Resensi Buku Curhat Bisnis

3:46 AM 0 Comments A+ a-



Kisah Indahnya Berbisnis Para Ibu


Judul               : Curhat Bisnis
Penulis             : Indari Mastuti, Tri Wahyuni Rahmat, Sri Mulyani,, dkk
Penerbit           : Calista
Halaman          : 128 Halaman
Tahun              : 2012

Banyak orang beranggapan bisnis merupakan kegiatan yang tidak mudah dilakukan, khususnya bagi wanita yang notabene adalah seorang ibu. Begitu banyak hambatan dan persaingan yang bisa ditemui bagi wanita dalam berbisnis. Tidak jarang dari mereka akhirnya tidak ingin terjun kedunia bisnis karena ketakutan-ketakutan akan kegagalan serta resiko berbisnis.

Namun, tidak sedikit para ibu yang akhirnya tetap memilih menekuni bisnis sembari bisa fokus mengurus kehidupan rumah tangga dan pribadinya. Buku Curhat Bisnis ini merupakan buku yang ditulis oleh 17 orang penulis yang merupakan  pebisnis wanita yang menceritakan tentang bisnis yang dilakoni. 

Membaca buku ini akan mematahkan ketakutan-ketakutandalam berbisnis bagi wanita.  Buku ini tidak hanya bercerita tentang perjuangan para pebisnis wanita mempertahankan bisnis dan mengalami jatuh bangun. Tetapi buku ini pun menceritakan bagaimana indahnya berbisnis, sehingga memberikan pelajaran dan hikmah, sehingga sangat menginspirasi pembacanya.

Salah satu penulis buku ini adalah Indari Mastuti, yang merupakan Pemenang wirausaha Muda Mandiri 2011. Indari menceritakan mengenai bisnis agensi penulisan yang di jalankannya. Berawal dari keputusannya untuk berbisnis sesuai dengan minatnya, yaitu menulis, hingga lahirlah agensi Naskah Indscript Creative.  Berbisnis di dunia agensi naskah ternyata tidak mudah. Seiring perjalanan waktu, ia menemukan berbagai hambatan dan persaingan.  Dengan semangat dan terus mengasah kreativitas, agensi naskah yang di kelolanya berkembang hingga saat ini.  Bahkan ia pun meraih berbagai penghargaan  dari bisnis tersebut.

Cerita lain adalah bisnis yang di jalankan oleh Sri Mulyani, penulis asal Bontang.   Berawal dari keinginannya untuk mengisi waktu luang, Ia pun menceritakan pengalaman bisnisnya membuat toko kecil di teras belakang rumah dan berlanjut dengan menerima pemesanan berbagai jenis kue. Ternyata dari hobinya tersebut tidak hanya mendatangkan keuntungan usaha, tetapi kepuasan hati.

Lain lagi cerita dari Tri Wahyuni Rahmat.  Penulis asal Kota Bontang ini bercerita bagaimana lika-liku kolaborasi bisnis antara dirinya dan suami.  Memang tidak mudah menjalankan bisnis bersama dengan suami.  Walaupun beberapa kali menghadapi berbagai persoalan dan persiangan dalam bisnis, namun tidak membuatnya menyerah.  Ia pun semakin menguatkan langkah bersama suami untuk terus berbisnis. Ia pun membagikan berbagai trik agar bisnis suami istri bisa berjalan dengan selaras.

Ada pula kisah ibu yang memulai bisnis hanya bermodal seratus ribu rupiah, atau kisah seorang ibu yang menemukan metode baru dalam belajar membaca cepat untuk anak, dan banyak kisah menginspirasi lainnya.  Tentu saja yang  menarik dari buku ini, pada cover depan buku. Cover yang berilustrasikan para ibu pebisnis dengan berbagai karakter dan ciri. Ilustrasi gambar yang cantik dengan latar warna ungu akan menambah  penasaran untuk segera membacanya.