Keajaiban Terapi Menulis : Resensi Buku Sembuh dan Sukses Dengan Terapi Menulis

6:29 AM 2 Comments A+ a-

Keajaiban Terapi Menulis
Oleh : Tri Wahyuni Zuhri, SP
(Penulis & Trainner)

Judul : Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis
Penulis : Jonru dan dr. Dito Anurogo
Penerbit : Dapur Buku
Hal : 271
Tahun : 201
3
Cetakan  : II



Pernahkah Anda mendengar kisah mengenai seseorang yang di vonis menderita kanker, akhirnya berangsur bersembuh karena terapi menulis yang rutin dilakukannya? Atau kisah tentang seorang perempuan yang mengalami depresi karena berbagai cobaan yang dihadapinya, dapat bangkit dan optimis kembali setelah melakukan terapi menulis? Kedua kisah itu hanya sebagian kisah-kisah nyata yang menunjukkan bagaimana terapi menulis memberikan keajaiban luar biasa bagi seseorang.   Buku Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis yang ditulis oleh Jonru dan dr. Dito Anurogo memang sangat menarik. Buku ini menjelaskan mengenai bagaimana terapi menulis itu dilakukan serta kiat-kiat penting dalam terapi menulis. 
Kedua penulis yaitu Jonru dan dr. Dito Anurogo memberikan ulasan lengkap mengenai terapi ini.  Jonru, yang selama ini dikenal sebagai penulis produktif, wirausahawan dan mengelola berbagai kegiatan di bidang penulisan. Ia mengungkapkan menulis sangat bermanfaat bagi orang siapa saja tanpa kecuali, termasuk untuk menyembuhkan penyakit hati dan pikiran.  Ia pun mencontohkan kisah seorang perempuan survivor kanker yang rutin membuat tulisan di blognya.  Ternyata hal ini berpengaruh mengurangi tingkat stress yang akhirnya dia bisa meringankan penderitaan yang dirasakannya.
Jonru pun dalam buku ini menjelaskan dalam menjalani terapi menulis ini, seseorang dapat menuangkannya dalam blog, artikel, bahkan update status facebook atau twitter.  Dengan catatan, hindari tulisan yang bernuansa negatif dan tulislah hal-hal yang memberi pengaruh positif. Misalnya saat Anda merasa gagal atau tidak dapat mencapai tujuan. Anda bisa menuliskan "Sukses itu sebuah proses. Aku harus yakin bisa menjalaninya".  Dengan menuangkan perasaan dalam bentuk tulisan yang positif, maka akan timbul semangat dan rasa optimis. Jonru pun menambahkan agar seseorang yang mengikuti terapi menulis ini lebih sering berafirmasi positif dalam kehidupannya.
Dr. Dito Anurogo menjelaskan mengenai terapi menulis dari segi kesehatan.  Latar belakang Dito sebagai seorang dokter, membuatnya bisa menilai bagaimana terapi menulis berdampak positif bagi kesehatan seseorang. Ia pun menjelaskan beberapa riset ataupun penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti mengenai terapi menulis. Sebut saja menurut Baikie dan Wilhelm (2005) yang menjelaskan manfaat jangka panjang dari menulis dengan metode expressive writing, antara lain meningkatkan dan memperbaiki suasana hati, fungsi sistem imun, fungsi paru-paru (terkhusus penderita asma), kesehatan fisik dan nyeri (terutama pada penderita kanker), fungsi hati, dan lain sebagainya.
Dalam  buku ini pun dilengkapi oleh testimoni dari 92 penulis mengenai pengalaman mereka lewat terapi menulis. Testimoni ini dibagi dalam beberapa bagian, yaitu Menulis untuk menghilangkan Galau dan Stess, Menulis untuk memotivasi diri sendiri, Sembuh dari penyakit, Menulis untuk mengatasi Minder, dan Menulis untuk meningkatkan taraf hidup.
Salah satu testimoni yang menarik bagi saya mengenai pengalaman hidup seorang yang sempat mengalami pergejolakan batin kepada sang ayah.  Kehidupan broken home yang dijalani karena perpisahan ayah dan ibunya, membuatnya tertutup dan pendiam. ia merasa marah dan sedih karena kejadian itu. Suatu ketika ia memutuskan menuliskan perasaan untuk ayahnya selama ini lewat tulisan. Tulisan itu pun akhirnya dibukukan dan tanpa sengaja di baca oleh sang ayah. Saat itu ia merasakan kelegaan luar biasa dan beban hati yang selama ini terpendam telah berhasil dikeluarkan. Ia pun merasakan perubahan positif dengan terapi menulis tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Apakah saat ini Anda dalam kondisi suasana tidak menyenangkan, galau atau risau? Buku ini bisa menjadi salah satu rekomendasi buat Anda baca. Setelah itu, Anda bisa terapkan terapi menulis serta rasakan keajaiban-keajaiban positif dalam kehidupan Anda.

2 komentar

Write komentar
Boni
AUTHOR
1:53 AM delete

terima kasih untuk artikelnya...jadi semangat nulis nih...tetap bertekun menulis dalam keadaan apa pun...salam sukses..!!

penulispiritual.blogspot.com

Reply
avatar
6:41 PM delete

terima kasih kunjungannya.. salam sukses

Reply
avatar