AUDISI ANTOLOGI "AYAHBUNDA SMART, ANAK CERDAS"

2:16 AM 0 Comments A+ a-

Memiliki buah hati yang cerdas adalah dambaan setiap ayah bunda. Berbagai upaya tentu dilakukan para orangtua untuk  menstimulasi putra-putri tercinta agar menjadi anak yang cerdas. Seperti apakah anak cerdas itu? Apakah ia pintar berhitung sehingga unggul dalam pelajaran matematika? Langganan ranking 1 di kelas? Ow, ternyata tidak sebatas sisi akademik saja.

Sebuah teori kecerdasan yang dikembangkan oleh Dr.Howard Gardner, seorang peneliti dari Harvard, sangat terkenal dengan Konsep Multiple Intelligences. Yaitu kecerdasan majemuk, yang terdiri dari: kecerdasan bahasa, kecerdasan logika matematika, kecerdasan gerak, kecerdasan spasial, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan naturalis. Bahkan kini ada yang menambahkan dengan kecerdasan spiritual.

Berpijak pada pemikiran ini, saya ingin kita berbagi, saling menginspirasi mengenai perjalanan para ayah bunda dalam membimbing putra-putrinya sehingga tumbuh menjadi anak yang cerdas. Semisal anak usia balita sudah bisa melukis di komputer, anak usia SD sudah pandai mendongeng, sejak kecil gemar membaca sehingga usia SD awal sudah mampu melahap novel-novel tebal dengan baik, sudah bisa menjadi imam sholat dengan bacaan Al-Quran yg baik, kreatif saat berprakarya, terampil bercocok tanam, dsb.

Apa saja yang ayahbunda lakukan saat melihat potensi mereka lalu mendorongnya? Media apa yang disediakan? Trik dan tips apa saja dalam menghadapi gairah anak yang meluap agar lebih terarah? Tentu ada banyak kisah menarik di sini, yang lucu, unik, menyenangkan, bahkan mungkin bisa mengharukan dan tidak terlewat juga bikin kesal dan geram.
Mari berbagi cerita, dengan bergabung dalam audisi antologi ini, yang ketentuannya sbb:
  1. Terbuka untuk umum, boleh ayah boleh bunda, baik di wilayah nusantara maupun penjuru dunia.
  2. Tema: Ayahbunda Smart, Anak Cerdas
  3. Judul bebas namun tetap mengacu pada tema, dan boleh menggunakan bahasa asing.
  4. Naskah berasal dari kisah nyata penulis, bukan orang lain, asli, bukan jiplakan atau saduran.
  5. Naskah belum pernah dipublikasikan di media offline maupun online, dan tidak sedang diikutsertakan dalam ajang lomba lain.
  6. Gaya penulisan seperti dalam buku ‘chicken soup’.
  7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya
  8. Ditulis di kertas A4, spasi 1,5, font Times New Roman. size 12. Minimal 6 halaman, maksimal 8 halaman.
  9. Sertakan dalam lampiran terpisah biodata singkat berbentuk narasi maksimal 100 kata.
  10. Kirim naskah dan lampiran dalam bentuk attachment (tidak terima naskah di badan email) ke: hikarisalman@yahoo.com dengan subject: Ayahbunda Smart Anak Cerdas_nama penulis
  11. Peserta wajib memposting info audisi ini dengan men-tag Eni Martini http://www.facebook.com/duniaeni (add dulu bagi yang belum berteman) dan tag 10 teman lainnya.
  12. Batas akhir tag dan pengiriman naskah tanggal 12 Juli 2012 pukul 24:00 WIB (lewat dari waktu tersebut naskah dinyatakan gugur)
  13. Akan dipilih 20 naskah terbaik untuk diajukan ke penerbit, dan apabila lolos dari penerbit, kontributor akan mendapatkan royalty.
  14. Jangka waktu seleksi kurang lebih 1 bulan, setelah DL.
  15. Segala info ttg kelanjutan proyek ini nanti, peserta akan diinbox.
Selamat Menulis! Mari Berbagi, Memotivasi, dan Menginspirasi..