Perempuan Penulis Kaltim (PPK) : Menuai Manfaat Melalui Menulis

8:45 PM 0 Comments A+ a-



Oleh : Tri Wahyuni Zuhri, SP
(Penulis & Trainner)

Perempuan merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki berbagai kelebihan. Dengan kasih sayang dan kelembutan yang dimilikinya, perempuan mampu menjadi istri dan ibu yang baik.  Rasanya tidak cukup waktu 24 jam sehari bagi perempuan untuk membagi diri mengurusi segala aktifitasnya. Dari aktifitas rumah tangga seperti memasak, mengurus anak dan suami, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Hingga aktifitas diluar rumah seperti arisan, pengajian, berkumpul dengan teman, dan lain-lain. Semua seolah menguras energi dan tenaga perempuan.
Namun, siapa menyangka ternyata dalam begitu banyak aktifitas yang dilakukan perempuan, tetap ada saja perempuan yang bisa meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bermanfaat seperti menulis.  Menulis tidak hanya dijadikan sebagai tempat curahan hati dan  mengapresiasi diri. Ternyata menulis dapat memberikan banyak manfaat antara lain mampu memberikan pendapatan tambahan bagi perempuan.
Penulis Perempuan Kaltim (PPK) adalah komunitas perempuan di Kaltim yang memiliki minat yang sama yaitu menulis. PPK yang resmi dilahirkan pada tanggal 17 November 2011, di ketuai oleh Irni Fatma S. (dosen sekaligus psikolog Kaltim), wakil Inni Indarpuri, (novelis dan cerpenis), sekretaris Haziah Ans (Pemerhati & Penulis buku parenting), serta para anggota yang berasal dari berbagai profesi yaitu mahasiswa, IRT, Pengusaha, guru, dll. 
Kehadiran PPK ini tentu saja membawa angin segar bagi penulisan di  Kaltim. PPK mengembang motto  Bersahabat, Berwawasan dan Berkarya.  Ternyata perempuan Kaltim memiliki kreatifitas dan kemampuan yang dapat dituangkan dalam tulisan. PPK sendiri memiliki proyek menulis bagi anggotanya berkerjasama dengan penerbit nasional.  Bahkan beberapa anggota PPK pun telah melahirkan karya buku maupun tulisan yang dipublikasikan di daerah dan nasional. 
Sebut saja Irni Fatma yang aktif menulis non fiksi psikologi, salah satunya buku Keseimbangan Hidup Perempuan. Inni Indarpuri yang telah mengeluarkan novel Diantara Dua Cinta, Gampiran, dan Never Give Up.  Haziah Ans yang memang fokus pada buku-buku parenting, antara lain buku 101 ide Berlibur Kreatif.  Dwi Rahmawati yang juga pemerhati pendidikan telah menelorkan buku  Permainan Kreatif Mengenal Angka 1-10 dan buku Permainan Kreatif Melatih Kesiapan Balita Menulis. Serta beberapa anggota lainnya yang produktif menghasilkan karya. Atau RF Dhonna yang produktif melahirkan buku-buku khusus anak.g
Saat ini kegiatan yang dilakukan yaitu PPK rutin mengadakan pertemuan tatap muka, pelatihan online melalui internet serta sering  di undang menghadiri kegiatan yang terkait dunia penulisan, anak maupun parenting. Untuk mengetahui dengan jelas PPK ini dapat dilihat di Facebook :  Perempuan Penulis Kaltim atau via website : http://perempuanpenuliskaltim.wordpress.com.    Keanggotaan PPK pun bersifat terbuka bagi perempuan yang memiliki minat dalam dunia tulis menulis. Disamping itu PPK sedang mempersiapkan launcing 12 buku cernak fabel binatang khas Kalimantan bekerjasama penerbit Andi yang insya allah segera terbit dalam waktu dekat. Semoga kehadiran PPK ini dapat memompa semangat membaca dan menulis pada masyarakat Kaltim khususnya kaum perempuan.  Amin.