Pelaksanaan WCD 2017 Kaltim di BIG Mall 4 Februari 2017

11:08 AM 1 Comments A+ a-



Alhamdulillah, tanggal 4 Februari 2017 bertempat di BIG Mall Samarinda, CISC Kaltim mengadakan acara World Cancer Day (WCD) 2017.

Pelaksanaan WCD ini sendiri melibatkan berbagai pihak dan lembaga yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masalah kesehatan khususnya mengenai kanker.

Dalam acara ini di mulai dengan regristrasi peserta serta  penampilan Band Accoustic  "SOSCOUSTIC" . Band accoustic yang terdiri dari personil Wahyu, Ayu, Deo, Qori, Wandi membawakan beberapa lagu inspiratif.  Antara lain Lagu Fight Song yang merupakan lagu thema song WCD, lagu Jangan Menyerah, Lagu Luar Biasa serta beberapa lagu lainnya. 

Selain itu juga para panitia yang terdiri dari berbagai pihak dan volunter, turut melakukan aksi pemberian PIN dan brosure kalender kepada para pengunjung mall.  PIN dan brosure kalender ini  memang di berikan dari pihak Komisi Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Indonesia.

Acara Talkshow World Cancer Day 2017 di buka oleh MC, Ibu Ria Achadita yang juga menjelaskan mengenai garis besar acara WCD ini dilaksanakan.  Kemudian di lanjutkan dengan Laporan Ibu Sawiningtyas selaku  Ketua Panitia WCD 2017. Serta sambutan dari Ketua Yayasan Kanker Provinsi Kalimantan Timur.

Walikota Kota Samarinda yang dalam hal ini di wakili Dinas Kesehatan juga memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara ini. Kemudian di lanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan di atas kain yang di siapkan panitia sebagai bentuk dukungan WCD.

Acara lebih meriah dengan hiburan tarian yang di tampilkan oleh adik-adik dari Pelita Bunda.  Pertunjukan tarian ini tidak hanya menghibur  tetapi juga para peserta menunjukkan rasa salut luar biasa atas keberanian adik-adik untuk tampil.
Kemudian berlanjut dengan acara inti yaitu talkshow yang di moderatori oleh Ibu Ir. Inni Indarpuri, MSi.  

Dengan menghadirkan narasumber dr  Samuel Kelvin Ruslim, Sp.Onk.Rad , Kepala Radioterapi RS Umum Abdul Wahab Syahranie Samarinda. Kemudian Ibu Wahyu Nhira Utami, M.Psi yang merupakan Psikolog Klinis RS Umum Abdul Wahab Syahranie Samarinda,  Serta  Ibu Diana Ticoalu, Amd.Gizi SKM, Ahli Gizi RS Umum Abdul Wahab Syahranie Samarinda.

Dalam acara talkshow, juga di tampilkan beberapa slide video edukasi kanker. Setelah itu,  masing masing narasumber di berikan waktu untuk memberikan materi sesuai bidangnya masing-masing. Dr Samuel Kelvin selaku kepala Radioterapi, menjelaskan mengenai penyakit kanker, baik mengenai gejala, pengobatan dan berbagai hal terkait dengan kanker.

Ibu Wahyu Nhira juga menjelaskan bagaimana sisi psikologi bagi para survivor kanker. Termasuk bagaimana dukungan para caregiver atau pendamping bagi para survivor kanker. Beliau juga menekankan bagaimana daya dukungan itu sangat di butuhkan baik bagi survivor kanker itu sendiri maupun bagi para caregiver.

Ibu Diana selalu ahli gizi dari RS Umum AWS, menjelaskan bagaimana gizi yang baik di konsumsi bagi masyarakat khususnya para survivor kanker. Beliau juga menjelaskan berbagai hal yang merupakan pantangan atau perlu di hindari untuk di konsumsi.

Di sela-sela diskusi tanya jawab talkshow, moderator meminta dua orang survivor untuk bisa maju ke depan dan memberikan testimoni . Bapak Arnold atau yang akrab di sapa dengan Ari, merupakan survivor kanker Nasofaring dari Balikpapan.

Pak Ari di dampingi istri dan anak bungsunya memang sengaja datang ke Samarinda untuk turut hadir acara World Cancer Day. Dalam ceritanya, pak Ari mengungkapkan pengalamannya menghadapi pengobatan kanker.  Serta bagaimana dukungan keluarga khususnya sang istri untuk mendukung kesehatannya.

Survivor lain yang memberikan testimoni adalah Tri Wahyuni Zuhri,  survivor kanker tiroid yang sudah metastase ke tulang.  Moderator memintanya bercerita pengalaman menghadapi kanker, termasuk mengenai bagaimana kiatnya untuk terus semangat dan berkarya walau harus bed rest.

Acara diskusi talkshow di tutup dengan pemberian cinderamata dari CISC yang di wakili oleh Sawiningtyas, Ketua Panitia WCD 2017 Kaltim, kepada para narasumber dan pembicara.  Selain itu juga, dari pihak panitia memberikan cinderamata kepada para pendukung dan sponsor dalam kegiatan WCD ini.

Ada sebuah tambahan acara yang menarik dalam kegiatan ini, yaitu dengan pemberian penghargaan "Survivor Kanker Terinspiratif Kaltim 2017" kepada para survivor yang di anggap menginspirasi .  Penghargaan "Survivor Kanker Terinspiratif Kaltim 2017"  di berikan kepada Ibu Tri Wahyuni Zuhri dan Ibu Sawiningtyas.

Acara kemudian di lanjutkan dengan senam yoga yang di berikan oleh Ibu Ellie Hasan. Ibu Ellie Hasan sendiri merupakan praktisi yoga Kaltim. Selain itu, Ibu Ellie menggandeng Anataha Yoga untuk memberikan senam yoga bagi para peserta.  Acara kemudian di tutup secara resmi oleh MC sekaligus menampilkan kembali "SOSCOUSTIC" Band Accoustic.

Keberhasilan dan kesuksesan acara ini, tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak yang memiliki kepedulian tinggi dalam kesehatan.  Para Pihak pendukung tersebut adalah Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, RS Umum Abdul Wahab Syahranie Samarinda, Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, BIG Mall Samarinda, RRI Pro 1 Samarinda, PT. Roche, PT. Kalbe Farma, Yayasan Sadari, JIC Kaltim, KSR PMI Politeknik Negeri Samarinda, Mapala Mahameru Politeknik Negeri Samarinda .

Sedangkan para sponsor acara yaitu Rama Air Minum, CV. Sinar Perkasa, RAI Fitness, serta para donatur yang dengan iklas dan tulus membantu kegiatan ini.

Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah menunjukkan kepedulian dan kebersamaan   untuk turut mendukung dan menyupport teman-teman survivor serta turut mendukung edukasi kanker kepada masyarakat Kalimantan Timur.


#worldcancerday2017
#harikankersedunia2017
#kankerbukanakhirdunia
#survivorkanker

1 komentar:

Write komentar
7:39 PM delete

9 Executive Spa Samarinda adalah cara terbaik untuk melepaskan diri dari STRESS! Stay awake ... Happy Relaxation and Enjoy With Us lets Now. highly recommended in a town!!! www.nine-spa.com

Reply
avatar