Menjadi Perempuan Istimewa, Positif dan Berkarya bersama IIDN (Ibu_ibu Doyan Nulis) Interaktif

5:42 PM 0 Comments A+ a-


*)Tulisan ini pernah di muat di group FB Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Interaktif

https://www.facebook.com/groups/165731113482130/



Perempuan di lahirkan sebagai makhluk yang istimewa. Begitu pula dengan saya dan anda sebagai perempuan. Dibalik sosok kelembutan dan kasih sayangnya, perempuan memiliki semangat luar biasa dan tenaga extra untuk mengurus segala urusan. Begitu padat aktifitas kita sebagai perempuan khususnya ibu rumah tangga dalam 24 jam sehari. Dari urusan rumah tangga, anak bahkan ada pula mengurus pekerjaan. Rasanya dalam waktu 24 jam tersebut tidak habis-habisnya kita beraktifitas. Waktu istirahat dan menikmati kehidupan secara pribadi pun terkadang terlewatkan, hanya karena urusan rumah ataupun pekerjaan yang lebih membutuhkan extra perhatian.


Hal itu pula yang saya alami. Sebagai ibu rumah tangga dengan dua anak super pintar dan lincah, membuat saya harus memiliki semangat dan tenaga luar biasa mengurus mereka. Begitu pula dengan predikat sebagai istri yang baik mengurus suami dan rumah tangga. Ditambah dengan urusan membantu usaha yang di jalankan bersama suami. Semuanya membuat waktu saya tersita untuk semua kegiatan tersebut.


Kebiasaan saya membaca buku, menulis, menikmati waktu sendiri, bertemu dengan sahabat dekat dll, merupakan kebiasaan yang dulu sempat saya lakukan saat santai. Tapi semuanya jarang saya lakukan saat-saat sekarang. Untuk mengurangi rasa jenuh, akhirnya saya mulai bersahabat dengan internet J . Di antara kesibukan super padat sebagai ibu rumah tangga merangkap sebagai wirausaha, internet merupakan salah satu tekhnologi yang membantu banyak urusan saya.

Tidak hanya urusan pekerjaan usaha yang bisa saya pantau lewat bantuan internet, tetapi juga saya mendapat banyak ilmu dan informasi dari sana. Tinggal ketik apa saja yang ingin saya ketahui pada google atau yahoo, dan klik… semua informasi yang saya inginkan bisa di dapatkan. Setidaknya hal ini membantu saya, agar tidak terlalu gaptek ataupun ketinggalan informasi yang lebih baru.


Salah satu situs yang sering sekali saya kunjungi adalah jejaring sosial facebook . Bagi saya, facebookmerupakan salah satu jembatan bagi saya untuk berkomunikasi dan menjalin silaturahmi dengan teman-teman. Tidak hanya teman-teman lama seperti teman SD sampai kuliah yang saya temukan di facebook, tetapi teman-teman baru yang membuat jaringan pertemanan saya semakin banyak. Semakin banyak teman, berarti semakin banyak pula tali silaturahmi yang kita tebarkan.

Hingga pada suatu hari, di akhir bulan April, saya di undang oleh seorang teman FB Echa Kare untuk masuk Grup “Ibu-Ibu Doyan Menulis” (IIDN) Interaktif. http://www.facebook.com/home.php?sk=group_165731113482130&ap=1

Group IIDN ini adalah sebuah group khusus untuk perempuan (Ibu-ibu dan remaja putri) yang suka menulis. Jumlah anggota group sampai hari ini sekitar 1900 orang dan selalu bertambah setiap harinya. Anggotanya pun tidak hanya dari seluruh provinsi di Indonesia, tetapi ada yang dari luar negeri.


Pendiri dan pengasuh group ini Indari Mastuti, seorang ibu muda yang energic. Saya mengenal beliau lebih dekat melalui profil beliau yang di tampilan di tabloid Nova. Wow, ibu Indari ini ternyata perempuan sibuk dengan aktifitas sebagai ibu rumah tangga, penulis sekaligus punya usaha.


Pada dasarnya saya pun seorang penulis. Walaupun belum banyak karya yang saya hasilkan, namun semangat untuk menulis tetap berkobar di hati saya. Saya tinggal di Bontang, sebuah kota kecil di Kalimantan Timur, yang sangat sulit menemukan komunitas penulisan yang positif. Padahal saya tahu, dengan bergabung dengan sebuah komunitas penulisan, maka semangat dan produktivitas menulis akan semakin meningkat. Hal itulah yang menjadi alasan terbesar saya bergabung di IIDN. Terlebih yang menarik, anggota group ini semuanya perempuan. Tentunya akan sangat memudahkan untuk saling interaksi dan berkomunikasi sesama anggota.


Ada 3 hal penting yang saya bisa rasakan setelah bergabung di group IIDN. Dan mungkin hal ini dirasakan pula oleh teman-teman yang telah bergabung di IIDN, yaitu :

  1. Istimewa

Ya, setiap perempuan ingin selalu diperlakukan istimewa. Begitu pula dengan saya dan anda. Istimewa bukan hanya karena dianggap cantik fisik, tetapi istimewa dalam hal perlakuan dan sikap. Pada Group IIDN, terjadi intreaksi dan komunikasi yang baik antara sesama anggotanya.

Misalnya saja ada seorang ibu anggota IIDN yang curhat ataupun memposting tulisan hasil tulisannya, maka anggota lain akan mengomentari bahkan memberikan support dan dukungan bagi ibu tersebut. Tentu saja kita tahu, sebagai seorang perempuan, kita butuh teman ataupun sahabat untuk saling berbagi cerita, saling memberi support, dukungan dan penghargaan. Di IIDN, saya dan teman-teman mendapatkannya. Hal itulah kita menjadi perempuan yang istimewa. Sebuah persahabatan yang indah terjalin dalam sebuah group penulisan


2. Berkarya

IIDN adalah salah satu wadah untuk berkarya khususnya di bidang penulisan. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa menuliskan hasil karyanya di IIDN, selama hasil karya tersebut tidak menyinggung masalah SARA atau menyinggung orang lain tentunya. Sebagian dari anggota IIDN memang adalah para penulis terkenal dan telah menghasilkan karya, dan sebagian adalah ibu-ibu yang memang baru belajar menulis. Namun, tidak ada perbedaan untuk anggota IIDN. Semua mendapatkan hak yang sama untuk berkarya, saling belajar dan saling berbagi.

Yang lebih menarik, dari karya yang di publikasikan anggota di lembar catatan IIDN, ternyata banyak pengalaman ataupun pelajaran berharga yang saya dapatkan. Sebagian besar tersebut, merupakan kisah nyata dan kisah inspirasi. Ada pula yang menuliskan cerpen dan puisi. Tulisan teman-teman membuat saya tersenyum, tertawa, terenyuh, menangis. Seolah-olah saya ikut merasakan apa yang mereka tuliskan. Saya menjadi belajar lebih empati dan bersahabat dengan anggota IIDN. Walaupun sebagian besar saya belum pernah bertemu dengan mereka secara langsung, tetapi persahabatan itu tetap berjalan dengan manis.

Saya pun merasakan banyak manfaat dan bertambah pengalaman dalam menulis sejak mengikuti grup ini.

Yang menariknya lagi, di group IIDN ini, ada project menulis bagi para anggotanya. Ibu Indari selaku pendiri IIDN berusaha memfasilitasi hal tersebut bekerjasama dengan Indscript dan penerbit-penerbit lainnya. Hal ini berguna untuk lebih meningkatkan produktivitas menulis bagi anggota IIDN Tentu saja sangat di nantikan anggotanya. Bagaimana pun juga, bisa berkarya dan di bukukan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai seorang perempuan.


3. Positif

Salah satu yang saya senangi dari group ini adalah aura positif dari anggotanya. Masing-masing anggota saling mengingatkan untuk hal-hal kebaikan. Memberikan support dan dukungan secara positif. Hal itu yang membuat saya menjadi betah berada di group ini. Ibu Indari selaku pendiri group IIDN pun mampu memberikan warna tersendiri dalam aktifitas group IIDN ini. Sikap dan pikiran positif yang membawa group ini semakin solid dan berkembang.

Saat ini IIDN telah memiliki wilayah koordinasi di daerah maupun di luar negeri. Setiap wilayah bahkan telah menjalankan kopdar (kopi darat) antar anggota IIDN di wilaya mereka untuk silaturahmi ataupun kegiatan yang terkait di bidang penulisan. Alhamdulilah, saya pun di percaya menjadi salah satu koordinator wilayah untuk Kota Bontang. Bukan tugas ringan memang, tetapi akan saya jalani dengan penuh semangat dan selalu positif. Teman-teman yang saya perkenalkan group ini pun telah bergabung dan menyatakan perasaan bahagia yang sama seperti yang saya rasakan.


Ahh.. betapa indahnya persahabatan yang terjalin di IIDN. Saya merasa tidak sendiri lagi sebagai seorang perempuan yang tenggelam dalam rutinitas rumah tangga. Ada teman-teman yang bisa berbagi disini. Saling menguatkan dan memberikan semangat. Saling belajar dan memberi masukan. Menjadi lebih cerdas dalam berkarya dan menjadi lebih positif dalam berfikir dan bersikap..



I love u…., IIDN..

Tri Wahyuni Rahmat

Korwil IIDN Wilayah Bontang – Kaltim

Link IIDN Wilayah Bontang : http://www.facebook.com/home.php?sk=group_203116003056431&ap=