Sari Azis (Samarinda), Sri Rahayu (Bali), dan Irni Fatma (Jepang) untuk memberikan testimoni.

Sambutan untuk video ini pun cukup apresiasif.  Apalagi yang saya tidak menyangka, video trailler buku Kanker Bukan Akhir Dunia ini sempat  terpampang manis di website Penerbit PT. ELEX media.  :)  duh senangnyaaa...