Jurus-Jurus Cerdas Mengatasi Kabut Asap

7:42 PM 0 Comments A+ a-

Beberapa waktu belakangan ini di beberapa daerah di Indonesia terjadi kembali kabut asap. Kabut asap ini berasal dari kebakaran hutan dan lahan.  Daerah yang lumayan cukup parah yaitu Sumatera dan sekitarnya.  Bahkan salah satu teman yang berada di Palembang pun bercerita kalau daerahnya turut terimbas kabut asap.


Namun, ternyata kabut asap mulai melanda daerah Kaltim.  Hal ini bisa diamati dengan terlihatnya kabut asap yang mulai menyelimuti beberapa kota, antara lain Balikpapan dan Samarinda.  Tidak hanya itu, udara pun terasa kurang nyaman untuk di hirup.  Rasanya tidak salah kalau mulai mengenakan masker penutup hiding dan mulut untuk menghindari terhirupnya udara tidak sehat.  Apalagi untuk seorang yang alergi udara dan punya riwayat asma seperti saya. 


Ternyata kabut asap ini memang bisa menimbulkan berbagai Masalah kesehatan, lho.  Antara lain  Kabut asap bisa mengakibatkan reaksi alergi, peradangan bahkan infeksi pernafasan.  Selain itu dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung serta tenggorokan .  Apabila seseorang memiliki penyakit asma atau penyakit paru kronis lainnya, dengan adanya kabut asap dapat memperparah kondisi orang terse but.

masker


Tidak bisa dipungkiri, akibat kabut asap ini pada sebagian orang mengalami kesulitan bernafas dan mudah lelah.  Hal ini dikarenakan kemampunan kerja paru menjadi berkurang. Apabila seseorang memiliki daya tubuh yang lemah, maka akan mudah sekali mengalami gangguan kesehatan.


Hal ini bisa terjadi pada orang usia lanjut, wanita Hamil ataupun anak-anak .  Selain itu adanya kabut asap bisa mengakibatkan orang terkena ISPA atau infeksi Saluran Pernafasan Akut. Serta berbagai macam gangguan kesehatan akibat kabut asap lainnya.


Tentu saja, agar terhindar dari berbagai ancaman gangguan kesehatan tersebut, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.  Beberapa hal itu saya rangkum dalam jurus-jurus cerdas mengatasi kabut asap.  Setidaknya dengan menerapkan jurus-jurus ini, kita bisa meminimalisir kemungkinan tergangguanya kesehatan karena kabut asap.


Jurus-jurus cerdas mengatasi kabut asap itu antara lain :

1.  Sebisa mungkin menghindari berbagai aktifitas di luar rumah atau yang berhubungan langsung terkena kabut asap.  Semakin dekat kita berinteraksi dengan udara yang terkontaminasi kabut asap, maka semakin besar kemungkinan adanya gangguan kesehatan khususnya pernafasan.  Sebaiknya lebih diperhatikan orang yang memiliki penyakit gangguan pernafasan atau jantung, agar bisa menahan diri tidak banyak beraktifitas di luar rumah .

2. Sering-seringlah mengkonsumsi air putih lebih banyak. Air putih selain bagus untuk tubuh, juga membantu agar tidak terjadi dehidarasi pada tubuh.

3. Jika memang memiliki riwayat penyakit jantung atau gangguan pernafasan seperti asma, bronkitis, dll.  Ada baiknya segera pergi ke dokter apabila di temukan masalah pernafasan.  Selain itu, bisa pula berkonsultasi dengan dokter untuk berjaga jaga persediaan obat bila ada kejadian mendadak.  Ibarat sedia payung sebelum hujan.

4.  Tidak Ada salahnya sedia masker untuk menutupi pernafasan dari kabut asap saat berpergian keluar rumah.  Kalau memang diperlukan, bisa pula mengenakan kaca mata untuk menghindari debu atau asap terkena mata.

5. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Ada baiknya melakukan hid up bersih sehat. Antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, tidak merokok, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Masaklah makanan dan minuman hingga matang untuk di konsumsi.  Kita pun harus bisa menjaga penampungan minuman dan makanan agar tetap higenis dan sehat.

6.  Sebisa mungkin menjaga agar rumah atau ruangan yang kita tempati tidak dimasuki oleh kabut asap.  Caranya menutup pintu atau jendela dengan rapat bila tidak keluar rumah.  Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kabut asap masuk ke dalam rumah.
Sebenarnya banyak jurus-jurus cerdas yang bisa kita lakukan untuk mengatasi timbulkannya permasalahan akibat kabut asap.   Yang terpenting, kita harus bisa tetap bisa menjaga kondisi dan daya tahan tubuh, agar tetap sehat :)