UNDANGAN MENULIS SERIAL "A CUP OF TEA FOR WRITER"

8:44 PM 0 Comments A+ a-



Menulis adalah hobi, pekerjaan, kesenangan, atau malah terapi. Ada penulis yang mempertaruhkan segalanya demi menerbitkan sendiri buku yang ditulisnya. Ada penulis yang menulis demi memenuhi impian orangtuanya. Ada yang memulai karier menulisnya dari bawah lagi setelah mengalami sebuah “kecelakaan”.  Ada juga penulis yang membiayai kuliahnya dengan uang hasil menulisnya.

Apapun alasan di baliknya, menulis tetaplah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih buat mereka yang memang ingin menjadikan penulis sebagai profesi. Stiletto Book sengaja mengangkat tema ini untuk serial A Cup of Tea yang ke-4. Terlebih karena kegiatan menulis sedang terdengar amat seksi dan menarik akhir-akhir ini.

Mari kita sharing tentang segala hal yang berkaitan dengan dunia tulis-menulis dan kepenulisan, baik itu tentang prestasi maupun kekecewaan kita di dunia kepenulisan ini. Yang terpenting, kita bisa berbagi semangat dan harapan kepada para pembaca. So, kami mengundang teman-teman untuk ikut bergabung dalam buku serial A Cup of Tea for Writer.

Buku A Cup of Tea for Writer berisi kumpulan kisah inspiratif tentang cita-cita, harapan, perjuangan, prestasi, kegagalan, atau apapun yang menarik untuk dibagi kepada pembaca berkaitan dengan dunia tulis-menulis. Banyak yang berhasil menggapainya, tapi tak jarang pula yang harus menelan pil pahit karena semua mimpi tinggal kenangan setelah kita berusaha mati-matian untuk meraihnya. Di luar semua itu, pasti ada hikmah yang bisa diambil, sebuah manfaat yang bisa dijadikan pelajaran bagi diri sendiri dan pembaca lainnya.

SYARAT UMUM:
  1. Usia bebas.
  2. Tulisan bisa berisi kisah nyata pribadi atau orang-orang terkenal yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia tulis-menulis.
  3. Tulisan harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jika nanti naskah lolos seleksi, kamu harus menyertakan surat pernyataan keaslian naskah.
  4. Jika kamu menuliskan kisah perjalanan penulis terkenal, di akhir cerita tuliskan nama lengkap si tokoh tersebut dan keterangan bahwa tulisan tersebut sudah mendapat izin dari orang yang bersangkutan.
  5. Tulisan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun (termasuk di dunia maya).
  6. Untuk memudahkan koordinasi, kontributor yang ingin mengirimkan naskah harus menjadi teman dari FB Stiletto Book (Stiletto Book) atau follower Twitter Stiletto Book (@Stiletto_Book).

SYARAT KHUSUS:
  1. Naskah bisa menceritakan apa saja asalkan sesuai dengan tema Writer atau Penulis. Seperti: suka duka menjadi penulis, perjalanan meraih impian sebagai penulis, rasa pedih ketika naskahmu ditolak penerbit, kepuasan setelah meraih mimpi menjadi penulis, dll.
  2. Ingat, buku ini nanti tidak akan menjadi buku yang berisi tips atau saran, melainkan kumpulan kisah sejati yang mengandung hikmah bagi para pembaca.
  3. Naskah berupa tulisan nonfiksi populer (bukan makalah ilmiah) dengan gaya bercerita yang mengalir, ringan, dan mudah dicerna tapi tetap sesuai dengan EYD. Hindari pemakaian kata-kata yang menyinggung SARA, mengandung pornografi, bahasa kasar, dan bahasa alay.
  4. Panjang naskah 5-6 halaman kertas A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. Ketik dan simpan hanya dalam file Microsoft Word berformat (.doc).
  5. Naskah dikirim dalam bentuk attachment ke alamat e-mail: stiletto_acot@yahoo.com danbukan ditulis di badan e-mail. Pada subjek, tuliskan: (ACOT-W) – Judul Naskah.
  6. Sertakan nama asli, nama FB, akun Twitter, dan biodata deskriptif sepanjang satu paragraf di akhir naskah.
  7. Jangan lupa, cantumkan judul tulisan dan nama penulis di awal tulisanmu (halaman pertama).

CATATAN:
  • Akan dipilih 14 naskah terbaik yang dinilai paling unik, memotivasi, dan menginspirasi orang lain. Total ada 20 naskah dengan komposisi: 14 naskah kontributor + 2 naskah penyusun + 4 naskah penulis tamu.
  • Semua pertanyaan berkaitan dengan audisi ini, silakan ditanyakan dan didiskusikan di Grup “a cup of tea” (http://www.facebook.com/home.php?sk=group_191188287597370&ap=1)
  • Naskah ditunggu hingga tanggal 9 Juli 2012 pukul 23.59 WIB.
  • Pengumuman kontributor yang masuk dalam serial ini akan di-posting di Notes FB Stiletto Book, dokumen grup “a cup of tea”, dan www.stilettobook.blogspot.com pada tanggal 16 Juli 2012, pukul 23.59 WIB. 
  • Naskah yang terpilih akan diterbitkan oleh Penerbit Stiletto Book.
  • Kontributor tidak menerima royalti, melainkan honor dalam bentuk 6 (enam) eksemplar buku A Cup of Tea for Writer seharga kurang lebih Rp240.000 + suvenir cantik dari Stiletto Book.

So, tunggu apa lagi? Tulis kisahmu yang paling menarik, tak terlupakan, dan memotivasi orang lain, lalu kirimkan sekarang juga.

Oya,  A Cup of Tea for Writer ini adalah Seri #4 setelah Buku A Cup of Tea for Single Mom, A Cup of Tea for Complicated Relationship dan A Cup of Tea–Menggapai Mimpi sukses di pasaran. Mau tahu referensi untuk tulisan yang lolos audisi kemarin? Dapatkan serial A Cup of Tea seri sebelumnya di toko buku; Gramedia, Gunung Agung, Rumah Buku, Togamas, dll.