Sari Azis : Mengangkat Kaltim dalam Tulisan

9:22 AM 0 Comments A+ a-

(Tulisan saya ini di muat di Harian Tribun Kaltim, 27 September 2015)

Tidak banyak penulis asal Kalimantan Timur yang mendedikasikan diri untuk mengembangkan minat menulis dan membaca ke masyarakat, Sari Azis adalah salah satunya.   Alumnus Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Mulawarman ini memang termasuk penulis produktif dan menghasilkan tulisan di berbagai media nasional maupun dalam bentuk buku.

Sari  menyukai dunia penulisan sejak duduk di bangku SD (Sekolah Dasar) yang dituangkan dalam buku diari. Sari sadar bahwa kecintaannya pada dunia menulis terkait dengan hobinya membaca.  Ia bahkan memulai menulis sejak duduk di bangku SD yang dituangkan dalam buku diari.   Sari sangat bersyukur,  berbagai kegiatan positif yang ia lakukan, di dukung penuh oleh keluarga.

"Keluarga memberi saya kebebasan untuk berkreasi. Kedua orang tua dan semua saudara selalu mendukung saya dalam berkegiatan dengan memberikan saya hal-hal positif," tuturnya sambil tersenyum.

Sari memiliki gaya penulisan yang khas dan kerap memasukkan pemikirannya yang berwawasan luas dalam setiap dalam tulisannya. Sari  kerap  mengangkat setting lokalitas Kaltim menjadi bahasan utama.  Seperti cerpen Badadai yang menjadi judul dari buku Antologi cerpen yang ditulisnya bersama sekitar 20 penulis perempuan asal Kaltim.   Cerpen Badadai ini sempat menjadi bahasan di kalangan dunia penulisan nasional,  karena selain mengambil judul yang unik, kisah yang diangkat menampilkan setting Kalimantan Timur.

Selain sebagai berprofesi sebagai penulis dan editor, Sari pernah menjadi pengasuh salah satu rubrik di  Majalah Good Housekeeping Indonesia, Jakarta.  Selain itu, Sari kerap di minta menjadi pembicara ataupun juri dalam kegiatan lomba penulisan.   Ia pun Aktif mengadakan acara bedah buku dan coaching clinic di sekolah-sekolah untuk meningkatkan minat membaca dan menulis di Kaltim.

Saat ini, Sari terlibat aktif dalam berbagai komunitas penulisan.   Salah satunya di Jaring Penulis Kaltim (JPK), dimana ia menjabat sebagai ketua harian. 

 "Dengan bergabung di JPK, saya ingin memajukan dan mengaktifkan kegiatan menulis di Kaltim,"pangkas perempuan yang telah menghasilkan belasan karya buku ini.


Bergabung dengan Kelas Inspirasi Samarinda

Beberapa waktu lalu Sari menyempatkan diri bergabung dengan Kelas Inspirasi Samarinda Di hadapan murid-murid SD,  Sari bercerita mengenai profesinya sebagai penulis sekaligus memotivasi para murid tersebut untuk gemar menulis dan membaca.  

"Saya tertarik mengajar karena panggilan jiwa untuk berbagi pengalaman menulis di kelas Inspirasi,"katanya dengan tegas.

Menghadapi anak-anak ketika mengajar memang tidak mudah dan merupakan pengalaman baru bagi Sari.  Namun hal itu tidak membuatnya bimbang, apalagi melihat antusias anak-anak dengan masa depannya.  Melalui kelas inspirasi, Sari sangat berharap anak-anak akan sejak dini menyukai kegiatan menulis dan membaca.

" Cita-cita saya di masa  depan adalah membina anak-anak pintar untuk sukses secara study dan mandiri,"kata Sari menutup wawancara sore itu.


Mengembangkan Bisnis Kreatif Kembang Cantik

Selain menulis, Sari juga mengembangkan bisnis kreatif dengan nama Kembang Cantik, bergerak dalam bidang kuliner, fashion, dan penerbitan buku.  Saat ini  Sari sedang menyiapkan naskah-naskah buku yang akan ia terbitkan di bawah label usahanya.

"Saya suka tantangan dan mengerjakan berbagai pekerjaan. Akhirnya saya putuskan untuk menyatukan semuanya dalam satu bendera usaha bernama Kembang Cantik," urainya menjelaskan latar belakang berdirinya bisnis Kembang Cantik.

Dalam bidang fashion, Sari bahkan pernah menjadi desainer Garmen Virga Surabaya.  Hasil desainernya mengantarkan Sari meraih berbagai penghargaan, antara lain  Finalis Concours International Des Jeunes Createurs de Mode (fashion desain), dan Concours International Monnaie De Paris Des Jeunes Createurs De Bijoux (desain aksesori).  Dalam bidang kuliner, Sari kerap berinovasi menciptakan resep kuliner baru dengan rasa tetap terjaga.

Walaupun begitu, Sari mengakui dalam bisnis yang di jalani ada menemukan hambatan. Namun hal itu tidak membuatnya patah semangat. Hingga saat ini, bisnis kreatif yang di kelolanya sudah mulai di kenal pelanggan.


--------
Biodata :
Nama  lengkap :  Sri Kartika Sari Azis S.Sos
Nama Pena  : Sari Azis
Lahir :  Samarinda, 6 Agustus 1972
Profesi :  Penulis &  editor freelance

Pendidikan :
- Alumnus Ilmu Pemerintahan, FISIP Universitas Mulawarman Samarinda
-  alumnus Lembaga Pendidikan Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo Surabaya

Organisasi :
- Ketua Harian di Komunitas Jaring Penulis Kaltim
- Humas Klub Buku Etam (kelompok pencinta buku dan perpustakaan).

Karya :
- Karya pernah di muat di Tribun Kaltim, majalah Femina, dll
- Kupu-Kupu di Bantimurung Antologi Cerpen Remaja III (Yayasan Obor, Jakarta, 2003),
- Bola Salju di Hati Ibu Antologi Cerpen Remaja IV (Yayasan Obor, Jakarta, 2003),
- Sayap Baruku Seperti Bintang (Mahatari, Yogya, 2006),
-Samarinda Kota Tercinta (Araska, Yogya, 2007).
- Novel Sttt…. I’m  A Playgirl (GagasMedia, Jakarta, 2005),
- editor buku Badadai (Araska, Yogya, 2010), Perca (BWC, 2010),
- Kalimantan dalam Prosa Indonesia (2011),
- Kalimantan Timur dalam Sastra Indonesia (2011),
- Kalimantan Timur dalam Cerpen Indonesia (Pustaka Spirit, 2011),
- Kalimantan Timur dalam Fragmen Novel Indonesia (Pustaka Spirit, 2011),
- editor buku Kehamilan Yang Menakjubkan (Leutika, 2011).
- Buku diari opini komedi Sttt….I’am A Playgirl (The Story Of Me), Araska