Resensi Jejak Tokoh Inspiratif - Ezrinal Azis

3:59 AM 0 Comments A+ a-


Menapak Kisah Para Tokoh Inspiratif
Oleh : Tri Wahyuni Zuhri
(Penulis, Trainner, Koord. IIDN Bontang)
Judul : Jejak Tokoh Inspiratif
Penulis : Ezrinal Azis
Penerbit : Alfa Publisher & Studio Kata
Hal: 138 Halaman
Tahun : 2013

Tidak banyak buku yang mengulas secara cerdas dan kritis jejak tokoh-tokoh Inspiratif Nasional maupun dunia, dari masa lalu hingga masa kini. Buku Jejak Tokoh Inspiratif karya Ezrinal Azis, merupakan salah satu buku tersebut.
Buku Jejak Tokoh Inspiratif terbitan Alfa Publisher dan Studio Kata ini berisi 26 kisah dari para tokoh inspiratif menurut versi penulis. Buku ini merupakan buku ketiga dari Ezrinal Azis, setelah sebelumnya pernah melahirkan buku Cerita Hati dan Sebening Air Mata.
Ada hal yang menarik dari profil Ezrinal Azis, selain sebagai penulis yang produktif, ternyata saat ini, Ezrinal menjabat dalam posisi penting di salah satu perusahaan terbesar di Kaltim, yaitu PT. Pupuk Kaltim. Tentu saja patut di apresiasi, karena ditengah kesibukan beliau, tetap bisa melahirkan karya-karya yang mampu mempesona pembacanya.
Kisah yang ditutur dalam buku ini dikemas dengan bahasa ringan, sederhana, kritis namun tetap bersahaja. Hal ini mencerminkan bagaimana cara pemikiran cerdas dan kritis sang penulis. Penulis mencoba menampilkan rekam jejak tokoh inspiratif dari sudut pandang pemikirannya secara jujur dan tulus.
Sebut saja tokoh-tokoh inspiratif yang coba penulis tuangkan dalam bukunya. Dari Amien Rais, Barbara Streisand, Munir, Cak Nur, Dalailama, Khalil Gibran, Umar Bin Khattab, Kartini, Mahatma Gandhi, Barack Obama, KH. Ahmad Dahlan, Jokowi - Ahok, dan beberapa tokoh lainnya.
Jokowi Ahok, adalah pasangan tokoh paling fenomenal belakangan ini ternyata mampu mencuri perhatian penulis. Penulis menggambarkan Jokowi sebagai fenomena yang menggembirakan sekaligus memberikan harapan kepemimpinan di negeri ini. Ahok pun tidak luput dari perhatiannya. Keberanian Ahok menangani anggaran keuangan pemerintah Jakarta, mendapat apresiasi masyarakat. Duet Jokowi Ahok memang bersumber pada kesungguhan, tekad, dan kerja keras.
Berbicara mengenai Kartini, penulis melihat Kartini sebagai sosok yang visioner. Sosok yang berkeyakinan bahwa melepaskan kaum perempuan dari kebodohan merupakan kemerdekaan sejati. Kemerdekaan sejati bukan hanya lahiriah ataupun politik, tetapi kemerdekaan dalam arti lebih utuh.
Penulis berkesempatan berkeliling dan tinggal di beberapa negara. Hal itu pun ternyata menjadi salah satu inspirasinya dalam menulis kisah inspiratif buku ini. Salah satunya saat penulis berkesempatan tinggal selama 2 tahun di Thailand. Penulis merasakan bagaimana pengaruh Raja Thailand dalam kehidupan masyarakat disana. Di Thailand, hubungan emosional kecintaan dan ketulusan antara raja dan rakyat masih terpelihara sampai saat ini. Hubungan itu pun diwujudkan dalam bentuk pembangunan dan kemakmuran.
Dalam beberapa tulisan, Penulis pun mencoba mengambil presepsi dari pemikirannya. Sebut saja kisah Irsyad Manji, seorang pemikir perempuan feminis revolusioner yang ternyata di nilai negatif sebagian orang. Namun Ezrinal seolah bisa mengambil sebuah sisi positif dari tokoh tersebut. Tentu saja, diperlukan wawasan luas sekaligus kritis untuk bisa menemukan sisi lain dari Irsyad Manji.
Buku ini semakin menarik dengan ilustrasi wajah para tokoh inspiratif yang di besut oleh Ilusator Sunaryo Broto. Membuat buku ini serasa lebih hidup dan bermakna. Semoga buku ini bisa menginspirasi dan pembaca dapat mengambil hikmah terkandung dalam jejak rekam tokoh yang diulas penulis. Sekaligus bisa terus menambah semangat menulis kepada masyarakat Kaltim, seperti yang dilakukan penulis di tengah kesibukannya bekerja. Selamat membaca..