Resensi Buku Keseimbangan Hidup Perempuan Stilleto Book

3:54 AM 0 Comments A+ a-



Resensi Buku Keseimbangan Hidup Perempuan

Oleh : Tri Wahyuni Zuhri
(Penulis, Trainner, Koordinator IIDN Bontang)

Judul : Keseimbangan Hidup Perempuan
Penulis : Irni Fatma Satyawati, S.Psi dan Asri Rachmawati
Penerbit : Stilleto Book
Jumlah Halaman : 194
Tahun : 2012

Menjadi seorang perempuan, merupakan anugrah luar biasa bagi saya. Dengan menapaki kondrat sebagai perempuan, membuat saya sadar betapa mulianya sosok makluk bernama perempuan tersebut.
Tuhan memberikan berbagai anugrah kelebihan yang hanya dimiliki perempuan. Tidak hanya kelebihan berupa rasa kasih sayang, kelembutan saja, namun perempuan mampu menempatkan diri dari berbagai kondisi. Bagi perempuan yang sudah menikah, ia berperan sebagai istri yang mendampingi suaminya. Ia pun berperan sebagai ibu yang melahirkan dan membesarkan anak-anaknya. Begitu pula dengan seorang perempuan lajang atau belum menikah.
Semua aktifitas tersebut rasanya tidak cukup dilakukan dalam waktu 24 jam. Terkadang semua rutinitas itu tidak hanya menyita waktu, pikiran bahkan tenaga. Namun bagi perempuan, mereka tetap bisa menempatkan diri untuk keluarga, teman, bahkan untuk pekerjaan.
Buku Keseimbangan Hidup Perempuan, merupakan salah satu buku yang menjabarkan bagaimana kehidupan perempuan menjadi lebih seimbang dan bahagia .Buku yang di terbitkan oleh Penerbit Stilleto ini memang sangat menarik untuk diulas. Selain memang isi buku yang berbobot dan penuh wawasan. Buku ini di tulis oleh dua penulis yang berbasic psikolog, yaitu Irni Fatma Sastyawati dan Asri Rakhmawati.
Irni Fatma merupakan salah satu dosen Prodi Psikologi di Samarinda. Selain itu ia aktif sebagai konselor freelance, Tester, dan interviewer di beberapa biro psiokologi di Kaltim. Buku ini merupakan buku keduanya, setelah Buku Ayo Kamu Pasti Bisa, terbitan PT. Gramedia Pustaka. Sedang Asri Rakmawati atau yang dikenal dengan Achi TM, adalah penulis buku dan skenario film.
Buku Keseimbangan Hidup memberikan penjelasan berserta tips-tips agar kehidupan perempuan menjadi seimbang. Tiap bab dalam buku ini dibagi dalam dua versi, yaitu Perempuan lajang dan perempuan yang sudah menikah. Ada 7 Bab dalam buku ini yang membahas mengenai kehidupan perempuan dalam versi lajang dan versi sudah menikah. Bab-bab tersebut yaitu, Happy Family, Kehidupan Karier, Kehidupan sosial, Keuangan, Cantik dan Sehat, Kehidupan spritual, dan Me, Time is Free Time.
Dalam buku ini, banyak hal menarik yang dibahas oleh kedua penulis. Selain bahasa dan penyajian tulisan yang enak di cerna, penulis pun memasukkan beberapa studi kasus sebagai bahan referensi bagi pembaca. Sebagai perempuan yang sudah menikah dan menjadi cantik dan sehat, ternyata tetap bisa dilakukan.
Banyaknya aktifitas dan kegiatan sebagai istri dan ibu, tidak berarti harus kehilangan waktu untuk merawat kecantikan dan kebugaran tubuh. Demikian pula bagi perempuan yang masih lajang. Dengan merawat kecantikan dan tubuh, bukan hanya menimbulkan rasa bahagia dan percaya diri pada Perempuan, hal itu pun merupakan wujud syukur kepada Tuhan. Masalah keuangan pun dibahas dalam salah satu bab buku ini. Mengelola keuangan secara benar dan bijak ternyata dapat dilakukan oleh perempuan menikah maupun lajang. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengelola keuangan tersebut. 
Membaca buku ini membuat kita semakin mengerti mengenai kehidupan perempuan. Bukan hanya melihat bagaimana aktifitas dan kegiatan yang perempuan lakukan, tetapi apa yang perempuan butuhkan agar hidupnya menjadi seimbang dan bahagia. Buku ini merupakan salah satu buku yang saya rekomendasikan untuk di baca oleh pembaca. Mudah-mudahan akan menambah wawasan dan pemahaman kita mengenai kehidupan perempuan yang lebih seimbang dan berkualitas